Apa sih Pergaulan Sehat itu? Bagaimana Cara Menjaganya?

WAKOOL.ID  - Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya terlibat dalam pergaulan sehat. Oleh karena itu, Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan pergaulan sehat dan karakteristik dari pertemanan tersebut.

Pergaulan sehat adalah proses interaksi antara individu dengan individu lain maupun kelompok yang berlangsung secara normal dan positif. Yang dimaksud normal adalah setiap individu menyadari bahwa pergaulan itu dilakukan agar setiap orang bisa mengembangkan kepribadian secara positif.

Pergaulan yang sehat akan membentuk karakter individu yang baik. Sebaliknya, pergaulan tidak sehat (misalnya pergaulan bebas) akan mendatangkan risiko yang mengancam masa depan anak Anda.

Apa saja karakteristik dari pergaulan sehat?

Remaja adalah fase yang krusial pada anak karena di saat inilah buah hati Anda mulai lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman-temannya dibanding orangtua. Anda mungkin akan melihat anak Anda berganti selera musik, melakukan hobi yang baru, atau menggunakan pakaian yang mirip dengan teman dekatnya.

Teman yang baik akan memberi pengaruh yang baik, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, orangtua wajib mengenali karakteristik pergaulan yang sehat agar anak tidak terjerembab pada pergaulan bebas yang berpotensi merusak masa depannya.

Karakteritisik pergaulan sehat yang dimaksud adalah:

  • Saling menghargai

Teman dekat anak harus mengetahui hak dan kewajibannya sebagai seorang individu sehingga tidak ada privasi yang dilanggar dalam pergaulan sehat tersebut.

  • Percaya

Kepercayaan adalah hal positif yang dibangun secara bertahap seiring berlangsungnya pergaulan sehat, tapi bisa hancur ketika ada janji yang tidak ditepati.

  • Jujur

Pergaulan yang sehat tidak akan membuat anak Anda malu dengan kondisinya sendiri karena temannya akan menerima anak Anda dengan kelebihan dan kekurangannya.

  • Komunikasi

Komunikasi yang dimaksud adalah mampu menjadi pendengar yang baik saat temannya memiliki masalah dan memberi nasehat yang baik pula bila diperlukan.

Keempat karakteristik pergaulan sehat ini harus dicapai juga dengan cara yang positif, yakni dengan tidak melibatkan alkohol dan obat-obatan terlarang. Alkohol dan narkoba dapat mengakibatkan anak berlaku agresif, melakukan seks bebas, serta melakukan tindak kriminal yang akan menjerumuskannya pada pergaulan tidak sehat.

Manfaat terlibat dalam pergaulan sehat

Seperti disinggung di atas, pergaulan sehat akan membawa karakter anak yang positif pula. Selain itu, anak juga akan mendapat berbagai manfaat lain, seperti:

  • Membuat anak memiliki tujuan yang positif dalam hidup
  • Meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres
  • Meningkatkan kepercayaan dan harga diri anak
  • Menyemangati anak untuk menghindari pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, narkoba, dan seks bebas.

Pada beberapa lingkungan pertemanan, pergaulan sehat juga akan meningkatkan kesehatan fisik anak secara keseluruhan. Studi menyebut anak yang memiliki koneksi sosial lebih banyak berumur lebih panjang dibanding anak dengan lingkup sosial yang kecil.

Bagaimana cara menjaga pergaulan sehat?

Setelah Anda memastikan anak terlibat dalam pergaulan sehat, ajari ia untuk bisa mempertahankan pola pertemanan seperti itu. Beberapa hal yang bisa dilakukan anak dalam hal ini adalah:

  • Saling menghargai, percaya, jujur, dan komunikasi

Pergaulan bebas harus didasarkan pada 4 karakteristik yang disebutkan di atas. Jika ada salah satunya saja yang tidak dilakukan anak, maka ia bisa dibilang telah gagal mempertahankan pergaulan sehat.

  • Jangan menghakimi

Semua orang punya pilihan dan pertimbangan masing-masing dalam bertindak yang terkadang tidak sama dengan nilai yang dianut oleh anak. Ketika hal itu terjadi, ia harus mengingat bahwa menghakimi perbedaan hanya akan membuat pertemanan berjalan tidak sehat.

  • Jangan membicarakan keburukan

Setiap orang punya kesalahan dan kelemahan sehingga bukan kapasitas kita untuk menggunjingnya. Jika ada hal yang harus diperbaiki dalam diri orang lain yang ada dalam lingkup pergaulan sehat anak, sebaiknya langsung biacarakan dengan orang tersebut melalui bahasa yang baik dan tidak menyinggung perasaan.

  • Saling memaafkan

Pergaulan sehat bukan berarti tidak pernah ada konflik yang terjadi di dalamnya. Namun, pertemanan yang solid akan selalu membuka ruang untuk saling memaafkan sehingga hubungan baik akan kembali tersambung tanpa ada dendam maupun rasa sakit hati yang tidak terobati.

Itulah penjelasan komprehensif mengenai pergaulan sehat. Ajarkan nilai-nilai pergaulan sehat sejak dini agar anak Anda bisa mempraktikkannya ketika ia remaja dan beranjak dewasa.

[wkid/SehatQ]

 


Tentang Artikel :

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya terlibat dalam pergaulan sehat. Oleh karena itu, Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan pergaulan sehat dan karakteristik dari pertemanan tersebut. Pergaulan sehat adalah proses interaksi antara individu dengan individu lain maupun kelompok yang berlangsung secara normal dan positif. Yang dimaksud normal adalah setiap individu menyadari bahwa pergaulan itu dilakukan agar setiap orang bisa mengembangkan kepribadian secara positif.


Download Apps