Bantuan

wakool.id

Panduan Membuat Artikel di Wakool.id

 

Membuat sebuah artikel yang diterbitkan di Wakool.id sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan bahkan oleh yang belum pernah menulis secara professional. Anda cukup mengikuti standar penulisan di Wakool.id disini (link ke about) dan juga mengikuti panduan pada artikel ini.

 

1.Pastikan Anda Sudah Memiliki Akun di Wakool.id

Untuk masuk ke halaman login, klik Login/Daftar pada pojok kanan atas halaman Wakool.id lalu masukkan email yang telah di daftarkan atau bisa juga login melalui Facebook atau Google. Apabila Anda belum terdaftar di Wakool.id maka bisa membuat akun baru dengan cara klik “Daftar disini!” atau login melalui Facebook dan Google. Pastikan Ketika login berikutnya Anda menggunakan metode yang sama apakah itu dengan menggunakan email atau social media.

 

2.Pilih Buat Artikel Pada Dashboard atau di Bawah Profil pada Kanan Atas

Setelah login, Anda bisa membuat artikel dengan cara pilih tombol “Buat Artikel” baik yang berada di dashboard atau ketika menekan profil atau nama Anda yang berada di kanan atas.

 

3.Tentukan judul yang Menarik Sesuai dengan Isi Artikel

Berikan judul yang menarik tetapi sesuai dengan isi dari artikel yang Anda buat. “Judul Asal” dapat Anda isi dengan judul artikel atau apabila Anda menyadur atau menulis ulang dari artikel lain, baik artikel Anda di blog lain ataupun menerjemahkan artikel, Anda dapat menuliskan judul aslinya di kolom ini. Isi dari kolom Judul Asal tidak akan ditampilkan dalam artikel yang ditayangkan di Wakool.id tetapi sebagai catatan bahwa artikel tersebut bersumber dari mana. Selain itu, Anda juga diharuskan mencantumkan sumber artikel Anda pada bagian bawah dengan format (tidak perlu mencantumkan linknya) :

 [wkid/sumber artikel]

Berikutnya Anda dapat memilih salah satu dari kategori yang ada mengenai artikel Anda. Pastikan kategori yang dipilih sesuai karena pembaca dapat memilih kategori mana yang disukainya untuk dibaca. Apabila kategori yang ditulis tidak sesuai maka pembaca bisa jadi tidak tertarik dengan artikel Anda dan memilih untuk tidak membacanya.

 

4.Jelaskan dengan Singkat Isi Artikel Anda di Tentang Artikel

Tentang Artikel adalah rangkuman singkat mengenai isi dari artikel yang Anda tulis. Panjangnya cukup satu paragraf dan terdiri dari 1 hingga 5 kalimat yang bisa mewakili artikel tersebut. Tentang Artikel ini penting karena pembaca akan membaca Tengang Artikel sebelum membaca keseluruhan artikel. Apabila menurut pembaca isi dari artikel tersebut tidak menarik ada kemungkinan tidak akan melanjutkan membaca keseluruhan artikel.

 

5.Tulis artikel Anda pada Kolom Konten

Bagian ini adalah bagian utama yaitu tempat Anda dapat menuliskan artikel yang akan Anda buat. Sebaiknya Anda membuat artikel dengan minimal 300 kata, dengan panjang artikel ideal antara 800 hingga 1200 kata. Anda bisa membuat artikel narasi, listicle, tips, review ataupun opini dan puisi sesuai dengan minat Anda. Tetapi Anda tidak diperkenankan membuat berita atau gossip.

 Anda juga dapat memasukkan gambar dengan cara klik “Image” (lingkaran merah). Gambar bisa Anda upload ke server atau merupakan link dari internet. Apabila Anda menggunakan gambar dari internet jangan lupa mengisi Alternative Text dengan deskripsi gambar tersebut yang berkaitan dengan artikel Anda, misalnya artikel Anda mengenai review sebuah handphone dan gambar yang digunakan adalah gambar handphone tersebut, maka Alternative Textnya adalah merek dari handphone tersebut beserta sedikit deskripsi. Contoh : Samsung tampak depan.

Begitu juga dengan gambar yang Anda upload, nama dari file gambar tersebut sebaiknya dirubah menjadi sesuai dengan gambar dan artikelnya, contoh : Samsung-tampak-depan.jpeg atau review-samsung-wakool.jpeg. Hal ini untuk mempermudah mesin pencari menemukan artikel yang Anda tulis. Jangan lupa untuk selalu menyantumkan sumber gambar di bawah gambar yang Anda gunakan. Untuk gambar di dalam artikel Anda bisa memberi keterangan dengan cara menuliskan Photo By : sumber foto. Anda tidak perlu menyantumkan link ke sumber asli foto tersebut tetapi pastikan Anda memiliki hak untuk menggunakan gambar tersebut.

Bukan Cuma gambar, Anda juga bisa memasukkan link (lingkaran biru) di tulisan Anda apabila diperlukan. Link biasanya digunakan untuk menghubungkan artikel ini dengan artikel lain di Wakool.id ataupun dengan website lain. Admin bisa menghapus link tersebut apabila dirasa melanggar ketentuan, jadi gunakanlah dengan bijak.

6.Upload Gambar yang Akan Menjadi Sampul Artikel Anda

Gunakan gambar dengan resolusi yang bagus setidaknya 600x400 px. Pastikan Anda memiliki hak untuk menggunakan gambar tersebut, apabila Anda menggunakan gambar dari internet maka sebutkanlah sumbernya pada bagian bawah artikel. Format penulisan sumber gambar :

[wkid/picture:sumber gambar Anda]

Anda tidak perlu mencantumkan link ke gambar tersebut.

7.Menambahkan Audio dan Video pada Artikel

Anda dapat menambahkan Audio dan Video pada artikel Anda.  Untuk Video, Anda dapat mengupload video ke youtube dan mencantumkan URLnya pada kolom yang tersedia. Sedangkan untuk audio Anda dapat menguploadnya ke soundcloud dan mencantumkan URL pada kolom audio.

Tag digunakan untuk mempermudah mencari artikel Anda diantara beberapa artikel yang sejenis. Dengan menggunakan Tag yang tepat artikel Anda akan lebih mudah ditemukan ketika pembaca mencari artikel dengan Tag yang sama. Selalu cantumkan setidaknya 2 hingga 3 Tag sesuai dengan isi artikel Anda. Ketika Anda mengetik di kolom Tag, akan ada rekomendasi Tag yang bisa Anda gunakan. Anda dapat memilih rekomendasi tersebut agar bisa sama dengan artikel lain yang menggunakan Tag tersebut atau Anda bisa membuat Tag baru dan berharap banyak yang menggunakan Tag tersebut.

 

8.Menyimpan dan Menerbitkan Artikel

Apabila Anda belum selesai membuat artikel dan ingin menyimpan Draftnya dulu, bisa Anda lakukan dengan cara memilih status draft lalu menekan pilihan “Buat Artikel”. Apabila Anda sudah menyelesaikan artikel tersebut dan ingin mengajukannya untuk diterbitkan maka Anda bisa memilih “Diajukan Terbit” lalu menekan “Buat Artikel”. Saran dari kami sebaiknya membuat draft dilakukan di Microsoft word lalu setelah dirasa artikelnya telah siap untuk diajukan baru membuatnya di website wakool.id.

Demikianlah panduan dalam membuat sebuah artikel di wakool.id. Anda dapat dengan mudah membuat berbagai artikel dengan informasi yang menarik dan membagikannya ke social media. Anda juga dapat memberikan komentar atau menerima komentar dari member lain dan saling berbagi informasi. Selamat berkolaborasi di wakool.id wadah kolaborasi online. [wkid/picture:wakool.id]