Membuat Kursus Online, Cara Mudah Dapat Uang

Tentang Artikel :

Kondisi sulit sekarang segala cara yang halal dan tidak melanggar hukum harus kita kejar untuk bisa mendapatkan pemasukan. Salah satunya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah membuat kursus online. Kita tidak perlu pusing dimana harus memasarkannya ataupun harus memiliki ijin dan sertifikasi, karena sudah ada platform pelatihan online. Selama kita memiliki pengalaman atau pengetahuan yang diminati oleh orang lain, maka kursus kita berpotensi dibeli dan mendapatkan passive income.


WAKOOL.ID - Dengan adanya pandemi banyak terjadi pemutusan hubungan kerja dan juga perubahan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Perubahan cara bertransaksi dan juga menawarkan produk atau jasa membuat banyak perusahaan perlu melatih tenaga kerjanya, bahkan harus menghilangkan jabatan tertentu dan membuat jabatan pekerjaan lainnya.

 

amazon go

Amazon Go toko Amazon tanpa ada kasir.

 

Hal ini semakin jelas terlihat di Eropa dan Amerika dimana sudah banyak departemen store yang tidak lagi menggunakan tenaga kasir, tetapi menggunakan system pembayaran otomatis atau menggunakan robot. Contohnya adalah Amazon fresh di Amaerika Serikat dengan system Amazon Go dan Dash Cart nya. Pada supermarket ini pengunjung bisa langsung keluar dengan barang belanjaannya yang akan di tagihkan ke akun Amazon milik pembeli. Teknologi yang digunakan memungkinkan berkurangnya antiran dan juga pembeli bisa mengetahui total belanjanya sebelum membayar karena setiap barang belanjaan yang di masukkan ke Dash Cart akan otomatis di scan. Lihat videonya di bagian video ya.

 

Shoope Diskon

Shoope dengan berbagai promonya

 

Teknologi lain yang merubah cara orang bertransaksi adalah online marketplace atau online store. Sekarang untuk menawarkan produk ke pembeli, perusahaan tidak perlu lagi mengirimkan barang ke berbagai supermarket atau toko di berbagai daerah. Mereka cukup membuka toko online sendiri atau menjualnya melalui marketplace seperti Tokopedia, Shoope dan Lazada. Selain praktis, harga yang ditawarkan juga bisa lebih murah karena biaya distribusi bisa dialihkan ke biaya promosi dan diskon.

Berbagai perubahan tersebut tentunya merubah cara orang bekerja. Sekarang semuanya harus memahami teknologi baik dalam bekerja ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hal yang juga dirubah oleh perkembangan teknologi adalah pendidikan dan pelatihan. Dahulu untuk mempelajari sebuah skill, seseorang harus menempuh ratusan kilometer dan menghabiskan waktu berhari-hari bahkan hingga terbang langsung keluar negri. Sekarang, dengan adanya kemajuan teknologi, pelatihan skill baru bisa dilakukan dimana saja. Salah satunya melalui Wakool Academy dimana kita bisa mengikuti pelatihan dari rumah ataupun kantor kapan saja tanpa ada Batasan waktu.

 

Pertanyaannya adalah kenapa harus membuat kursus online?

 

Karena diluar sana banyak orang yang membutuhkan keahlian yang kita miliki, dan mereka mau membayar untuk itu. Dengan membuat kursus online kita bisa memperoleh passive income apabila telah memiliki kustomer yang selalu membeli kursus yang ditawarkan. Pelatihan online yang kita buat juga bisa menjadi sarana untuk menguatkan hubungan dengan klien terutama apabila jasa atau produk yang kita tawarkan selama ini membutuhkan keahlian khusus. Dengan membuat pelatihan online, kita bisa menunjukkan ke klien ataupun calon klien bahwa kita ahli dalam hal tersebut. Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan dan membuat kita akan semakin dikenal dan lebih unggul dibandingkan competitor.

 

cafe

Cafe dan crepes

 

Bagaimana apabila kita hanyalah seorang yang sehari-harinya hanya bekerja dengan membuka usaha UMKM seperti café kecil-kecilan ataupun restoran di halaman rumah. Apa yang mau ditawarkan karena tidak bisa pemrograman ataupun strategi marketing untuk sukses dan menghasilkan ratusan juta rupiah setiap bulannya. Apa yang bisa diajarkan ke orang lain untuk membuat pelatihan online sedangkan untuk usaha sehari-hari juga masih berkembang?

 

Jawabannya adalah banyak sekali hal yang bisa kita tawarkan dalam membuat pelatihan online.

 

Pelatihan online tidak harus pelatihan megah dan menjanjikan kesuksesan besar yang menghasilkan pundi-pundi rupiah ratusan juta setiap bulannya. Karena dengan apa yang kita miliki saat ini, bisa jadi merupakan ilmu yang ingin dipelajari oleh orang lain. Seorang barista yang membuka kedai kopi dirumah bisa membuat pelatihan online cara membuat kopi yang enak untuk bisa dijual kembali. Café kecil-kecilan milik kita bisa memberikan inspirasi ketika kita memberikan pelatihan mengenai cara mengelola dan membuka café bermodalkan 10 juta rupiah. Banyaknya pengangguran yang ada saat ini tentunya membutuhkan keahlian yang lebih bisa diterapkan daripada pelatihan yang lebih rumit, walaupun menjanjikan hasil yang lebih besar. Bahkan pelatihan cara memasak batagor bisa menjadi sangat berharga bagi orang yang ingin membuka usaha batagor.

 

Membuat Kopi

Membuat Kopi juga bisa menjadi pelatihan online

 

Jangan memandang rendah apa yang kita ketahui saat ini, karena hal tersebut bisa jadi adalah ilmu yang sangat berharga bagi orang lain. Tetapi hal pertama yang harus bisa kita lewati untuk sukses dalam membuat pelatihan adalah dengan mencoba membuatnya. Tanpa dicoba, kita tidak akan pernah tau hasilnya akan seperti apa. Bagaimana dengan berbagai kesulitan membuat dan mengedit video ataupun kendala teknologi lainnya? Bagi yang berada di Bandung, Wakool Academy akan membantu memproduksi materi pelatihan dan juga mengeditnya sehingga sebagai mentor kita cukup membagikan ilmunya saja, secara teknis akan dibantu oleh team Wakool Academy.

 

wakool academy

Ayo bergabung menjadi mentor di Wakool Academy

 

Tentunya setelah membuat kursus kita tidak bisa hanya menunggu hasilnya datang. Karena tanpa promosi dan informasi kepada pihak lain maka siapa yang akan mengetahui kursus yang telah kita buat? Wakool Academy selalu akan membuat berbagai sarana promosi seperti diskon, iklan di berbagai media dan juga event-event, tapi apabila kita bisa mengajak orang terdekat kita untuk membeli kursus milik kita, tentunya proses menuju kesuksesan akan lebih cepat dirasakan. Manfaat kan juga sarana-sarana yang disediakan oleh Wakool Academy seperti pembuatan voucher diskon/gratis dan sarana promosi lainnya seperti share kursus ke social media.

 

Tunggu apalagi? Segera hubungi team Wakool Academy di +62 851-6120-1937   atau kirim pertanyaan melalui form pertanyaan di https://wakool.academy/ dan segera buat kelas Anda untuk mendapatkan passive income. jangan lupa follow social media Wakool Academy untuk berbagai informasi menarik. Artikel ini adalah artikel advertorial, hubungi team Wakool.id untuk mempromosikan usaha Anda di Wakool.id. [wkid/Wakool Academy, picture: piqsels.com, pxhere.com]


ARTIKEL TERKAIT