Pentingnya Perencanaan Tenaga Kerja

Tentang Artikel :

Miner dan Miner, memberi definisi manpower Planning, sebagai berikut : “a process which seeks to ensure that the right number and kinds of people will be at the right places at the right time in the future, capable of doing those things which are needed so that the organization can continue to achieve its goals” PERENCANAAN TENAGA KERJA Ialah Proses memperkirakan jumlah optimal orang yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proyek, tugas atau tujuan dalam waktu tertentu dan Suatu proses penyediaan tenaga kerja dalam kuantitas dan kualitas yang diperlikan suatu organisasi pada waktu yang tepat agar tujuannya secara daya guna dapat terlaksana.


WAKOOL.ID - Bisnis yang besar seringkali meramalkan peluang-peluang yang akan datang. Jika peluang ini direalisasikan sehingga menjadi bisnis, tentunya organisasi ataupun perusahaan akan membutuhkan tenaga kerja untuk mulai mengerjakannya bukan? Tetapi yang menjadi perhatian khusus itu adalah bahwa perusahaan harus mempekerjakan sejumlah tenaga kerja untuk memulai dan mengakhiri proyek dengan tepat waktu. Perencanaan tenaga kerja (manpower planning) juga mencakup seperti bagaimana dan kapan karyawan baru akan diperoleh, Seluruh proses ini dilakukan dengan tetap memperhatikan tujuan organisasi, memprediksi masa depan untuk bisnis dan perubahan tren teknologi, dan Ini membantu organisasi mempersiapkan keberlangsungan bisnis di masa depan dengan tenaga kerja yang tepat yang dimiliki.

Perencanaan tenaga kerja (manpower planning) ialah proses memperkirakan jumlah optimal orang yang diperlukan/dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek, tugas atau tujuan dalam waktu tertentu. Perencanaan tenaga kerja mencakup parameter seperti jumlah personil, berbagai jenis keterampilan, jangka waktu dan lain-lain,dan ini adalah proses berkesinambungan untuk memastikan bahwa bisnis memiliki sumber daya yang dioptimalkan dengan mempertimbangkan proyek mendatang,Hal ini juga disebut sebagai Perencanaan Sumber Daya Manusia.

Perencanaan tenaga kerja merupakan persyaratan penting untuk bentuk bisnis apa pun,dan hal ini tentunya sangat membantu perusahaan untuk mempersiapkan karyawan dengan keterampilan sesuai yang diharapkan perusahaan.Dengan kebutuhan bisnis yang terus berubah, kemajuan teknologi, keterampilan dan pengetahuan karyawan cenderung kudet alias kurang update selama jangka waktu tertentu. Jika sebuah perusahaan gagal untuk mempersiapkan, hal tersebut menjadi masalah di masa mendatang dan dapat merusak business model perusahaan,Oleh karena itu,persiapan perencanaan tenaga kerja (manpower planning) yang tepat akan membantu pertumbuhan bisnis perusahaan.

Menurut andrew Sikula dalam bukunya Meldona mendefinisikan bahwa “Human resources of manpower planning has been defined as the process of determining man power reqruitments and the means for meeting those reqruitments in order to carry out the integrateds plans of the organization.”

 "Manpower Planning represents a system approach to personnel in which the emphasis is on the interrelationships among various personnel policies and programs”.

 

 

Dale yoder, mengutip pula pendapat Edwin B. Geister yang telah membandinkan aneka warna definisi Manpower Planning dimana disimpulkan bahwa dalam Perencanaan tenaga Kerja, harus secara jelas diakui pentingnya hal-hal sebagai berikut :

  1. Penggunaan yang efektif

  2. Perkiraan kebutuhan

  3. Pengembangan kebijakan dan program untuk memenuhi kebutuhan, dan

  4. Mereview dan mengawasi proses keseluruhan

 

Jadi Salah satu hal penting yang merupakan pentingnya perencanaan tenaga kerja, bahwa dengan itu dapat dimungkinkan tenaga kerja yang ada dimanfaatkan secara lebih baik, setidaknya ada pedoman yang dapat digunakan dalam penggunaan tenaga kerja yang ada secara lebih efisien dan lebih efektif.Jadi dengan adanya perencanaan tenaga kerja, maka usaha pertama yang harus dilakukan adalah mengadakan inventarisasi tenaga kerja dalam hal-hal sebagai berikut :

  1. Jumlah tenaga kerja yang ada

  2. Kualifikasi masing-masing tenaga kerja

  3. Lama dinas masing-masing tenaga kerja

  4. Kemampuan, pengetahuan dan pendidikan masing-masing tenaga kerja

  5. Potensi bakat masing-masing tenaga kerja

  6. Minat atau perhartian tenaga kerja

 

Jadi dapat disimpulkan bahwa Perencanaan tenaga kerja adalah suatu proses untuk membuat rencana kebutuhan tenaga kerja dimulai dari perekrutan, pengembangan, pengendalian dalam rangka untuk mencapai cita-cita perusahaan dengan cara saling berintegrasi dengan baik.perencanaan tenaga kerja adalah suatu proses untuk membuat rencana kebutuhan tenaga kerja dimulai dari perekrutan, pengembangan, pengendalian dalam rangka untuk mencapai cita-cita perusahaan dengan cara saling berintegrasi dengan baik.

"Perencanaan tenaga kerja merupakan kegiatan penentuan jumlah dan jenis tenaga kerja yang diperlukan oleh suatu organisasi (perusahaan) untukmasa yang akan datang (Irawan, 2000)"

 

Sangat banyak apabila kita membahasmengenai materi  ini,bagaimana proses nya,tahapan-tahapannya dan masih banyak yang lainnya. Ditunggu Artikel Artikel Pembahasan Lainnya!!!! Dan apabila teman-teman yang membaca mempunyai masukkan/saran untuk judul pembahasannya bisa sematkan dikomentar yaa:)

terimakasih  [wkid/]


ARTIKEL TERKAIT