10 Jenis Teh Terbaik di Dunia

Tentang Artikel :

Kita yakin, banyak dari kalian yang suka banget sama minuman yang satu ini. Selain mudah ditemukan, minuman teh juga memiliki rasa yang enak dan khas. Apalagi jika meminumnya dengan tambahan es batu dan rasa manis yang pas. Duh, pasti membuat tenggorokan kita menjadi segar dan bergairah. Belum lagi soal khasiatnya nih, kabarnya teh memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan. Sebut saja seperti khasiatnya yang mampu mengurangi tingkat kolesterol hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Nah, bicara soal teh, pernahkah kamu bertanya teh apa saja yang terbaik di dunia? Berikut ini beberapa deretan teh terbaik di dunia


WAKOOL.ID - Kita yakin, banyak dari kalian yang suka banget sama minuman yang satu ini. Selain mudah ditemukan, minuman teh juga memiliki rasa yang enak dan khas. Apalagi jika meminumnya dengan tambahan es batu dan rasa manis yang pas. Duh, pasti membuat tenggorokan kita menjadi segar dan bergairah. Belum lagi soal khasiatnya nih, kabarnya teh memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan. Sebut saja seperti khasiatnya yang mampu mengurangi tingkat kolesterol hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Nah, bicara soal teh, pernahkah kamu bertanya teh apa saja yang terbaik di dunia? Berikut ini beberapa deretan teh terbaik di dunia. Ada dari Indonesia juga, lho!

Ini manfaat minum teh setiap hari dan jenis teh terbaik di dunia

Bila kamu rutin minum teh, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat. Tentunya dengan syarat, diimbangi dengan minum air putih yang banyak, ya. Cathecin,  yaitu senyawasenyawa aktif di dalam teh, dapat membantu tubuh membakar lemak secara optimal saat kamu sedang berolahraga. Jenis teh yang paling efektif untuk mengoptimalkan proses pembakaran lemak pada saat olahraga adalah teh hijau. Penelitian dari Tohoku University Graduate School of Medicine, Jepang menyebutkan jika teh membantu mencegah gigi berlubang, karena adanya perubahan pH di dalam mulut setelah minum teh. Tapi, hal ini berlaku untuk teh tanpa pemanis. 

Ketahui manfaat lainnya dari jenis teh terbaik yang ada di dunia berikut ini.

1. Teh Sencha, meningkatkan daya tahan tubuh

Proses penyeduhan teh Sencha (Foto: Pexels)

Proses penyeduhan teh Sencha (Foto: Pexels)

Jepang memang terkenal banget dengan teh-nya. Apalagi minuman teh hijau atau dalam Bahasa lokal disebut Ryokucha memiliki banyak varian. Salah satu teh hijau terbaik yang dimiliki Jepang adalah teh sencha. Varian teh ini dibuat dengan cara yang cukup unik, lho. Jadi untuk mendapatkan teh sencha berkualitas, daun teh sencha akan dikukus terlebih dahulu.

Setelah itu, daun tersebut kemudian digulung dan siap diseduh dengan air panas.  Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, daun teh sencha juga memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah memperkuat sistem imun pada tubuh. Selain itu, teh sencha juga mampu mengstimulasi kinerja kognitif otak kamu.

 

2. Teh Hitam Kayu Aro, khas Indonesia

Perkebunan Teh Kayu Aro, Kerinci. (Foto: Shutterstock)

Perkebunan Teh Kayu Aro, Kerinci. (Foto: Shutterstock)

Kaya akan potensi alam yang melimpah, membuat Indonesia memiliki banyak hasil alam dan perkebunan yang berkualitas pula. Salah satunya adalah teh hitam Kayu Aro. Siapa sangka, teh hitam ini masuk ke dalam daftar teh terbaik yang ada di dunia. Teh hitam Kayu Aro adalah teh hitam yang berasal dari kaki Gunung Kerinci, Jambi. Seperti namanya, teh ini memang berasal dari perkebunan teh yang berada di kawasan Kayu Aro, yang berdiri tepat di kaki Gunung Kerinci.

Kabarnya, perkebunan teh ini adalah salah satu perkebunan teh tertua yang ada di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1925, perkebunan teh Kayu Aro selalu menghasilkan teh yang alami dan berkualitas hingga sekarang. Rasa dan khasiatnya yang khas, membuat teh ini digemari oleh Ratu Belanda pada masa kolonial dahulu. Wah, selain sehat ternyata teh ini juga mewah, ya! 

 

3. Teh Putih Fujian, bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Teh putih siap minum, baik untuk kesehatanmu. (Foto: Shutterstock)

Teh putih siap minum, baik untuk kesehatanmu. (Foto: Shutterstock)

Seperti yang kita tahu, teh mempunyai banyak jenis dan ragamnya. Khasiat yang ditawarkan pun berbeda-beda. Salah satunya adalah teh putih atau white tea yang memiliki khasiat untuk diet kamu. Ya, hal itu karena teh putih berguna banget untuk menghambat pembentukan sel lemak dalam tubuh. Nah, bicara teh putih, teh putih Fujian dari Tiongkok kabarnya adalah yang terbaik di dunia. Berasal dari Provinsi Fujian, teh putih ini memiliki warna yang bening dan bersih. Proses pembuatannya yang unik juga membuat teh ini memiliki cita rasa yang unik pula. Pokoknya bisa bikin kamu ngiler dan ingin mencobanya, deh.

 

4. Teh Pu’erh, diolah melalui proses fermentasi

Hasil racikan the Pue’erh yang tidak hanya nikmat tapi juga berkhasiat. (Foto: Shutterstock)

Hasil racikan the Pue’erh yang tidak hanya nikmat tapi juga berkhasiat. (Foto: Shutterstock)

Masih dari Negeri Tirai Bambu, Tiongkok, ada teh yang juga dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia. Adalah teh Pu’erh, teh yang pembuatannya melalui proses fermentasi ini memiliki cita rasa yang khas. Tidak heran kalau teh ini dianggap sebagai teh premium di daerah asalnya, Yunnan. Cita rasa teh itu sendiri berasal dari proses fermentasi yang dihasilkan dari aktivitas mikroorganisme termofil dari daun teh yang dikumpulkan. Agak rumit sih, tapi terbukti menghasilkan cita rasa yang enak.

 

5. Mate Tea, berasal dari ekstrak daun pohon Mate

Teh tradisional Mate yang digemari di Amerika Latin. (Foto: Shutterstock)

Teh tradisional Mate yang digemari di Amerika Latin. (Foto: Shutterstock)

Sesuai namanya, Mate Tea berasal dari ekstrak daun pohon Mate. Pohon ini memang tumbuh di hutan hujan di Amerika Selatan seperti Argentina, Peru, Brazil, dan sekitarnya. Kabarnya, selain memiliki cita rasa yang enak dan unik, Mate Tea jga berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas tubuh dan relaksasi otot. Enak banget nih untuk kamu yang hendak beristirahat sejenak selepas beraktivitas.

Baca Juga: 5 Perkakas Black and Decker untuk Membuat Minuman

Langsung Beli Teh Terbaik di Sini

 

6. Rooibos Tea, terbuat dari tanaman khas Afrika Selatan

Teh rendah kafein, Rooibos, teh herbal paling enak di Afrika Selatan. (foto: shutterstock)

Teh rendah kafein, Rooibos, teh herbal paling enak di Afrika Selatan. (foto: shutterstock)

Jenis teh yang juga banyak digemari adalah teh merah, dan bicara soal teh merah, Afrika Selatan juga tidak kalah nih. Di negara asal Nelson Mandela ini, ada yang namanya Rooibos Tea. Teh herbal ini dibuat dari proses fermentasi daun Rooibos, sebuah tanaman khas dari Afrika Selatan. Kabarnya, teh ini mampu membuat kamu lebih fokus dan tetap sehat. Hal itu karena teh ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi, namun tetap rendah kafein.

 

7. Teh Oolong, memiliki cita rasa aftertaste yang melekat di mulut

Teh Oolong, memiliki cita rasa aftertaste yang melekat di mulut. (Foto: Shutterstock)

Teh Oolong, memiliki cita rasa aftertaste yang melekat di mulut. (Foto: Shutterstock)

Balik lagi ke Negeri Tirai Bambu, ada sebuah teh berkhasiat dan cukup familiar. Tentu kamu sudah sering mendengar nama teh oolong. Ya, teh yang satu ini memang punya banyak khasiat dan sangat populer. Tak heran bahwa teh oolong ini banyak beredar versi minuman ringannya. Yang unik dari teh ini adalah cita rasa aftertaste-nya yang melekat di mulut. Pokoknya, kamu tidak akan menemukannya di teh jenis lainnya.

 

8. Teh Maghrebi, teh yang disajikan dengan cara unik

Teh Maghrebi

Teh Maghrebi, disajikan dengan cara unik (Foto: Shutterstock)

Teh Maghrebi atau lebih dikenal dengan teh mint Maroko terkenal di dunia berkat rasa dan cara penyajiannya.

Minuman ini dianggap sebagai salah satu teh mint terenak di dunia. Cara penyajiannya pun unik. Biasanya teh ini disajikan oleh pria dan dituang dari ketinggian tertentu. Hal tersebut dilakukan agar tercipta buih di gelas teh. Uniknya lagi, dalam sekali penyajian, minuman ini dituang tiga kali. Semakin mendekati gelas terakhir, cita rasanya semakin kuat.

 

9. Teh Chai, teh campur rempah India

Teh Chai

Teh Chai, nikmat campur rempah (Foto: Shutterstock)

Nah, jika kamu berkunjung ke India, kamu bisa mencicipi minuman ini karena merupakan sajian standar di rumah-rumah India. Tehnya terbuat dari teh hitam. Namun, jadi spesial berkat tambahan beberapa tanaman herba dan rempah.

Biasanya campuran yang dipakai terdiri dari kayu manis, jahe, lada hitam, serta kapulaga. Sementara untuk pemanis, kamu bisa memilih antara susu, gula, atau bahkan madu.

 

10. Teh Earl Grey, minuman aristokrat Inggris

Teh Earl Grey

Teh Earl Grey, dengan ciri khas rasa jeruk bergamot (Foto: Shutterstock)

Bicara soal teh, tentu tidak bisa tidak menyebut teh Earl Grey. Nama teh ini diambil dari aristokrat asal Inggris, Charles Grey. 

Pada dasarnya, teh ini merupakan campuran teh hitam dan serutan dari kulit jeruk bergamot. Rasanya yang lembut dan pas di lidah membuat minuman satu ini jadi favorit banyak orang di dunia. Dalam penyajiannya, biasanya teh ini disajikan dengan susu.

Namun, penyajiannya tidak sesederhana mencampur susu. Sebelumnya kamu harus memasak teh di infuser lalu siram dengan air manis. Lalu, masukkan susu ke cangkir yang sudah dipanaskan baru kemudian tuang teh perlahan ke atas susu tadi.

sumber: [wkid/review.bukalapak.com]

picture: https://s2.bukalapak.com/uploads/content_attachment/772bdde410e8d76226b03eb5/w-744/Sencha.jpg