Ingin Menjadi Seorang Entrepreneur, Apa aja Saja yang diperlukan ?

Tentang Artikel :

Apakah Anda ingin menjadi seorang pengusaha tapi sampai saat ini masih kebingungan harus mulai dari mana? Apa sajakah langkah-langkah yang harus Anda tempuh untuk menjadi pengusaha? Karena banyaknya jenis pengusaha, ada banyak jalur berbeda yang bisa Anda ambil. Tetapi ada beberapa langkah serupa yang bisa Anda ikuti untuk menjadi seorang pengusaha.


 WAKOOL.ID - Apakah Anda ingin menjadi seorang pengusaha tapi sampai saat ini masih kebingungan harus mulai dari mana? Apa sajakah langkah-langkah yang harus Anda tempuh untuk menjadi pengusaha? Karena banyaknya jenis pengusaha, ada banyak jalur berbeda yang bisa Anda ambil. Tetapi ada beberapa langkah serupa yang bisa Anda ikuti untuk menjadi seorang pengusaha.

  • Langkah 1 : Temukan Industri atau Niche Anda

Langkah pertama yang paling jelas harus Anda tempuh untuk menjadi seorang pengusaha adalah menemukan niche spesifik Anda. Dewasa ini, banyak sekali orang yang ingin menjadi pengusaha tetapi mereka tidak tahu harus terlibat di industri mana. Seringkali niche Anda adalah sesuatu yang telah Anda kerjakan selama bertahun-tahun lamanya.

Jika dulu Anda pernah bekerja di restoran selama bertahun-tahun, mungkin Anda memiliki pemahaman yang baik tentang cara menjalankan bisnis kuliner. Jika dulu Anda pernah bekerja di sekolah, mungkin Anda memiliki pemahaman yang baik untuk membangun bisnis di bidang edukasi. Dan sebagainya. Pengalaman yang Anda miliki adalah metode tepat untuk mulai mencari niche pasar Anda.

Untuk mendirikan bisnis yang sukses selama bertahun-tahun, Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan. Karena uang yang Anda dapatkan tidak akan menjadi motivator yang cukup besar untuk membuat Anda tahan bekerja 60/70 jam dalam seminggu untuk mempertahankan bisnis. Anda membutuhkan lebih dari uang untuk membuat Anda tetap termotivasi, itulah tujuan.

  • Langkah 2 : Penelitian Pasar Anda

Anda juga harus meneliti pasar yang tersedia, menganalisis area untuk permintaan dan kebutuhan. Mungkin Anda ingin membuka restoran mewah Italia di kota asal Anda. Apakah restoran lain berhasil? Apakah ada santapan makanan lain di daerah Anda? Apakah pelanggan lokal mampu makan di restoran kelas atas? Menemukan jawaban pertanyaan di atas sangatlah penting untuk kesuksesan jangka panjang.

  • Langkah 3 : Mendidik Diri Sendiri

Ada mitos umum dalam budaya populer yang menyebutkan bahwa pengusaha sukses dan mandiri tidak pernah lulus dari perguruan tinggi. Namun angka-angka itu tidak mendukung hal ini. Menurut tim peneliti dari Duke, Akron, dan California Selatan, ada lebih dari 95% pengusaha di industri dengan pertumbuhan tinggi memiliki setidaknya gelar sarjana.

Pendidikan & Pelatihan Pengusaha

Ada tiga jenis pendidikan yang bisa Anda pertimbangkan ketika memandang bahwa kehidupan sebagai seorang pengusaha adalah kehidupan yang Anda impikan. Meskipun ini mungkin tidaklah penting untuk pekerjaan Anda, pendidikan tersebut akan menambah peluang Anda untuk sukses jangka panjang.

Pendidikan di Industri Anda

Jenis pendidikan pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah sesuatu yang berhubungan langsung dengan bidang Anda. Jika Anda ingin membuka bengkel mobil, jelas bahwa Anda akan membutuhkan pendidkan dan sertifikasi yang berkaitan dengan perbaikan mobil. Begitu juga jika Anda berpikir untuk menjadi tukang listrik, Anda membutuhkan pendidikan tentang kabel dan sirkuit.

Gelar Kewirausahaan

Setelah pendidikan di bidang industri Anda miliki, Anda bisa mempertimbangkan untuk meraih sertifikasi atau gelar kewirausahaan. Sertifikat adalah cara yang bagus untuk mempelajari keterampilan dasar dengan harga terjangkau yang diperlukan untuk meluncurkan bisnis baru dengan cepat, sementara pendidikan sarjana memberikan Anda dasar studi umum dan kursus khusus kewirausahaan.

Pendidikan Terkait Bisnis & Keuangan

Setiap pengusaha, dari mulai pemilik kafe pinggir jalan, sampai dengan pemilik perusahaan startup global, perlu menguasai ilmu manajemen, keuangan, pajak, dan topik terkait bisnis lainnya. Anda tidak memerlukan gelar master di bidang ekonomi, tetapi dasar pendidikan dalam bisnis pasti akan sangat membantu Anda.

Pendidikan kewirausahaan bisa berarti gelar kewirausahaan yang sebenarnya atau pendidikan bisnis yang lebih umum yang akan mempersiapkan Anda untuk memenuhi tantangan sehari-hari dalam menjalani karier Anda sebagai seorang pengusaha. Pendidikan bisnis di antaranya adalah ilmu administrasi bisnis, ilmu manajemen bisnis, ilmu ekonomi, ilmu akuntansi, ilmu pemasaran, dll.

  • Langkah 4 : Bangun Bisnis Anda Secara Perlahan

Banyak sekali calon pengusaha yang berpikir bahwa pertumbuhan yang cepat dan tepat adalah tanda bisnis yang sukses. Tetapi sebagian besar bisnis dibangun dengan lambat selama bertahun-tahun, dan bahkan puluhan tahun lamanya. Kapanpun memungkinkan, wirausahawan akan membangun dengan lambat, dimulai dengan penjualan pertama dan terus merangkak ke depan.

Pembangunan yang perlahan memungkinkan Anda untuk belajar dan melakukan penyesuaian sebelum terjun lebih dulu ke bisnis. Berurusan dengan situasi baru memberikan pelatihan kewiruasahaan yang berharga di tempat kerja Anda, yang tidak akan Anda peroleh dari gelar formal apapun. Dalam banyak kasus, pengusaha pemula masih mempertahankan pekerjaan hariannya sambil membangun bisnis. [wkid/billionairecoach]

picture: t2conline.com


ARTIKEL TERKAIT