Pentingnya Investasi Saham bagi Generasi Milenial

Tentang Artikel :

Setiap orang pasti ingin mempunyai sebuah bisnis atau usaha sendiri untuk menambah pemasukan, apalagi jika kita memiliki banyak keinginan yang ingin dicapai, seperti membeli rumah, mobil dll. Rasanya akan sangat sulit terwujud jika kita hanya mengandalkan 1 pemasukan saja yaitu gaji bulanan, dengan menabung kita pasti bisa mewujudkan semua keinginan kita selama kita komitmen untuk terus menabung. Tentu saja ini akan membutuhkan waktu yang lama jika kita hanya mengandalkan gaji bulanan, lalu bagaimana supaya kita bisa menambah pemasukan selain dari gaji bulanan? Banyak cara untuk menambah pemasukan, sebagai contoh Investasi Saham. Yuk, kita belajar mengenal kenapa investasi saham begitu penting melalui artikel ini.


WAKOOL.ID - Banyak orang beranggapan untuk memulai investasi saham itu membutuhkan modal yang sangat besar dan hanya dapat dilakukan oleh kalangan tertentu saja. Hal ini membuat investasi saham kurang diminati oleh banyak orang, ditambah investasi saham memiliki risiko kerugian. Inilah yang membuat investasi saham menjadi terlihat menyeramkan di mata publik. Padahal investasi saham adalah salah satu cara untuk mencapai impian kita di masa depan. 

Mengenal Investasi Saham

Secara umum, saham adalah bukti kepemilikan sebuah perusahaan atau sebagai tanda penyertaan modal dari individu atau badan usaha. Dengan memegang saham sebuah perusahaan, pemegang saham atau sering disebut investor saham berhak mendapatkan dividen sesuai jumlah saham yang dimilikinya, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Perlu kita ketahui bahwa ketika kita menanam modal atau berinvestasi, maka kita mendapat peran penting untuk mendukung dan meningkatkan ekonomi perusahaan tersebut.

Mengapa Investasi Saham itu Penting?

Akhir-akhir ini investasi saham menjadi sangat populer di kalangan masyarakat terutama generasi milenial. Hal ini membuktikan bahwa saat ini semakin terbukanya kesadaran kita tentang literasi keuangan. Tidak heran jika saat ini banyak diantara kita yang sudah melek investasi, hal tersebut memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan juga bagi kehidupan kita. Dengan memulai investasi, lambat laun gaya hidup kita dalam mengelola keuangan akan mulai berubah menjadi lebih baik, dan itu akan memberikan dampak positif bagi kehidupan kita di masa depan.

How many millionaires do you know who have become wealthy by investing in savings accounts? I rest my case. – Robert G. Allen

Dengan berinvestasi kita dapat melindungi aset yang kita miliki dari penurunan nilai akibat inflasi. Tentu saja ini sangat penting bagi kita yang hidupnya bergantung hanya pada gaji bulanan, dan tidak memiliki ide untuk memulai bisnis baru, maka dengan berinvestasi bisa menjadi solusi untuk melindungi aset kita dari inflasi di masa depan. Sebelum memulai investasi sebaiknya kita mempelajari tentang literasi keuangan terlebih dahulu, karna tanpa pemahaman terhadap perencanaan keuangan yang baik itu akan menyulitkan kita dalam berinvestasi dan akan berdampak buruk bagi kehidupan kita.

Baca Juga : Penting! Apa itu Literasi Keuangan? Beserta Manfaat dan Tingkatannya

Berikut ini adalah keuntungan yang kita peroleh dalam berinvestasi saham:

Capital Gain

Salah satu manfaat dari investasi saham yaitu dengan mendapatkan capital gain. Capital gain adalah keuntungan yang kita dapatkan ketika kita menjual saham lebih tinggi dari harga beli kita, atau selisih antara harga beli dan harga jual saham. Semakin berkembang sebuah perusahaan, biasanya harga saham perusahaan tersebut akan ikut naik. Maka dari kenaikan harga tersebutlah kita dapat manfaatkan untuk menjual saham pada harga yang lebih tinggi dari harga pembelian.

Dividen

Manfaat lain dari investasi saham yaitu mendapatkan dividen. Dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada para investor saham sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. Dividen akan kita dapatkan jika kita menyimpan saham dalam jangka waktu lama atau tidak diperjual belikan sebelum cumulative date (cum date). Cum date adalah tanggal penentuan bagi investor untuk mendapatkan dividen dari perusahaan tersebut. Pembagian dividen ini berbeda-beda sesuai kebijakan perusahaan, ada yang membagikan setiap 1 tahun sekali, 1 tahun 2 kali atau bahkan tidak pernah membagikan dividen, karena dividen akan dibagikan jika perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan dan ketika mayoritas investor pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) menyepakati pembagian dividen.

Kesimpulannya, dengan berinvestasi kita dapat memanfaatkan dana yang kita miliki saat ini untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan. Untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang, investasi sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Kita hanya perlu mengalokasikan sebagian kecil dari gaji kita untuk berinvestasi secara rutin setiap bulannya. Tapi sebelum kita memulai investasi kita wajib menyiapkan dana darurat terlebih dahulu, karna dana darurat jauh lebih penting dari investasi, maka dari itu pentingnya memahami literasi keuangan sebelum berinvestasi.

[wkid/hilmanfjrsy/cimbniaga.co.id]

 


ARTIKEL TERKAIT