Tangga Entrepreneur

Tentang Artikel :

Memahami level bisnis kita dengan baik, akan mendapatkan strategi yang terbaik pula. Tantangannya adalah JUJUR pada diri sendiri. Pengusaha atau istilah kerennya sekarang ENTREPRENEUR pun bertingkat-tingkat. Di level mana kita? Mari kita pahami ciri-cirinya


Penulis : Dania Setiabudi

Business Consultant

WAKOOL.ID-- Memahami level bisnis kita dengan baik, akan mendapatkan strategi yang terbaik pula. Tantangannya adalah JUJUR pada diri sendiri. Pengusaha atau istilah kerennya sekarang ENTREPRENEUR pun bertingkat-tingkat. Di level mana kita? Mari kita pahami ciri-cirinya..

Level 1. Starting/Teknisi (Buka Usaha)
Kata kunci: one man show. Tidak ada Boss, berarti tidak ada yang kerja. Tidak ada yang kerja, usaha tutup.

Di level teknisi ini biasanya entry-level/pintu masuknya pemodal kecil. Sehingga biasanya semua masih dilakukan sendiri. Jualan sendiri, online maupun offline. Klo ada produksi, produksinya pun masih sangat terbatas dan dikerjakan sendiri juga. Di level ini, masih banyak yang trial-error pasar.. Semuanya dimasuki (sporadis), yang penting jualan.

Level 2. Manager/Profiting
Di level ini, si pengusaha mulai punya karyawan atau tim. Kabar baiknya, di level ini Profit sudah mulai terkumpul. Penjualan sedang naik-naiknya. Tapi masih terus jadi pemadam kebakaran.. Jika ada masalah di satu proses/bagian, harus turun tangan sendiri.

Di level ini, karena penjualan sedang meningkat tajam, biasanya pengeluaran (pribadi) pun sering tidak terkendali. Padahal, di tahapan ini adalah kesempatan untuk mulai menabung. Menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha berikutnya.

[Baca juga: Hijrah Menjadi Entrepreneur]

Level 3. Business Owner/Systemizing
Cirinya, bisnis sudah berjalan tanpa kehadiran kita. Sudah ada orang-orang yang menggantikan posisi kita di setiap bagian. Di level ini, si Boss sudah mulai bisa jalan-jalan dengan tenang, karena tim sudah bisa meng-handle operasional sehari-hari. Profit akan TERKONTROL jika sistemasi berjalan dengan baik.

Banyak pengusaha yang tidak sabar mencapai level ini. Atau malah merasa sudah sampai level ini, padahal belum. SISTEMASI butuh effort dan waktu. Tanpa melewati level ini dengan baik, maka level berikutnya dijamin berantakan.. (Bukan doain yaa.. Hehe.. 😀😀)

Untuk naik ke level berikutnya, minimal ada beberapa Leader yang sudah bisa meng-handle operasional dengan baik, TANPA campur tangan Anda sebagai pemilik usaha. Indikator yang paling mudah adalah dengan meninggalkan (tidak ikut campur) operasional bisnis Anda selama 2-3 bulan. Jika running well, maka bisnis Anda sudah siap untuk naik ke level berikutnya.

4. Investor/Multiplying (Ekspansi Bisnis)
Di level ini, seharusnya bisnis sudah bisa ditinggal liburan 2-3 bulan. Profit yang ditabung dari level 2, seharusnya sudah bisa untuk membiayai cabang, kantor, atau bisnis yang baru. Tantangannya adalah mengembangbiakkan bisnis yang sudah berjalan atau memilih bisnis baru yang "bagus".
Multplying bukanlah hal yang mudah, tapi juga tidak sulit jika sudah siap secara sistem dan orang (karyawan). Sistem yang paling dibutuhkan adalah SOP operasional dan sistem REKRUTMEN dan TRAINING karyawan/tim baru.

Dan tentunya, yang paling mendasar adalah analisa investasi. Bisnis apa yang bagus dan termasuk pemilihan lokasi pengembangan bisnis atau kantor yang akan menghasilkan keuntungan, bukan malah menggerogoti bisnis yang sudah ada.

5. Entrepreneur/Freedom
Ini adalah level tertinggi, sehingga pengusaha yang mencapai level inilah yang disebut sebagai ENTREPRENEUR. Di level ini seorang Entrepreneur mampu "menyulap batu menjadi emas". Artinya, dengan RESOURCES yang dimiliki, seseorang mampu menyelamatkan bisnis yang colapse menjadi stabil. Otomatis, untuk menaikkan level bisnis yang berjalan normal gak perlu diragukan lagi.

Siapa yang melakukannya? Bukan lagi dia, tapi TIM-nya. Timnya sudah mampu menciptakan leader-leader baru di dalam usaha/bisnisnya. Sistem tidak tergantung pada manusia, tapi manusia yang mengoperasikan perusahaan berdasarkan sistem. Jika tidak, maka si karyawan akan "tersingkir" dengan sendirinya.

Di level tertinggi ini, sudah ada BANYAK Leader yang menjalankan bisnis kita, yang benar-benar TANPA keterlibatan pendiri/pemiliknya.

Naahh.. Di level manakah bisnis Anda? Apa impian Anda sebagai seorang "Entrepreneur"? Langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk NAIK LEVEL dan NAIK TERUS sampai ke tangga no. 5? [wkid/citcomid/picture:101red]


ARTIKEL TERKAIT