Panduan Optimalkan SEO

Pengertian SEO

WAKOOL.ID -- Search Engine Optimization atau singkatannya disebut SEO adalah sebuah teknik atau cara membuat sebuah website tampil di peringkat atas pencarian Google. SEO ini memungkinkan mesin pencari Google bisa menilai apakah website ini layak atau cocok ditayangkan di halaman pencarian Google atau tidak.

Perlu diketahui bahwa SEO tidak bisa dikerjakan hanya sekali dan dalam waktu yang singkat. SEO perlu dilakukan dan dipraktekan secara terus menerus selama website Anda masih ingin dioptimasi dan butuh waktu yang agak lama untuk melihat hasilnya. Pastikan Anda melakukan SEO dengan cara yang benar secara rutin dan dalam waktu beberapa bulan Anda pasti akan melihat hasilnya

Keuntungan SEO Untuk Situs Web

Jika diteliti lagi sebenarnya banyak manfaat SEO atau optimasi website, namun untuk saat ini Saya akan menjabarkan 5 manfaat SEO untuk website atau bisnis Anda

Meningkatkan Trafik yang Berkualitas

Nah keuntungan yang pertama ini sudah pasti akan Anda dapatkan. Jika Anda mempunyai website untuk bisnis dan website tersebut memiliki ranking cukup bagus di mesin pencari untuk kata kunci yang ber volume tinggi. Maka tentu saja website tersebut memiliki peluang cukup besar bisa dikunjungi orang banyak. Jika Anda menargetkan keyword jasa iklan Google Ads dan berada di peringkat teratas, bukan tidak mungkin orang yang mencari keyword tersebut akan menggunakan layanan Anda karena website Anda yang tampil paling atas di mesin pencari. Bagaimana? sangat menguntungkan untuk bisnis Anda bukan?

Meningkatkan Brand Bisnis Anda

Coba Anda bayangkan, apabila website bisnis Anda memiliki lebih dari 100 kata kunci yang volume pencariannya tinggi? Berapa banyak orang yang akan melihat brand Anda? Tentu sangat banyak pastinya. Hal tersebut tentu sangat berguna dan menjadi solusi untuk meningkatkan brand bisnis atau perusahaan Anda, yang mana tadinya seseorang tidak tahu bisnis Anda dan setelah melihatnya di mesin pencari akhirnya orang tersebut tahu bisnis Anda bahkan produk/layanan Anda.

Meningkatkan Penjualan

Tahukah Anda bahwa sekitar 80% orang yang berniat membeli produk/layanan akan melakukan pencarian terlebih dahulu di mesin pencari dan mengunjungi situs web tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Oleh karena itu jika website Anda memiliki SEO yang sangat kuat maka, penjualan akan jauh lebih mudah karena secara tidak langsung mesin pencari melakukan promosi untuk Anda bukan?

Panduan Optimalkan SEO

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan SEO:

Riset Kata Kunci

Untuk hal pertama yang harus Anda lakukan adalah riset kata kunci. Pastikan sebelum membuat artikel atau konten untuk halaman coba riset kata kunci terlebih dahulu. Cari kata kunci yang cocok dengan artikel atau halaman website Anda. Contohnya Anda membuat halaman VPS linux murah, maka Anda bisa coba riset kata kunci yang berhubungan di Wordtracker. Usahakan gunakan keyword 3 kata karena kebanyakan kata kunci 2 kata pasti sudah sangat tinggi kompetisinya walaupun volume pencariannya tinggi.

Buat Konten Berkualitas dan Menarik

Nah jika Anda sudah riset kata kunci untuk halaman Anda, maka langkah selanjutnya Anda buat kontennya atau tulis artikelnya dengan minimal 800 kata. Fokuskan kata kunci di 100 kata pertama artikel atau konten Anda. Anda bisa sisipkan kata kunci tersebut di heading 2, di bagian mana saja harus terlihat senatural mungkin.

Tambahkan Gambar

Anda bisa coba tambahkan gambar juga di konten atau artikel Anda. Namun sebelum mengunggahnya pastikan Anda sudah mengkompress nya menjadi ukuran yang lebih kecil, maksimal 300kb. Jangan lupa juga untuk mengganti title gambar dan alt text nya sesuai dengan kata kunci atau yang berkaitan dengan gambar tersebut.

Buat Internal dan External Link

Langkah selanjutnya yaitu coba Anda sisipkan link yang diarahkan ke website Anda sendiri, tentunya yang berhubungan dengan konten Anda. Pastikan juga anchor text nya sesuai dengan judul halamannya. Sebagai contoh, jika Anda membuat internal link ke halaman domain murah, maka anchor text tersebut harus memiliki kata-kata tersebut..

Lalu tambahkan juga link ke luar website Anda. Contoh seperti ke website WordPress, Joomla dan lain-lain.

Sisipkan Kata Kunci di Title SERP

Perlu diketahui juga, ini adalah salah satu hal yang cukup penting yaitu sisipkan kata kunci Anda di title SERP yaa. Ini adalah teknik SEO On Page yang cukup efektif jika ingin meningkatkan peringkat website Anda. Agar lebih mudah untuk memanajemen nya Saya sarankan untuk menggunakan Rank Math jika website Anda menggunakan CMS WordPress.

Sisipkan Kata Kunci di Deskripsi SERP

Buatlah meta description yang mengandung kata kunci didalamnya dan buat rangkaian kata yang membuat penasaran jika dilihat. Pastikan deskripsi Anda jangan melebihi 160 kata. Karena jika lebih dari nanti akan terpotong di mesin pencari Google.

Buat Website Anda Cepat

Pastikan juga kecepatan website Anda cepat dibawah 3 detik. Untuk mengukurnya Anda bisa cek di GTmetrik. Jika website Anda memiliki kecepatan akses dan load halaman yang sangat bagus contoh 2 detik, maka website Anda berpeluang lebih besar berada di halmaan pertama mesin pencari Google. Kenapa seperti itu? Saat ini Google lebih memprioritaskan website yang cepat untuk berada di halaman pertama search engine dengan maksud agar pengguna Google mendapatkan pengalaman yang baik saat menggunakan Google. Jadi Pastikan website Anda cepat yaa.

Buatlah Website Anda Responsif

Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu buatlah website Anda mobile friendly. Ini sangat penting karena jika website Anda tidak mobile responsive maka kemungkinan besar Google tidak menempatkan website Anda di halaman pertama mesin pencari Google. Buat lah website Anda nyaman dilihat di semua perangkat. 

 

Itulah beberapa panduan optimalkan SEO, jika Anda mengikuti panduan ini dengan benar. Kemungkinan website Anda berada di halaman pertama mesin pencari Google sangat terbuka lebar. Pastikan juga gunakan teknik yang benar dan legal yaa. Jangan pernah mencoba hal-hal yang dilarang oleh Google.

[wkid/referensi:masterweb.com]


Tentang Artikel :

Perlu kita ketahui bahwa hampir 95% pengguna internet di dunia menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Nah jika Anda mempunyai website terutama untuk kebutuhan bisnis dan website tersebut berada di peringkat teratas mesin pencari untuk keyword tertentu yang volume pencarian nya tinggi.


Download Apps