Perencanaan Tenaga Kerja (Manpower Planning)

Tentang Artikel :

Perencanaan tenaga kerja adalah proses penyusunan rencana ketenagakerjaan secara sistematis yang dijadikan dasar dan acuan dalam penyusunan kebijakan, strategi, dan pelaksanaan program pembangunan ketenagakerjaan yang berkesinambungan.


WAKOOL.ID - Sebuah perusahan tidak akan bisa berkembang tanpa sebuah perencanaan yang matang dan juga pengelolaan tenaga kerja yang benar dalam membentuk perusaahan yang maju. Perencanaan adalah suatu proses berpikir tentang kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Perencanaan ini adalah titik dimana cara menentukan masa depan kehidupan seseorang baik itu dalam sebuah organisasi (perusahan) ataupun bagi seorang individu. Dalam perencanaan juga merupakan awal dimulanya sebuah kegiatan agar bias berjalan dengan lancar kedepannya.

Tenaga kerja adalah pusat pendukung terpenting agar perusahaan berjan lancar karena walaupun sebuah perusahaan pmemiliki interplaner bagus sekalipun tapi apabila tanpa karyawan tak akan mampu bias berjalan. Begitu pula sebaliknya apabila perusahaan hanya memiliki karyawan saja namun tanpa sebuah perencanan pasti tidak bisa berjalan dengan baik.

 

Perencanaan Tenaga Kerja

“Human resources of manpower planning has been defined as the process of determining man power reqruitments and the means for meeting those reqruitments in order to carry out the integrateds plans of the organization.” Andrew Sakula

( Perencanaan tenaga kerja adalah proses menentukan kebutuhan tenaga kerja, dan cara memenuhi kebutuhan tersebut dalam rangka menjalankan rencana terintegrasi yang sudah disusun oleh suatu organisasi).

Perencanaan tenaga kerja adalah proses pengembangan strategi dalam mencocokkan pasokan tenaga kerja dengan pekerjaaan yang tersedia. Perencanaan tenaga kerja juga melakukan peninjauan terlebih dahulu bagaimana sumber data tenaga kerjanya, persyaratan apa saja yang dibutuhkan, serta melihat ketersedian perkerjaan yang dibutuhkan. Dalam hal ini juga dilakukan berbagai langkah terlebih dahulu untuk memastikan bahawa pasokan orang untuk tenaga kerja dan dan keterampilannya sesuai dengan permintaan.

Mengapa perusahaan melakukan perencanaan tenaga kerja, menurut Simamora dalam bukunya Meldona bahwa memiliki beberapa alasan yakni:

1. Perencanaan mengaitkan antara tindakan dan konsekuensinya

2. Perencanaan mendayagunakan sumber daya manusia(SDM) lebih efektif dan efisien.

3. Perencanaan mengaitkan sumber daya manusia dengan organisasi.

4. Perencanaan meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan mendorong untuk terus berkembang.

 

Jadi, dapat disimpulakan perencanaan tenaga kerja adalah sesuatu hal yang penting untuk dilakukan dan perencanaan tenaga kerja ini tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan karena perusahaan/organisasi tidak akan mungkin bisa berjanlan dengan lancar. Perencanan ini juga haruslah dilakukan dengan baik dan matang tidak asal-asalan karena akan mengakibatkan hancurnya perusahaan/organisasi. Dalam proses pengimplementasian perencanaan tenaga kerja juga memerlukan ruang lingkup yang benar juga itu adalah salah satu formulasi untuk penerapan perencanaan tenaga kerja. Perencanaan dilakukan untuk menghasilakan karyawan yang expert dan menguasai bidang perkerjaannya, bisa memberikan kepuasan bagi setiap karyawannya. [wkid/]


ARTIKEL TERKAIT