Aplikasi ERP Lokal, Mengapa Tidak?

Tentang Artikel :

Sistem ERP banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dalam pengelolaan sumber daya perushaaannya secara terintegrasi. Namun ketika akan memilih produk ERP yang paling tepat untuk diimplementasikan, maka banyak sekali pilihan produk yang tersedia di pasar. Baik produk global maupun lokal. Produk global umumnya sudah diimplementasikan di berbagai industri dalam berbagai skala. Namun tak sedikit pula produk lokal yang layak untuk dipertimbangkan. Jadi, produk ERP Lokal? Mengapa tidak?!


Penulis : Putri Utami Ardiani
ERP Implementer Consultant

WAKOOL.ID-- Penggunaan Aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) seringkali dipilih sebagai solusi terbaik dalam memenuhi kebutuhan data suatu perusahaan karena dapat mengintegrasikan berbagai proses bisnis dan transaksi yang terjadi tanpa adanya tambahan proses pengolahan data secara manual. Tentu hal ini akan berpengaruh positif pada efisiensi dalam hal penyediaan & analisa data.

Aplikasi ERP sudah digunakan dalam berbagai sektor perusahaan seperti manufaktur, ritel, jasa, distribusi bahkan instansi pendidikan. Modulnya pun sangat beragam, mulai dari Master Data, Distribusi, Penjualan, Produksi, Keuangan dan Akunting hingga modul-modul penunjang lainnya.

[Baca juga: Risiko Maut Implementasi ERP]

Mungkin selama ini kita sudah sangat familiar dengan Aplikasi ERP Global yang sudah digunakan oleh berbagai perusahaan multinasional terkemuka di Indonesia, namun tahukah anda bahwa banyak sekali Aplikasi ERP yang sudah dikembangkan oleh developer lokal? Mari kita lihat beberapa keunggulan Aplikasi ERP Lokal dibanding Aplikasi ERP Global yang wajib kita ketahui:

Harga yang lebih Kompetitif. Bagi perusahaan yang baru berkembang atau masih ada dalam tahap menengah, keputusan untuk mengimplementasikan ERP Global akan sangat sulit diambil, karena biasanya dibutuhkan nilai investasi yang sangat tinggi, mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah. Namun di sisi lain kebutuhan data juga menjadi prioritas bagi perusahaan, maka penggunaan ERP Lokal menjadi salah satu solusi terbaik, karena nilai investasinya yang terjangkau.Modifikasi Aplikasi yang Lebih Fleksibel. ERP Global biasanya memiliki standar tersendiri dalam modul-modulnya, namun terkadang ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan keunikan proses bisnis yang terjadi pada perusahaan. Modifikasi bisa saja dilakukan pada Aplikasi ERP Global, namun tentunya dengan konsekuensi biaya dan waktu tambahan yang cukup mahal dan lama. Tapi jika kita menggunakan ERP Lokal, modifikasi akan lebih mudah dilakukan karena hak akses source code dipegang secara penuh oleh  penyedia Aplikasi ERP Lokal.

[Baca juga: Lebih lanjut Risiko Implementasi ERP]

Baiknya pertimbangkan hal-hal tersebut secara matang sebelum memilih Aplikasi ERP yang akan digunakan, terutama jika kita memiliki keterbatasan budget dan proses bisnis yang unik, maka tidak ada salahnya jika kita mengimplementasikan Aplikasi ERP Lokal. Salah satunya SIVENSYS ERP yang sudah dikembangkan sejak tahun 2006 oleh PT. Siven Teknologi Informasi. Semoga bermanfaat. [citcomid]


ARTIKEL TERKAIT