Kaya Antioksidan, Ini 5 Khasiat Jahe yang Menyehatkan

WAKOOL.ID - Ahli gizi menyebut jahe sebagai makanan yang dapat membuat hidup lebih lama lagi. Itu karena jahe punya khasiat untuk kesehatan tubuh.

Devinder Bains, ahli gizi asal Dubai menyarankan untuk memasukkan jahe ke dalam menu harian. Jahe merupakan jenis rempah berupa rimpang yang sejak dulu populer untuk menjaga kesehatan.

Dilansir di halaman @DetikFood Karena manfaatnya itu, jahe telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak berabad-abad lalu. Rempah rimpang ini mudah tumbuh di manapun dan tidak perlu perawatan yang rumit. Makanya jahe sejak dulu di Indonesia termasuk dalam tanaman pekarangan. Dimanfaatkan untuk bumbu dapur dan obat.

 

Kamu bisa membuat racikan minuman dari jahe, atau mencampurkan ke masakan. Dilansir dari Arab News (22/06) berikut 5 khasiat jahe untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

Jahe merupakan jenis rimpang yang kaya akan antioksidan. Antioksidan itu sangat penting untuk melawan peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, jahe bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rempah ini memiliki rasa yang dominan pedas, itu karena adanya senyawa keton yang disebut zingeron. Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang berguna untuk meningkatkan fungsi otak.

Dengan mengonsumsi jahe dapat terhindari dari penyakit gangguan otak seperti depresi, kecemasan hingga Alzheimer. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian terhadap 60 wanita paruh baya.

Mereka yang menggunakan ekstrak jahe menunjukkan bahwa mereka mengalami peningkatan dalam waktu reaksi dan memori kerja.

 

2. Mengurangi Rasa Sakit Nyeri Otot

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

Sifat antiinflamasi yang ada pada jahe tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak, tetapi juga bisa mengurangi rasa sakit pada nyeri otot. Khasiat jahe ini juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Pain tersebut menunjukkan bahwa jahe membantu dalam mengobati osteoartitis lutut. Selain itu juga mengurangi rasa sakit sendi akibat rheumatoid arthritis.

 

Bahkan peneliti menyebut bahwa jahe lebih unggul dari obat antiinflamasi non steroid (NSAID) seperti tylenol atau advil, itu karena NSAID hanya bekerja pada satu tingkat, yaitu menghalangi pembentukan senyawa peradangan.

3. Mengobati Mual

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

Jahe juga berperan mengobati rasa mual. Karenanya jahe telah lama digunakan sebagai obat menghilangkan rasa mual saat di laut selama bertahun-tahun lalu. Jahe juga efektif dalam mengobati mual di pagi hari.

Khasiat jahe ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam ulasan 12 studi yang memantau 1.278 wanita hamil, mengonsumsi jahe terbukti secara signifikan mengurangi rasa mual mereka.

Selain itu, ada juga penelitian yang menemukan khasiat jahe yang dapat mencegah muntah-muntah pasca operasi dan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

 

4. Mengobati Gangguan Pencernaan

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

Jahe disebut ampuh untuk mengobati gangguan pencernaan bahkan pada tahap kronis sekalipun. Dilansir dari Healthline, itu karena jahe dikemas dengan senyawa yang disebut fenolat.

Senyawa fenolat diyakini dapat meredakan saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi pada lambung. Khasiat ini terbukti oleh sebuah studi yang melakukan penelitian terhadap 24 orang sehat.

 

Dalam penelitian tersebut, mereka diminta untuk mengonsumsi 1,2 gram bubuk jahe sebelum makan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pengosongan perut sebesar 50%.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Khasiat jahe untuk tubuhKhasiat jahe untuk tubuh Foto: iStock

Senyawa pada jahe juga dapat mengurangi kadar gula darah. Maka tak heran jahe dapat berperan untuk mengurangi risiko diabetes. Dilansir dari Times of India jahe dapat meningkatkan produk insulin di dalam tubuh.

Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas. Ketika kita makan, pankreas melepas insulin yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh.

Nah, insulin itulah yang akan berperan untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dalam perannya insulin akan mengendalikan kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal.

 

 


Tentang Artikel :

Ahli gizi menyebut jahe sebagai makanan yang dapat membuat hidup lebih lama lagi. Itu karena jahe punya khasiat untuk kesehatan tubuh. Karena manfaatnya itu, jahe telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak berabad-abad lalu. Rempah rimpang ini mudah tumbuh di manapun dan tidak perlu perawatan yang rumit. Makanya jahe sejak dulu di Indonesia termasuk dalam tanaman pekarangan. Dimanfaatkan untuk bumbu dapur dan obat.


Download Apps