Keberhasilan Implementasi ERP

Tentang Artikel :

Apakah hal-hal yang harus diambil ketika mengimplementasikan system ERP agar dapat mencapai kesuksesan?


WAKOOL.ID-- Dibawah ini adalah hal-hal yang harus diambil ketika mengimplementasikan system ERP:

Support Dari Management

Keterlibatan langsung dari pihak Management perusahaan akan menjadi point penting dalam hal keberhasilan implementasi ERP. Mereka dibutuhkan keterlibatannya dikarenakan implementasi ERP ini akan terjadi perubahan fundamental atas perusahaan yang mereka komandoi, ketika ada hal yang menjadi bottle neck yang dilevel bawah tidak bisa diambil keputusan maka Mangement lah yang harus segera mengambil keputusan yang terbaiknya.

[Baca juga: Risiko Maut Implementasi ERP]

Kemudian ketika terjadi hambatan apabila ada pihak-pihak yang tidak mau berubah atas apa yang sudah biasa mereka lakukan, entah karena sudah ada dalam zona nyaman, atau karena ada kepentingan mereka yang terganggu, maka pihak management pulalah yang bisa melakukan peneguran atas pihak-pihak tersebut.

Lari Marathon

Nafas harus panjang, konsistensi dan fokus sangat diperlukan, dikarekanan implementasi system ERP adalah sebuah lari marathon / lari jarak jauh bukan lari sprint / lari jarak pendek. Waktu, tenaga dan pikiran harus di alokasikan oleh semua pihak yang terkait dalam implementasi ERP ini.

Kendala yang terjadi biasanya sebagian user memiliki acara meeting yang lain sehingga jadwal menjadi bentrok, ada agenda audit internal, audit external sehingga timeline yang sudah disusun menjadi molor dari yang seharusnya.

[Baca juga: Lebih Lanjut Risiko Maut Implementasi ERP]
Kendala lainnya adalah pergantian team impelementasi ERP dikarenakan perpindahan posisi ke departement yang lain atau resign dari perusahaan, padahal training sudah dilakukan, materi yang sudah disampaikan cukup banyak, dengan adanya kendala ini maka harus dilakukan training ulang terhadap user tersebut.

Open Minded

Bisnis Proses yang sedang berjalan (as-is) belum tentu adalah yang terbaik, oleh karena itu terbuka atas hal baru sangat diperlukan oleh perusahaan. 

Implementasi ERP adalah saat dimana perbaikan-perbaikan bisnis proses dilakukan, apa yang sudah jalan tetapi belum baik maka itu diperbaiki, atas apa yang sudah berjalan dengan baik maka itu tetap dijalankan seperti biasa.
Sehingga point dari hal ini adalah terbuka dan menerima atas hal-hal yang baru.

Jalankan Bispro Standard

Sistem ERP adalah sebuah sistem yang sudah memiliki aturan, standarisasi yang jelas tetapi tetap memiliki configurasi yang sangat banyak sehingga tinggal mencari formula mana yang cocok untuk diterapkan di perusahaan.

[Baca juga: Yakinkan Saya ERP Memang Bernilai]

Oleh karena itu implementasikan ERP dengan bispro yang sudah ada tersebut, untuk proses custom dan improvement sistem dilakukan belakangan, terkecuali terdapat suatu bisnis proses yang unik atas perusahaan tersebut yang mana apabila hal itu tidak ada maka akan mengganggu keberlangsungan dari operasional perusahaan, maka customisasi tersebut sifatnya menjadi wajib dilakukan di awal.

Kesalahan yang terjadi adalah ketika melakukan kustomisasi, improvement di awal sehingga menyebabkan go-live sistem menjadi lama, padahal apabila hal tersebutpun tidak ada sebetulnya tidak menyebabkan operasional perusahaan terhenti. [wkid/citcom.id]

Penulis : Syssetiadi

CEO PT Siven Teknologi Informasi


ARTIKEL TERKAIT