Manfaat Bermain Game

Tentang Artikel :

Game merupakan salah satu sarana hiburan untuk menghilangkan berbagai penat, tetapi game juga bisa menjadi mata pencarian dan sekarang merupakan salah satu industri yang sedang berkembang pesat. Bagi kita yang bermain game untuk sekedar hiburan apakah ada manfaat selain memberikan rasa gembira? Baca artikelnya untuk mengetahui manfaat bermain game, ternyata bisa buat sehat juga lho.


WAKOOL.ID - Sekarang industry game merupakan industry yang sangat berkembang pesat bahkan sudah mengalahkan industry perfilman yang menghasilkan miliaran dollar setiap tahunnya. Saking besarnya pada tahun 2020, pendapatan industry game lebih besar daripada industri film dan music digabungkan.

Besarnya industry game tentunya di dukung oleh banyaknya penikmat game berbagai usia di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data statista pada tahun 2020 lebih dari 50 juta orang di Indonesia bermain game mobile di perangkat mereka. Sayangnya, besarnya pengguna ataupun pendapatan bagi industry game di tanah air masih di dominasi oleh game milik asing, sehingga industry game asli Indonesia perlu lebih banyak perhatian baik dari pemerintah ataupun dari masyaraktnya sendiri.

Dari besarnya potensi game, apakah bermain game sendiri ada manfaatnya? Karena banyak dari kita pernah dilarang bermain game karena hanya menghabiskan waktu ataupun alasan lainnya supaya tidak terlalu sering bermain game. Di artikel ini akan dibahas beberapa manfaat dari bermain game. Tentunya manfaat ini hanya akan didapat apabila kita bermain game secara wajar, karena apapun yang berlebihan tentunya tidak baik.

 

Manfaat Bermain Game

 

1. Meningkatkan kerjasama dan komunikasi

bermain game bersama

 

Photo by: DC Studio via Freepik.com

 

Salah satu jenis game yang saat ini paling digemari adalah game multiplayer dimana pemain bermain bersama rekan-rekannya untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama-sama. Dengan bermain bersama teman di game multiplayer kita bisa meningkatkan kerjasama dan komunikasi karena untuk mencapai kemenangan tidak bisa dilakukan sendiri di jenis game tersebut. Berbagai tantangan harus dilakukan bersama-sama dan untuk melakukannya tentunya perlu kerjasama dan komunikasi yang baik. Bahkan dengan memainkan game multiplayer ini kita bisa mendapatkan teman baru dari berbagai wilayah, bahkan luar negri. Jadi salah kalau bilang seorang penyuka video game itu orangnya penyendiri dan anti sosial.

 

2. Meningkatkan proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah

Setiap game memiliki tantangan yang berbeda-beda yang harus diselesaikan oleh pemainnya. Ada game yang menuntut pemainnya berfikir cepat dan segera mengambil keputusan untuk bisa terus bermain. Ada juga game yang memerlukan kesabaran dan ketelitian agar strategi yang diterapkan bisa berjalan dengan baik. Dengan terbiasa menghadapi berbagai permasalahan yang ada di dalam game, kita bisa berlatih untuk berfikir cepat dan mengambil keputusan dengan tepat. Tapi tentunya ketika kita mengambil keputusan di kehidupan nyata harus lebih dipertimbangkan karena tidak bisa diulangi kembali seperti di game.

 

3. Mengurangi stress dan depresi

Dengan bermain game kita seolah pergi kedunia lain dimana masalah yang ada di dunia nyata tidak akan kita temui. Kita akan diberikan kegembiraan dengan bermain game sehingga rasa stress dan depresi bisa berkurang. Tidak ada salahnya sekali-kali kita pergi dari berbagai masalah yang menghantui dan mendapatkan hiburan dari permainan dalam dunia game. Tentunya dengan perasan bahagia yang didapatkan setelah bermain akan menjadi modal kita untuk bisa menghadapi berbagai masalah ketika kembali kedunia nyata. Dengan semangat dan kegembiraan kita bisa lebih mudah menghadapi berbagai kendala dalam kehidupan sehari-hari.

 

4. Meningkatkan kreatifitas

Selain bekerjasama dan berfikir cepat, game sering menuntut kita untuk berfikir kreatif dan out of the box. Berbagai tantangan yang ada dalam game bisa meningkatkan kreatifitas cara kita berfikir dalam memecahkan masalah. Bahkan ada kalanya pemain bisa lebih kreatif dari pembuat game itu sendiri dan menghasilkan berbagai macam modifikasi ataupun cara memainkan game.

 

5. Mempelajari berbagai Bahasa

Mayoritas game yang beredar di Indonesia adalah game dengan Bahasa asing. Dengan bermain game kita akan dituntut untuk bisa memahami Bahasa asing tersebut agar bisa menikmati gamenya. Bukan hanya Bahasa Inggris, banyak juga pemain game yang jadi bisa Bahasa Jepang, Korea, Tiongkok, Rusia dll karena game yang dimainkan tidak ada dalam Bahasa Indonesia ataupun Inggris.

 

6. Meningkatkan kemampuan motorik

Foto by Jinx! Via flicker.com

 

Tidak semua game menuntut kita duduk berjam-jam untuk memainkannya, ada juga game yang mengharuskan kita banyak bergerak layaknya olah raga. Dengan melakukan berbagai Gerakan yang diperintahkan oleh game, anak-anak pada usia 3 – 5 tahun bisa meningkatkan kemampuan motoriknya sehingga membantu tumbuh kembang fisiknya. Pada orang dewasa game juga bisa menjadi sarana olah raga yang menyenangkan yang bisa dilakukan sendiri ataupun bersama-sama.

 

7. Melatih kesabaran

Tidak selamanya ketika bermain game kita akan menang. Dengan bisa menerima kekalahan kita akan semakin berkembang dan memiliki mentalitas yang kuat, karena ternyata dalam kehidupan nyata juga kita tidak akan selalu mendapatkan apa yang kita inginkan. Kesabaran juga akan meningkat ketika kita bermain dengan rekan yang tidak terlalu jago yang mengakibatkan kita kalah terus. Dalam hati ingin selalu menang tetapi karena rekan tersebut kita jadi kalah terus. Tentunya kita harus ingat bahwa ini adalah game dan tujuannya adalah untuk mendapatkan hiburan, sehingga ketika kalah kita bisa bersabar dan terus menikmati prosesnya. Tidak mau kan disebut “bocil” karena ribut dan mengeluarkan kata-kata kasar ketika kalah dipermainan.

 

Masih banyak lagi manfaat game yang bisa kita dapatkan, tetapi dengan banyaknya manfaat game juga bisa memberikan dampak negative apabila tidak dilakukan dengan baik. Bermain game sewajarnya saja, jangan sampai karena ingin bermain game kita jadi tidak tidur atau bolos. Jangan juga karena ingin terus bermain game orang yang ada di rumah kita acuhkan. Apalagi sampai menjual asset dan mencuri hanya karena ingin membeli sebuah barang di dalam game. Game bisa memberikan banyak manfaat asalkan dilakukan dengan baik sesuai dengan tujuannya yaitu memberikan hiburan bagi pemainnya. [wkid/marketwacth.com, gameqoo.id, statista.com/]

 


ARTIKEL TERKAIT