Pentingnya Meningkatkan Skill untuk Karir dan Bisnis

Tentang Artikel :

Pelatihan untuk mengembangkan skill merupakan hal yang mutlak dilakukan baik oleh karyawan ataupun pemilik bisnis. Bagaimana cara agar pelatihan bisa membantu terutama dalam kondisi pandemi seperti sekarang?

Dengarkan



WAKOOL.ID Kondisi pandemi membuat beberapa perusahaan akhirnya terpaksa gulung tikar dan mengakibatkan banyak pekerja yang dirumahkan. Bahkan menurut Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) ada 29.4 juta jiwa yang terdampak pandemi. Tentunya untuk bisa terus berkembang, baik karir ataupun bisnis yang dikelola, maka perlu dilakukan perubahan.

 

Perubahan tentunya bukan hal yang mudah, ditambah kondisi penyekatan dimana-mana membuat kita tidak bisa mengunjungi tempat kursus untuk meningkatkan skill. Padahal dengan banyaknya pengangguran daya saing sekarang akan semakin ketat, dan bagi bisnis untuk bisa bertahan juga memerlukan adanya inovasi baru dan juga cara baru dalam melayani pelanggan.

 

Tentunya pelatihan dan juga bimbingan yang tepat bisa membantu kita untuk terus mengembangkan diri. Bagi seorang karyawan, mempelajari skill baru atau menyesuaikan skill dengan kondisi saat ini bisa membantu untuk meningkatkan karir yang ada. Pengetahuan tentang leadership, pemasaran dan juga social media merupakan skill yang bisa dipelajari untuk mengembangkan karir.

Restauran sepi pengunjung. Photo by Robert Bye on Unsplash

 

Untuk sebuah perusahaan juga sama, apabila perusahaan kita sekarang masih menerapkan sistem penjualan secara tradisional tentunya akan sulit untuk mendapatkan klien karena terbatasnya akses orang untuk bepergian. Apalagi apabila usaha tersebut sangat mengandalkan datangnya pengunjung, misalnya seperti sebuah restoran. Dengan terbatasnya pengunjung yang ada membuat pemasukan perusahaan menjadi sangat terbatas, sedangkan karyawan dan bahan baku tetap harus di bayar. Tentunya pemilik usaha tersebut harus memikirkan cara lain untuk menjual produk ataupun menyediakan jasa kepada pelanggan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah merubah cara melayani menjadi online. Bagi yang belum berpengalaman dalam menjual produknya secara online, hal ini merupakan tantangan yang cukup sulit dihadapi, tidak jarang bukannya untung malah menjadi buntung. Pelatihan atau kursus untuk merubah sebuah usaha menjadi online menjadi penting saat ini, tetapi pelatihan juga mengalami kendala yang sama yaitu sulit untuk menerima siswa secara langsung. Hal ini tentunya bisa dilakukan apabila pelatihannya juga diberikan secara online.

 

Pelatihan secara online saat ini adalah satu-satunya cara bagi sebuah perusahaan yang ingin beradaptasi dengan kondisi pandemi untuk bisa mengikuti pelatihan yang bisa menyelamatkan usahanya. Dengan mempelajari bagaimana cara menjual produk dan jasa secara online perusahaan bisa mulai beradaptasi dengan kondisi dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Mendapatkan pelanggan tentunya perlu promosi dan saat ini promosi seperti billboard, poster atau event-event offline akan sulit dilakukan sehingga harus dilakukan dengan cara lain salah satunya melalui social media dan digital marketing.

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

 

Sekali lagi, bagi yang belum berpengalaman sulit untuk mempelajarinya sehingga perlu mengikuti pelatihan secara online agar pemilik dan juga karyawannya bisa mengikuti terus kemajuan dan keinginan jaman. Berbagai pelatihan online bisa didapatkan dari berbagai platform online course yang ada. Mulai dari milik pemerintah, pelatihan dari luar negri yang tentunya dengan pengantar berbahasa inggris ataupun juga pelatihan yang dikembangkan langsung oleh putra bangsa, salah satunya adalah Wakool Academy.

 

Wakool Academy merupakan platform pelatihan online berbahasa Indonesia yang bisa di akses kapan saja dan di mana saja karena ada aplikasi yang bisa di download dan juga bisa di akses melalui website. Selain itu materi yang diberikan bisa diakses selamanya sehingga peserta cukup membeli sekali dan bisa terus mempelajarinya sampai mahir. Kadang kala ketika dulu kita belajar beberapa bulan kemudian lupa terhadap materi tersebut sehingga harus membuka buku catatan, apabila pelatihannya hanya bisa diakses dalam periode tertentu, ketika lupa, apa harus membelinya lagi? Untungnya Wakool Academy tidak membatasi hal tersebut. Salah satu hal penting lainnya adalah Wakool Academy akan menerbitkan sertifikat digital bagi peserta yang sudah menyelesaikan pelatihannya. Bagi seorang karyawan atau yang baru mau mencari kerja karena di PHK, adanya sertifikat ini bisa membantu dalam proses mencari kerja.

 

Selain berbagai kelebihan tersebut, ternyata Wakool Academy juga memberikan diskon 70% pada member baru untuk seluruh kelas yang ada. Wow, diskon 70% tentunya sangat besar dalam kondisi sekarang, semoga ketika Anda membaca artikel ini diskon tersebut masih berlaku dan bisa segera memanfaatkannya. Jangan lupa untuk ajak seluruh team Anda untuk mengikuti pelatihannya atau apabila ternyata Anda memiliki skill yang bisa dipelajari oleh orang lain tidak ada salahnya mencoba mendaftar menjadi mentor di Wakool Academy.

 

Photo by drobotdean on freepik.com

 

Menjadi mentor di Wakool Academy ternyata cukup mudah. Ada dua jenis mentor di Wakool Academy yaitu dari Lembaga dan juga perseorangan. Tentunya apabila kita bekerja disebuah Lembaga pelatihan yang sudah terbiasa memberikan pelatihan, baik secara langsung ataupun online, akan sangat mudah membuat pelatihan juga di Wakool Academy. Bagi perorangan juga bisa selama skill yang kita akan ajarkan bisa memberikan manfaat kepada orang lain, dan tentunya memberikan banyak cuan atau passive income kepada kita. Kenapa passive income? Karena kita cukup membuat sekali pelatihannya dan setelah ditawarkan di Wakool Academy akan memperoleh pendapatan terus menerus setiap bulannya. Sayangnya tidak semua orang bisa menjadi mentor di Wakool Academy karena apabila materi yang kita kuasai sudah diberikan oleh mentor lain, akan lebih sulit bagi kita untuk bisa memberikan materi yang sama. Setidaknya kita perlu usaha ekstra untuk merubah pelatihannya dari sudut pandang lain agar tidak sama. Kalau ternyata skill kamu belum ada pesaingnya segera daftar agar tidak keduluan orang lain. [wkid/picture:unsplash.com]


ARTIKEL TERKAIT