Play Station 5 VS Xbox Series Mana yang Lebih Unggul

Tentang Artikel :

Kami memiliki banyak detail sulit tentang PS5 vs Xbox Series X. Kedua konsol baru ini akan memberikan resolusi hingga 8 ribu, frame rate tinggi, prosesor yang kuat, dan SSD yang cepat. Tetapi jika PS4 dan Xbox One adalah sesuatu untuk dilewati, kedua konsol mungkin tidak semua yang serupa di luar itu. Manakah dari dua sistem yang akan menjadi mesin permainan yang unggul - dan mana di antara mereka yang menawarkan perpustakaan yang lebih baik?


 

WAKOOL.ID - Kami memiliki banyak detail sulit tentang PS5 vs Xbox Series X. Kedua konsol baru ini akan memberikan resolusi hingga 8 ribu, frame rate tinggi, prosesor yang kuat, dan SSD yang cepat. Tetapi jika PS4 dan Xbox One adalah sesuatu untuk dilewati, kedua konsol mungkin tidak semua yang serupa di luar itu. Manakah dari dua sistem yang akan menjadi mesin permainan yang unggul - dan mana di antara mereka yang menawarkan perpustakaan yang lebih baik?

Dengan setiap informasi baru yang kami pelajari tentang konsol, kami semakin dekat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Berkat posting blog terinci dari Microsoft dan streaming langsung komprehensif dari Sony, kami dapat membandingkan spesifikasi sistem dan melihat bagaimana mereka saling mengukur. Pameran game PS5 pada bulan Juni serta pameran game Xbox Series X pada bulan Juli memberi kami ide bagus tentang apa yang diharapkan dari studio pihak pertama, dan daftar judul pihak ketiga yang terus bertambah akan tersedia di kedua platform.

  • Harga dan pre-order PS5: Yang kami tahu (dan tidak tahu)
  • Daftar game PS5: Setiap judul utama diumumkan sejauh ini
  • Plus: Meretas PS4, dan Sony mungkin membayar Anda $ 50.000

Meskipun kami tidak dapat mengatakan apa pun secara definitif hingga konsol keluar, ada banyak hal yang dapat kami pelajari dari informasi yang kami miliki sejauh ini. Inilah cara PS5 dan Xbox Series X menumpuk, setidaknya di atas kertas.

PS5 vs. Xbox Series X spec

  PlayStation 5 Xbox Series X
Price TBD TBD
Release Date Holiday 2020 Holiday 2020
Key Exclusives Spider-Man: Miles Morales, Horizon II: Forbidden West, Gran Turismo 7 Halo Infinite, Senua’s Saga: Hellblade 2, Forza Motorsport 8, State of Decay 3
Backwards Compatibility Almost all PS4 games, including optimized PS4 Pro titles All Xbox One games / Select Xbox 360 and original Xbox games
CPU 8-core 3.5 GHz AMD Zen 2 8-core, 3.8 GHz AMD Zen 2
GPU 10.3 teraflop AMD RDNA 2 12.0 teraflop AMD RDNA 2
RAM 16 GB GDDR6 16 GB GDDR6
Storage 825 GB custom SSD 1 TB custom NVMe SSD
Resolution Up to 8K Up to 8K
Frame Rate Up to 120 fps Up to 120 fps
Optical Disc Drive 4K UHD Blu-ray 4K UHD Blu-ray

PS5 vs. Xbox Series X Harga 

Mari kita sampaikan kabar buruknya terlebih dahulu: Baik PS5 maupun Xbox Series X belum memiliki harga yang dikonfirmasi. PS4 diluncurkan dengan harga $ 400, sedangkan Xbox One diluncurkan dengan harga $ 500, tetapi ingat bahwa konsol tersebut diluncurkan tujuh tahun yang lalu di pasar yang sangat berbeda. Sony harus memulihkan landasan yang hilang dari PS3, sementara Microsoft yakin itu memiliki mesin yang secara fundamental akan mengubah lanskap media di tangannya.

Sebagian besar desas-desus dan analisis pakar menempatkan PS5 dan Xbox Series X sekitar $ 500, tetapi kenyataannya adalah tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti sampai perusahaan membuat pengumuman resmi. Jika Anda mulai menabung sekarang, bertujuan untuk menyisihkan $ 500, dan Anda mungkin berada dalam margin kesalahan $ 100.

Namun, kami memiliki pegangan yang lebih solid pada tanggal rilis. Microsoft dan Sony sama-sama berniat untuk meluncurkan konsol mereka selama musim liburan 2020. (Rumor sebelumnya bahwa Xbox Series X akan berada di sini pada hari Thanksgiving sangat dilebih-lebihkan.)

PS5 vs Xbox Series X exclusives

Setelah game Xbox dipamerkan pada 23 Juli, kami memiliki ide yang jauh lebih baik tentang apa yang diharapkan dari Xbox Series X dalam hal game eksklusif. Halo Infinite masih merupakan judul platform terbesar, tetapi kami juga akan memiliki Senua's Saga: Hellblade II. Sebuah kejutan mengungkap Fable 4 berarti bahwa penggemar Xbox akhirnya akan memiliki entri baru di waralaba fantasi populer, tetapi itu mungkin tidak akan menjadi judul peluncuran. Forza Motorsport 8 dan State of Decay 3 juga akan menuju ke Xbox Series X. Yang pertama adalah yang terbaru dalam garis panjang sim balap kesetiaan tinggi; yang terakhir adalah game bertahan hidup yang diatur dalam dunia terbuka yang dilanda zombie.

Satu hal yang menarik tentang eksklusif Xbox Series X adalah bahwa, sebenarnya, mereka tidak eksklusif untuk konsol sama sekali. Setiap game Xbox Series X dari studio pihak pertama juga akan tersedia untuk PC. Selain itu, mereka semua akan tersedia untuk Xbox One, setidaknya untuk masa mendatang. Microsoft tampaknya memprioritaskan ekosistem daripada konsol individu.

Halo Infinite

Halo Infinite (Image credit: 343 Industries)

Kita juga tahu tentang beberapa eksklusif PS5, termasuk Spider-Man: Miles Morales, Ratchet & Clank: Rift Apart dan Horizon: Forbidden West. Saat ini, judul-judul ini tampaknya benar-benar eksklusif PS5, sehingga Anda tidak akan dapat memutarnya di PC.

Di satu sisi, Xbox Series X memiliki keunggulan pada judul eksklusif, karena Anda tidak perlu memiliki konsol Xbox untuk memainkannya. Di sisi lain, PS5 mungkin memiliki keunggulan karena alasan sebaliknya. Itu tergantung pada apakah Anda berpikir konsol eksklusif baik atau buruk - dan apakah Anda memiliki PC gaming.

Jika Anda penasaran tentang bagaimana masing-masing sistem menumpuk ke PC gaming dalam hal judul eksklusif, kami telah menulis dua artikel tentang masalah ini. Yang pertama menjelaskan mengapa PC gaming masih merupakan investasi yang lebih baik daripada PS5; yang kedua menjelaskan mengapa hampir tidak ada alasan untuk membeli Xbox Series X jika Anda sudah memiliki PC gaming yang bagus. Tentu saja, kalkulus akan bervariasi, tergantung pada situasi Anda sendiri.

PS5 vs. Xbox Series X graphics

Jika Anda memeriksa bagan di atas, Anda dapat melihat bahwa Xbox Series X memiliki spesifikasi yang sedikit lebih kuat. Sulit untuk mengatakan apakah Xbox Series X akan memberikan kinerja dan grafis yang sedikit lebih baik daripada PS5.

Pertama, mari kita lihat perangkat keras yang terlibat. Sepertinya tidak ada perbedaan yang luar biasa antara CPU, meskipun Xbox Series X sedikit lebih cepat. Kekuatan pemrosesan GPU - 10,3 teraflops untuk PS5 dan 12 teraflops untuk Xbox Series X - tampaknya sedikit lebih mencolok. Teraflop mengacu pada berapa banyak operasi per detik yang dapat ditangani oleh perangkat keras. Karena satu teraflop dapat menjelaskan 10 ^ 12 operasi per detik, selisih 1,7 dapat mewakili perbedaan signifikan dalam grafik.

Tapi ingat juga: Hanya karena GPU menawarkan daya komputasi 12 teraflops, itu tidak berarti bahwa setiap game akan memanfaatkannya sepenuhnya. Ini juga tergantung seberapa baik permainan dioptimalkan, terutama permainan pihak ketiga yang harus menawarkan paritas relatif antara PS5 dan versi Xbox Series X mereka.

SSD juga dapat memiliki efek besar pada kinerja game. Karena kedua konsol akan hadir dengan SSD bawaan, gim harus dimuat lebih cepat dari sebelumnya. Namun sejauh ini, hanya Sony yang memberikan rincian konkret tentang seberapa cepat SSDnya dapat memuat game, dan bagaimana PS5 dibandingkan dengan SSD yang saat ini ada di pasaran. Ini adalah metrik lain yang kemungkinan akan bervariasi dari game ke game.

Untuk saat ini, kami akan mengatakan bahwa kedua sistem tersebut tampaknya cukup kuat, dan bahwa Xbox Series X memiliki potensi yang besar, terutama dalam hal rendering grafik.

 

PS5 vs. Xbox Series X design

Xbox Series X memiliki desain yang cukup konservatif. Konsol Microsoft berikutnya akan menyerupai menara PC vertikal, dengan sasis hitam ramping dan logo Xbox kecil yang berselera tinggi di sudut kiri atas. Ada juga disk drive di bagian depan konsol. Semuanya terlihat geometris, dan Anda juga dapat memposisikannya secara horizontal, jika pusat hiburan Anda tidak memiliki ruang vertikal yang cukup.

 

(Image credit: Microsoft)

Desain PS5 sangat berbeda. Terungkap di showcase game PS5 pada 11 Juni, PS5 terlihat seperti persegi panjang hitam bulat, dikelilingi oleh dua sirip putih yang hampir menyatu dalam pola segitiga ke bawah.

ps5

(Image credit: Sony)

Khususnya, PS5 juga akan tersedia dalam dua konfigurasi yang berbeda: versi standar dengan disk drive, dan Edisi Digital tanpa satu. Secara alami, Anda dapat memainkan judul fisik pada yang pertama, tetapi tidak pada yang terakhir. Harga antara kedua model mungkin akan bervariasi sebagai hasilnya, tetapi sejauh ini, kami belum memiliki konfirmasi harga PS5.

Akan sulit untuk mengatakan konsol mana yang terlihat "lebih baik" sampai kita dapat melihatnya berdampingan dalam ruang fisik. Untuk saat ini, Xbox Series X terlihat lebih tradisional, sedangkan PS5 terlihat lebih eksperimental. Yang mana yang Anda sukai akan hampir sepenuhnya bergantung pada preferensi estetika Anda sendiri.

PS5 vs. Xbox Series X backwards compatibility

Baik Sony dan Microsoft telah sangat terbuka tentang bagaimana kompatibilitas mundur akan bekerja pada sistem mereka. Saat ini, Xbox Series X tampaknya memiliki opsi yang lebih kuat, tetapi PS5 harus memiliki banyak game yang lebih lama untuk dimainkan juga.

Microsoft telah berjanji bahwa setiap game Xbox One akan kompatibel dengan Xbox Series X. Selanjutnya, sistem Pengiriman Cerdas Microsoft memastikan bahwa jika Anda membeli game Xbox One yang juga tersedia di Xbox Series X, Anda akan secara otomatis mendapatkan Xbox Series X versi setelah Anda memutakhirkan konsol Anda. Selain itu, beberapa game Xbox 360 dan Xbox asli yang dipilih juga akan bekerja dengan sistem. (Jika Xbox 360 atau game Xbox asli saat ini berfungsi di Xbox One, itu juga akan bekerja di Xbox Series X.) Itu cukup mudah.

Manfaat potensial lain dari Xbox Series X adalah bahwa ia akan menjalankan banyak game yang kompatibel dengan mundur lebih baik daripada yang bisa dilakukan oleh sistem aslinya. Microsoft telah berkomitmen untuk meningkatkan beberapa judul lama favorit, menjadikannya berjalan pada resolusi 4K atau frame rate hingga 120 fps. Meskipun belum jelas game mana yang akan mendapatkan perawatan ini, aman untuk mengatakan bahwa setidaknya beberapa game lama akan terlihat dan bermain lebih baik daripada sebelumnya di Xbox Series X.

Iklan

Pendekatan Sony sedikit kurang konkret. PS5 akan menggunakan semacam perangkat lunak yang diuniversalisasi untuk menjalankan game PS4 di PS5. Game yang dioptimalkan untuk PS4 Pro akan tetap memiliki perangkat tambahan di tempatnya. Tetapi karena perangkat lunak semacam aplikasi yang serba bisa, tidak semua judul dijamin bekerja dengan baik.

Sony telah menyatakan bahwa sebagian besar dari 100 game PS4 teratas (berdasarkan waktu bermain) berjalan sangat baik di PS5 sejauh ini, dan harus tersedia untuk diluncurkan. Tetapi kami belum yakin apakah Sony akan merilis sedikit demi sedikit game yang kompatibel, atau membiarkan pengguna mencoba apa pun dan melihat apa yang berhasil. Dalam kasus apa pun, ini tidak sepenuhnya inklusif seperti yang dijanjikan Microsoft.

Berlangganan PS5 vs. Xbox Series X

Bagian ini akan menjadi sedikit spekulatif, karena baik Microsoft maupun Sony tidak menguraikan rencana pasti untuk layanan streaming game mereka pada konsol next-gen. Tetapi kedua perusahaan memiliki infrastruktur cloud gaming, dan itu konyol untuk berpikir bahwa mereka akan membuang semua sumber daya ke luar jendela pada akhir tahun.

PlayStation Now adalah layanan streaming game Sony. Untuk biaya berlangganan tetap ($ 6 - 10 per bulan), pemain dapat melakukan streaming (dan kadang-kadang mengunduh) berbagai hits PS2, PS3 dan PS4, hingga dan termasuk eksklusif tercinta seperti God of War (2018). Saya membayangkan bahwa PS5 juga akan menawarkan opsi PS Now, meskipun apakah itu akan pernah streaming game PS5 lebih sulit untuk dikatakan. Anda dapat mengalirkan game PS Now ke PC juga, meskipun itu tidak bekerja dengan smartphone, streaming pemain atau TV pintar.

Microsoft Project xCloud bisa dibilang adalah teknologi yang lebih ambisius, meskipun masih dalam versi beta, jadi kita harus menunggu dan melihat apakah itu memenuhi janjinya. Platform cloud gaming ini memungkinkan pengguna melakukan streaming berbagai game Xbox ke perangkat Android atau iOS mereka. Ada juga program Xbox Game Pass ($ 10 per bulan), yang memungkinkan pengguna mengunduh lebih dari 200 game ke konsol Xbox One mereka. Saya harus berasumsi bahwa program ini akan terus ada di Xbox Series X, bahkan mungkin dengan judul Xbox Series X di perpustakaannya. Jika teknologi ini bekerja sama dengan Project xCloud, itu bisa memberi Microsoft keunggulan besar di pasar berlangganan.

Semoga kami akan mempelajari detail lebih konkret tentang langganan nanti. Untuk saat ini, infrastruktur hadir untuk Microsoft dan Sony; implementasi adalah sebuah misteri.

PS5 vs. Xbox Series X virtual reality

Satu area di mana PS5 memiliki keunggulan yang jelas dibanding Xbox Series X adalah dalam realitas virtual. PS5 akan sepenuhnya kompatibel dengan headset PlayStation VR (dan, mungkin, perpustakaan game PSVR). Pada saat yang sama, mungkin juga ada headset PSVR baru dalam karya untuk PS5, setidaknya pada akhirnya.

(Image credit: Sony)

Microsoft, di sisi lain, tidak memiliki rencana untuk headset Xbox Series X VR. Kami juga tidak pernah punya satu untuk Xbox One, menunjukkan bahwa Microsoft mungkin tidak terlalu tertarik pada teknologi semacam ini. Apakah ini menimbulkan frustrasi atau ketidakpedulian akan sangat tergantung pada seberapa banyak investasi Anda dalam teknologi VR.

PS5 vs. Xbox Series X outlook

Penting untuk diingat bahwa sementara kami sekarang memiliki jumlah informasi yang terhormat di kedua konsol, kami belum mendapatkan waktu dengan salah satu dari mereka. Kami tidak memiliki perpustakaan peluncuran yang solid, kami tidak memiliki harga atau tanggal rilis, dan kami tidak benar-benar tahu bagaimana permainan akan dimainkan begitu mereka ada di tangan kami. Tanpa itu, kami tidak dapat menentukan sistem mana yang akan "memenangkan" perang konsol - jika salah satunya. Ingatlah bahwa jika konsol menguntungkan dan diterima dengan baik, itu tidak benar-benar "kehilangan" apa pun.

Namun, Xbox Series X memang terlihat sedikit lebih baik, setidaknya di atas kertas. Ini memiliki perangkat keras yang lebih kuat, kompatibilitas mundur yang lebih baik dan desain yang menarik. Project xCloud memiliki potensi untuk lebih komprehensif daripada PS Now.

Untuk saat ini, saya tidak akan terburu-buru untuk memesan di muka salah satu mesin. Masih banyak yang harus diputar di PS4 dan Xbox One, dan kami masih ingin belajar lebih banyak tentang perpustakaan masing-masing sistem dan kemampuan saat peluncuran.

[wkid/tomsguide.com]


ARTIKEL TERKAIT