Tidak diterima di SBMPTN? Masih Banyak Jalan!

Tentang Artikel :

Untuk adik-adik yang mungkin sedang kecewa tidak diterima di SBMPTN, sedih adalah wajar, tetapi nelangsa jangan. Sukses dan bahagia bukan ditentukan dari diterima atau tidaknya di perguruan tinggi yang menjadi idaman.

Penulis: Vivi Alatas, Phd.

Advisor at IYKRA, Former World Bank's Lead Economist.

WAKOOL.ID-- Untuk adik-adik yang mungkin sedang kecewa tidak diterima di SBMPTN, sedih adalah wajar, tetapi nelangsa jangan. Sukses dan bahagia bukan ditentukan dari diterima atau tidaknya di perguruan tinggi yang menjadi idaman.

Sukses dan bahagia adalah sebuah proses yang kendalinya ada ditanganmu, bukan di tangan dosen, bukan karena secarik kertas ijazah. Usaha memang harus maksimal. Tekun telaten teliti adalah mesti. Menjadi pembelajar sepanjang masa hukumnya wajib. 

Masih banyak jalan dan jalanpun bisa dicipta. Salah satu jalan utama mengasah ilmu memang lewat menjadi mahasiswa. Tetapi itu bukan satu-satunya jalan. Sekarang belum diterima di SBMPTN, semangat ikuti ujian mandiri. 

Diterima PTN memang memberikan rasa kelegaan, namun itu juga bukan satu-satunya jalan. Ada banyak universitas swasta yang tak kalah bagusnya.

Kalian sungguh beruntung, hidup dijaman now, yang mau belajar apa saja bisa dan tidak dibatasi hanya dalam institusi perguruan tinggi. Kuncinya satu kenali diri, apa aktivitas / pekerjaan/ skill yang bisa menyalakan semangat didada. Apa yang bisa mendatangkan semangat untuk tekun mengasah walau terasa susah. 

Dengan mengenali diri kita bisa meramu menu sendiri apa yang ingin kita pelajari, tanpa dibatasi batasan kurikulum hanya harus belajar tentang satu disiplin ilmu, tanpa batasan kemampuan dosen dalam mengajar, tanpa batasan negara. 

Make your own program.  Kemudian jelajahi berbagai Mooc, Coursera, Edx, dan banyak lagi yang lainnya,  opencourse universitas ternama, google, learning platform , cari mentor, cari coach, cari murshid, cari teman seperjuangan. 

Kuncinya adalah telaten, grit, khusyuk, istiqamah dengan mengenali cara merayu diri agar semangat bisa dicipta. Proses mengenali diri ini bukan hanya pada saat mau lulus SMA, tetapi terus berlangsung dalam hidup sebagai pembelajar. Saya sekarang lagi sekolah lagi, dan menikmati kembali menjadi murid, menikmati indahnya proses menemukan ilmu ‘angele nek dhurung ketemu’.

Dunia sedang berubah, Ilmupun terus berkembang.  Jika kita hanya mengandalkan apa yang sudah atau yang akan didapat dari perguruan tinggi, kita pasti akan tertinggal. 

Strategi yang paling utama agar tidak tertinggal adalah mengasah kemampuan menjadi pembelajar sepanjang masa, lewat tahu cara belajar yang paling pas untuk diri kita, lewat memupuk soft skill dan executive skill agar tidak mudah menyerah , lewat critical thinking yang bisa diterapkan lintas disiplin.  

Disetiap perjalanan untuk mencapai tujuan selalu ada periode dimana kita merasa tak mampu menahan kegagalan. Sukses bukanlah tentang kemampuan menghindari kegagalan, tetapi lebih tentang kemampuan bangkit kembali dari kegagalan.

Ada satu lagu jadul, yang pasti adik-adik tidak tahu. Lagu Tegarkan Hatimu dari Jen Retno Aryani, selalu bisa bikin saya lebih bersemangat pada saat lagi suntuk abis.. Bait refnya yang masih saya ingat…

Indah jalan di depanmu
Cobalah berlari tegarkan hatimu
Citamu ku yakin tercapai
Ku yakin kau gapai
Jangan ragu
Hadapi hidup yang nyata
Semua terjadi tiada abadi
Dukamu segera berlalu
Jangan kau biarkan membelenggu.
[wkid/picture:rencanamu]


ARTIKEL TERKAIT