Yuk Belajar Mengelola keuangan Dari sekarang

Tentang Artikel :

Anda seringkali bingung, belum habis bulan kenapa uang tinggal sedikit? Padahal, Anda tidak merasa melakukan pembelian dalam jumlah besar. Hal ini banyak terjadi di masyarakat, di mana mereka kebingungan ke mana dihabiskannya uang yang ada, sehingga berakibat tidak cukupnya finansial hingga akhir bulan. Sebenarnya jika dilihat lebih dalam, Anda tak jarang melakukan pembelanjaan kecil namun dengan jumlah banyak. Maka dari itu, jangan remehkan pengeluaran kecil dan hati-hati dalam melakukannya Kecerobohan ini bisa terjadi, disaat tak bisa membendung keinginan, ditambah Anda sedang memegang banyak uang tunai di dompet. Jadi dengan tanpa disadari, Anda pun mengeluarkan uang tersebut untuk hal-hal kecil yang cenderung menjadikan diri boros. Maka dari itu, pada poin ke empat Anda diminta menggunakan uang digital, untuk menghindari hal-hal seperti ini.

WAKOOL.ID - Sejak dilahirkan, setiap manusia di dunia memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi orang sukses. Namun bila demikian, mengapa masih ada orang yang benar-benar menjadi sukses, sedangkan ada pula mereka yang merasakan kesulitan untuk mencapai sesuatu. Bila ditelaah, sebenarnya yang membedakan adalah kemampuan mengatur beragam hal seperti mengelola keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang sukses mampu melakukan dan menatanya dengan baik, sehingga kehidupan yang mereka idamkan juga bisa tercapai.

Nah, tapi kesuksesan finansial juga tak datang secara kebetulan. Ada usaha dan perjuangan yang harus dibayar. Maka dari itu,  jangan hanya berandai. Anda pun juga bisa mewujudkan kesuksesan mulai dari sekarang, dengan rahasia jitu dalam mengelola keuangan berikut!

1. Mulai sejak dini

Merasa terlalu muda untuk menabung dana pensiun? Atau merasa terlalu dini untuk mulai berinvestasi? 

Buang jauh-jauh pemikiran tersebut jika ingin lekas kaya. Carlos Slim Helu, pengusaha sukses asal Meksiko yang pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada 2011 mengungkapkan pentingnya mengelola keuangan sejak dini. Slim bahkan mulai berinvestasi dengan membeli saham di bank Meksiko sejak usia 12 tahun.

Hal ini penting,  karena bisa membuat pola pikir tidak hanya terbatas pada saat ini. Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, maka dari itu merencanakannya dengan baik bisa dibilang menjadi tuntutan bagi Anda yang ingin sukses. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memiliki tabungan atau berinvestasi mulai dari sekarang. Tentukan kebutuhan dan keinginan, dan berusahalah untuk tidak terus-terusan menuruti keinginan.

 

2. Keluarkan Uang Di Bawah Penghasilan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukannya adalah mengatur keuangan pribadi dan meningkatkan kemampuan menahan diri. Kenapa hal ini penting? Karena tak jarang, orang akan sulit menabung atau berinvestasi karena uang yang dimiliki tidak cukup. Seringkali, hal ini terjadi bukan karena banyaknya kebutuhan, tetapi keinginan yang selalu dipenuhi.
Memang, kebutuhan dan keinginan seringkali bias tetapi sebenarnya kedua hal tersebut sangat bertolak belakang. Kebutuhan wajib dipenuhi, sedangkan keinginan tak akan pernah ada habisnya. Orang-orang yang sulit sukses, biasanya disebabkan karena gagal mengelola keuangan karena lebih mengedepankan keinginan dibanding kebutuhan. Sebenarnya, sah-sah saja jika Anda ingin memenuhi keinginan, hal itu penting untuk mengapresiasi diri. Namun, perlu diperhatikan untuk selalu mengeluarkan uang di bawah penghasilan. Jangan lebih besar pasak daripada tiang.

3. Mengelola Keuangan Agar Terus Bertumbuh

Trik jitu lainnya dari orang sukses dalam mengelola keuangannya adalah berusaha membuat uang terus bertumbuh. Salah satu langkah yang bisa dilakukan, tak lain dan tak bukan ialah dengan berinvestasi. Memang, di Indonesia jumlah orang yang melakukan investasi masih relatif kecil. Dengan total penduduk 258 juta orang, hanya baru sekitar 0,4% masyarakat yang berinvestasi. Padahal Indonesia bisa dibilang negara yang baik untuk melakukan investasi. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya edukasi, sehingga banyak masyarakat yang takut untuk terjun berinvestasi karena tidak mau rugi.

Nah, jika Anda ingin menjadi orang  sukses, mulailah melakukan investasi. Anda bisa memulai dengan investasi yang memiliki resiko rendah, seperti pasar uang. Setelah itu, jika Anda sudah mulai lihai, cobalah melakukan investasi saham yang memiliki hasil lebih besar.

4. Menabung via auto debit

Bagi sebagian orang, menabung mungkin bukan hal yang mudah. Begitu mendapat gaji bulanan, penghasilan telah terpangkas untuk berbagai tagihan dan kebutuhan. Ditambah berbagai keinginan, serta memenuhi tawaran main di akhir pekan, bukan tak mungkin uang gajian selalu habis tak bersisa. 

Alhasil, keinginan menabung hanya menjadi rencana tiap bulan yang gagal diwujudkan. Solusinya? Lakukan secara otomatis! 

Buatlah tabungan khusus dengan sistem auto debit atau penarikan dana secara otomatis setiap bulannya. Tanggal penarikan dana dapat dijadwalkan tepat pada hari yang sama dengan hari gajian atau selambat-lambatnya H+5 gajian. 

Strategi itulah yang berhasil diterapkan oleh Grant Sabatier, founder Millennial Money. Grant bahkan berhasil mengumpulkan hingga US$ 1 juta atau sekitar Rp 14,7 miliar dalam lima tahun dengan menabung 50 persen penghasilannya melalui sistem auto debit

5. Miliki lebih dari satu sumber penghasilan

Dilansir dari Inc.com, berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Tom Corley, penulis “Rich Habits”, diketahui bahwa 65 persen miliarder memiliki tiga sumber penghasilan, 45 persen miliarder memiliki empat sumber penghasilan, dan 29 persen memiliki hingga lima atau lebih sumber penghasilan sekaligus.  

Punya lebih dari satu sumber penghasilan dapat menjaga kondisi keuangan tetap sehat. Bukan sebagai dana konsumtif ekstra, namun sebagai sumber dana tabungan dan investasi tambahan.

Hal inilah yang juga diterapkan oleh Jay Leno. Komedian asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai jutawan bukan hanya karena kariernya yang cemerlang, tapi juga strateginya dalam mengelola keuangan. 

Salah satu trik mengatur keuangan yang ia gunakan adalah memiliki lebih dari satu sumber penghasilan, tapi hanya menggunakan uang dari satu sumber penghasilan saja. Sementara uang dari sumber penghasilan yang lain, ia tabung seluruhnya. Tak tanggung-tanggung, Leno memilih sumber penghasilan terbesar untuk sumber dana tabungan

6. Jangan Remehkan Pembelanjaan Kecil

Anda seringkali bingung, belum habis bulan kenapa uang tinggal sedikit? Padahal, Anda tidak merasa melakukan pembelian dalam jumlah besar. Hal ini banyak terjadi di masyarakat, di mana mereka kebingungan ke mana dihabiskannya uang yang ada, sehingga berakibat tidak cukupnya finansial hingga akhir bulan. Sebenarnya jika dilihat lebih dalam, Anda tak jarang melakukan pembelanjaan kecil namun dengan jumlah banyak. Maka dari itu, jangan remehkan pengeluaran kecil dan hati-hati dalam melakukannya

Kecerobohan ini bisa terjadi, disaat tak bisa membendung keinginan, ditambah Anda sedang memegang banyak uang tunai di dompet. Jadi dengan tanpa disadari, Anda pun mengeluarkan uang tersebut untuk hal-hal kecil yang cenderung menjadikan diri boros. Maka dari itu, pada poin ke empat Anda diminta menggunakan uang digital, untuk menghindari hal-hal seperti ini.

Setelah tahu beberapa cara jitu untuk mengelola keuangan sekarang, saatnya Anda melakukan prakteknya secara nyata. Selamat mencoba dan semoga sukses!

[wkid]

Referensi Gobear.com