CITCOM Meetup: Perkuat Pertemanan, Saling Belajar dan Kolaborasi

Tentang Artikel :

CITCOM yang merupakan komunitas pimpinan perusahaan Teknologi Informasi dibentuk dengan misi pertemanan (friendship), pembelajaran (learning) dan kolaborasi. Diharapkan dimulai dengan saling mengenal satu sama lainnya, maka akan terjalin pertemanan yang baik untuk dapat saling belajar dan berkolaborasi dalam berbagai hal kebaikan. Pada Sabtu, 27 November 2021 kemarin, CITCOM mengadakan pertemuan yang bertempat di Vue Palace Hotel Bandung untuk memperkuat pelaksanaan misinya tersebut.


WAKOOL.ID—CITCOM atau C-level IT Community yang merupakan komunitas pimpinan perusahaan Teknologi Informasi dibentuk dengan misi pertemanan (friendship), pembelajaran (learning) dan kolaborasi. Diharapkan dimulai dengan saling mengenal satu sama lainnya, maka akan terjalin pertemanan yang baik untuk dapat saling belajar dan berkolaborasi dalam berbagai hal kebaikan.

Salah satu agenda yang dilakukan oleh CITCOM dalam menjalankan misinya tersebut adalah secara rutin melakukan pertemuan antar anggota CITCOM untuk –selain memperkuat silaturahmi—juga untuk dapat dijadikan ajang untuk memperkenalkan perusahaan masing-masing berikut produk dan layanan yang ditawarkannya. Dengan saling mengenal perusahaan, produk dan layanan masing-masing maka diharapkan akan dapat memberikan inspirasi, pembelajaran, serta potensi kolaborasi antar anggota komunitas ini.

Pada Sabtu (27/11/2021) kemarin, bertempat di Vue Palace Hotel Bandung, CITCOM mengadakan meetup yang dihadiri sekitar 40 perusahaan anggota. Bertindak sebagai “tuan rumah” dari pertemuan kali ini adalah PT Citra Jelajah Informatika (CIFO).

Pada meetup kali ini dilakukan pemaparan pengenalan perusahaan berikut produk dan layanan dari 5 (lima) anggota CITCOM, yaitu: CIFO, Ciptdrasoft, Javan, Four Vision Media, dan Neuronworks.

PT Citra Jelajah Informatika (CIFO)

Pemaparan mengenai CIFO disampaikan langsung oleh Sony Setiadi selaku pendiri dan CEO perusahaan. Sony menjelaskan secara sekilas mengenai sejarah berdirinya CIFO sejak awal hingga bertahap tumbuh menjadi group perusahaan dengan beberapa produk dan layanan unggulannya. Selain menjalankan bisnis utama sebagai Internet Service Provider (ISP) untuk pelanggan korporat, CIFO juga memiliki beberapa anak usaha seperti SIMAYA yang menangani layanan Internet untuk pelanggan retail dan rumahan. Selain itu CIFO juga memiliki anak usaha walanja.co.id yang berharap dapat menjadi platform untuk belanja dan pembayaran yang besar dan digunakan secara luas. Setidaknya pada awalnya dapat digunakan dan dibuktikan kehandalannya pada jaringan pelanggan CIFO yang cukup luas, baik untuk korporat maupun retail.

Sony Setiadi, founder dan CEO CIFO

Anak usaha lainnya yang juga dimiliki oleh CIFO adalah “C-Media” yang melakukan pengembangan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk dapat memperkuat penawaran jaringan akses CIFO kepada para pelanggannya. Seperti untuk pelanggan sekolah, hotel, klinik, kantor-kantor pemerintahan, dan lain-lain. Sony menyampaikan bahwa C-Media tidak dimaksudkan untuk mengembangkan semuanya sendiri, melainkan lebih menjadi penanggung jawab dalam kolaborasi kemitraan dengan pengembang software yang lebih fokus dan kompeten di bidang yang bersesuaian. Dengan demikian diharapkan penawaran yang diberikan CIFO kepada para pelanggannya akan dapat lebih memiliki nilai tambah karena di-bundle dengan aplikasi yang bermanfaat bagi bisnis kliennya.

Selain itu CIFO juga memiliki anak usaha Jaringan Citra Mandiri yang bergerak di bidang perkabelan, yang merupakan salah satu kompetensi inti dari CIFO. 

Selanjutnya Sony lebih jauh mengundang kolaborasi dari seluruh anggota CITCOM untuk bisa saling mendukung satu dengan lainnya. Menurutnya, banyak sekali peluang bisnis yang hanya dapat dilakukan dengan kolaborasi. Tanpa kolaborasi positif yang baik, maka akan banyak peluang bisnis yang hilang atau tidak memberikan hasil yang optimal.

PT Ciptadra Softindo

Giliran pemaparan berikutnya adalah dari Ciptadrasoft, yang disampaikan oleh Indra Gilang Wibawa selaku pendiri sekaligus CEO perusahaan. Indra memaparkan perjalanan Ciptadrasoft yang dimulai sejak 1999 sebagai perusahaan inovasi, kemudian tahun 2012 memasuki usaha properti, tahun 2018 membangun usaha Kopi Kolmas dan terakhir pada tahun 2020 bergerak pula di Lembaga Pelatihan Kerja.

Indra Gilang, founder dan CEO Ciptadrasoft

Indra menjelaskan mengenai rekam jejak Ciptadrasoft yang utamanya banyak di sektor keuangan dan pemerintahan. Salah satu produk unggulan yang dijelaskan secara cukup detail adalah produk sistem Customer Relationship Management (CRM) yang diberi nama OneBox. Disamping itu inovasi dan layanan yang diberikan Ciptadrasoft pada sektor pemerintahan untuk mendukung digitalisasi layanan pemerintah melalui framework inovasi Smart City berikut produk dan layanan yang berkaitan dengannya.

Dengan produk dan layanan-layanan yang diberikan tersebut, Ciptadrasoft berharap dapat memberikan dampak manfaat yang luas kepada masyarakat, bangsa dan negara.

PT Javan Cipta Solusi

Pemaparan dari JAVAN digunakan untuk menyampaikan salah satu produk barunya yaitu, bukalowongan.id. Platform Bukalowongan.id merupakan platform manajemen proses rekrutmen secara end-to-end. Platform ini menawarkan jasa untuk membantu perusahaan dalam melakukan pembukaan lowongan pekerjaan, review resume, pengujian, interview, hingga sampai dengan penerimaan karyawan.

Pierwakilan dari JAVAN menjelaskan BukaLowongan.id

Javan juga menawarkan kerja sama dan diskon menarik kepada para anggota CITCOM untuk mendukung produk barunya ini.

CV Four Vision Media

Sesi pengenalan berikutnya disampaikan oleh Ihsan Firdaus yang merupakan pendiri sekaligus CEO perusahaan. Dalam kesempatan ini Ihsan memaparkan produk unggulannya yaitu SmartCoop yang merupakan solusi aplikasi koperasi berbasis online. Smartcoop adalah software aplikasi berbasis website yang diperuntukkan bagi Koperasi untuk mempermudah dan membantu pengurus dalam mengelola dan menjalankan bisnis Koperasi. SmartCoop ini telah dikembangkan sejak 2017 dan telah digunakan oleh lebih dari 250 koperasi dengan total anggota ratusan ribu. Produk ini digunakan oleh banyak jenis usaha koperasi seperti KSP (Simpan Pinjam), KSU (Serba Usaha), Koperasi Syariah, dan lain-lain.

Muhammad Ihsan, founder dan CEO Four Vission Media menjelaskan Produk SmartCoop

Produk andalan Four Vision Media ini telah pula mendapatkan penghargaan SMESCO Award dari Kementerian Koperasi dan UKM pada kategori Innovative Business di tahun 2018.

PT Neuronworks Indonesia

Sesi terakhir pengenalan perusahaan dan produk CITCOM ini disampaikan dari PT Neuronworks Indonesia. Pada sesi ini Arief Hermawan, Chief Outsourcing and Product Development Services Neuronworks menjelaskan mengenai salah satu produk unggulannya, yaitu DOOR HRMIS. Software DOOR HRMIS hadir untuk membantu membuat manajemen SDM perusahaan menjadi lebih mudah terutama di masa pandemi seperti sekarang. Misalnya seperti mengatasi penjadwalan kerja para karyawan terutama yang memiliki sistem kerja shift, pengajuan cuti, perhitungan payroll berdasarkan data kehadiran dan kompenen penggajian lainnya. Semua dapat dilakukan secara otomatis dengan Aplikasi DOOR HRMIS.

Arief Hermawan, Chief Outsourcing & Product Development Neuronworks

Menyimak pemaparan produk aplikasi dari Neuronworks tersebut, beberapa anggota CITCOM mengidentifikasi potensi kerja sama antar produk yang saling menguatkan.

Sesi meetup CITCOM kali ini ditutup dengan diskusi bersama anggota untuk membahas bagaimana membuat komunitas ini bisa lebih bermanfaat, lebih berdampak dan sustainable. Termasuk diantaranya mengenai wacana untuk meningkatkan bentuk komunitas ini menjadi bentuk yang lebih formal seperti asosiasi. Belum ada keputusan yang dihasilkan dari pertemuan tersebut. Semua hanya sepakat bahwa yang terpenting untuk selalu dijaga adalah bagaimana memastikan agar misi CITCOM untuk memperkuat pertemanan, saling belajar, dan kolaborasi antar perusahaan IT anggota dapat terus dipelihara dan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Sukses dan berkah selalu untuk CITCOM. Semakin memberikan dampak manfaat untuk anggota, masyarakat, bangsa dan negara. Semoga. [wkid]


ARTIKEL TERKAIT