Anda Penikmat Durian? Waspadai Kadar Kalori dari Si Raja Buah Nan Lezat ini!

Tentang Artikel :

Durian Termasuk buah favorit banyak orang, Kalori durian terbilang tinggi. Maka dari itu, tidak semua orang boleh memakannya secara sembarangan.


WAKOOL.ID - Durian adalah salah satu buah favorit pilihan banyak orang karena rasanya yang lezat. Buah ini bahkan sering dijuluki raja buah. Tetapi, buah ini juga disebut-sebut sebagai salah satu buah tinggi kalori. Bila begitu, apakah durian tetap sehat untuk disantap?

Memiliki nama ilmiah Durio zibethinus, buah dengan aroma khas ini termasuk buah yang kaya akan nutrisi, termasuk kalori. Apa saja memang kandungan nutrisi dalam durian?

Kandungan Nutrisi Durian

Berikut adalah kandungan nutrisi dalam satu mangkuk, sekitar 243 gram, buah durian tanpa kulit:

Kalori

Durian dapat mengandung sekitar 357 kalori dalam 243 gram. Ini berarti dalam 1 kg durian bisa terkandung lebih dari 1400 kalori. Jumlah yang sangat banyak bukan. Bayangkan saja, asupan kalori harian adalah sekitar 2500 per hari dan jumlah 1 kg durian sudah melampaui setengah dari total angka tersebut.

Terlebih, sebagian besar susunan kalori dalam buah ini adalah karbohidrat atau glukosa. Mungkin ini salah satu penyebab mengapa buah ini terasa manis bagi sebagian orang. Meski demikian, walau tinggi kalori, kadar gula dalam buah ini masih lebih rendah dari beberapa buah lain.

Hal ini dibuktikan bahwa 9 gram durian hanya memiliki indeks glikemik 49, lebih rendah dari nanas, pepaya, maupun semangka.

Lemak

Selain dari gula, total kalori durian juga disusun oleh lemak. Durian termasuk buah yang tinggi kadar lemak. Sekitar 243 gram durian mengandung 13 gram lemak. Meski demikian, lemak dalam buah durian tergolong lemak sehat, yaitu lemak tunggal tak jenuh.

Lemak ini baik untuk menjaga kadar kolesterol serta tekanan darah tubuh tetap dalam rentang sehat. Lemak ini pun membantu menyerap vitamin yang larut dalam lemak ke dalam tubuh, sepetri vitamin A.

Protein

Kadar protein dalam durian tidaklah tinggi. Dalam 243 gram hanya terkandung 3,6 gram protein. Rendahnya kadar protein dan tingginya kadar karbohidrat pada durian bisa memicu seseorang makan buah ini dalam jumlah banyak. Hal ini karena sajian tinggi protein umumnya lebih mengenyangkan dari sajian tinggi karbohidrat sekaligus memicu pembakaran energi.

Vitamin dan Mineral

Durian tergolong kaya kandungan vitamin maupun mineral. Buah ini mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, mangan, zinc, dan sedikit kalsium. Tidak hanya itu, durian pun kaya antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid, yang baik untuk tubuh.

Bolehkah Makan Durian dalam Jumlah Banyak?

Meski kaya akan beragam nutrisi, mengonsumsi sesuatu secara berlebihan tentu bisa memberi dampak buruk bagi tubuh. Apalagi mengingat buah ini tinggi kalori, gula, juga lemak.

Bagi orang dengan kondisi sehat, kandungan tersebut dapat memberi suplai energi dengan cepat sehingga kembali merasa segar. Kandungan kalium dalam durian juga dapat membantu mengurangi rasa lelah dan cemas.

Meski demikian, pada orang dengan kondisi tertentu, konsumsi durian yang tinggi kalori ini perlu diperhatikan. Misalnya, pada penderita diabetes.

Penderita diabetes perlu membatasi asupan kalori, khususnya dalam bentuk gula. Durian tidak hanya tinggi kandungan karbohidrat (glukosa) namun juga sukrosa dan fruktosa. Kadar gula dalam durian bahkan lebih tinggi dari buah-buah manis lain, seperti pisang dan mangga. Oleh karena itu, penderita diabetes tidak boleh makan durian dalam jumlah banyak ya.

Buah-buahan Tinggi Kalori yang Konsumsinya Perlu Diperhatikan

Konsumsi kalori atau gula dalam jumlah tinggi tidak hanya perlu diperhatikan oleh penderita diabetes namun oleh semua orang. Hal ini karena sering mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan berbagai gangguan kesehatan.

Pernyataan tersebut memang lebih dikhususkan pada kalori-kalori yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, kue-kue manis, ataupun minuman bersoda. Meski demikian, ada baiknya Anda juga tahu buah-buah apa saja yang tinggi kalori selain durian. Berikut beberapa di antaranya:

Pisang, 105 kalori dalam 118 gram

Alpukat, 161 kalori dalam 100 gram

Mangga, 99 kalori dalam 165 gram

Kurma, 66,5 kalori dalam 24 gram

Kismis, 85 kalori dalam 28 gram

Buah-buahan ini bukan dilarang dimakan namun tetaplah konsumsi dalam jumlah wajar.

Buah durian adalah salah satu buah bernutrisi namun juga tinggi kalori sehingga konsumsinya perlu diperhatikan, terutama bagi penderita diabetes. Buah memang sumber makanan sehat namun tetap bijak dalam mengonsumsinya.


ARTIKEL TERKAIT