Menabung Emas itu Harus!

Tentang Artikel :

Tabungan Jangka Panjang, Emas atau Uang?

WAKOOL.ID-- Menabung Emas itu Harus!

 

Menabung untuk sebuah tujuan. Bukan menumpuk-numpuk emas. Saya mulai tergerak hati menabung logam mulia (sebelumnya suka dibelikan perhiasan, dan akhirnya mending LM aja) ketika bergabung dengan Masyarakat Tanpa Riba. Awalnya niat saya mengumpulkan LM selain buat hadiah juga pengen banget kelak digunakan untuk membeli sebidang tanah dan membangun rumah multi fungsi di atasnya. 

 

Desember 2019 niat saya berubah. Menabung LM untuk memberangkatkan mama papa mertua ke tanah suci. 

 

Januari, saya menjual beberapa untuk biaya umroh mertua dan paman. Seharusnya mereka berangkat 5 Maret dan 17 Maret ini 2020. Tapi yaa, lagi-lagi ini pasti yang terbaik. Semoga mertua dan paman bisa berangkat secepatnya. 

 

Kembali ke persoalan nabung emas. Ada beberapa teman bertanya, bolehkah menabung cicilan emas di bank syariah? Jawabannya jelas tidak. Emas adalah salah satu barang ribawi. Belilah saat ada uangnya, cash, hand on hand. Bagaimana dengan emas virtual? Ah, apalagi itu. Emas itu dimiliki fisiknya, bukan virtualnya. Arisan? Ish, gak boleh. 

 

Bagaimana kalo investasinya bukan nabung uang? Beli tanah kan lebih menguntungkan ... ya, kalau ada duitnya jebret memang lebih enak beli tanah. Nilainya suka naik tak kira-kira apalagi kalau tempatnya strategis. Cuma ... beli tanahnya juga jangan ngutang (yang berbunga). 

 

Ya udah kalo gitu nabung uang dulu aja, baru beliin tanah kalau udah cukup, katanya lagi. 

 

Yakin mo nabung uang? Nilai 1 juta saat ini, bisa jadi tak berarti saat 5 tahun yang akan datang. Sedang 1g emas saat ini, bisa jadi nilainya naik berlipat-lipat 5 tahun mendatang. Udah deh, gak usah kebanyakan mikir. Ngumpulin gram logam mulia sedikit demi sedikit, lebih terjamin daripada ngumpulin rupiah sedikit demi sedikit itu. 

 

Seandainya saja saya bisa memulainya lebih dulu, dahulu ... ah, tapi gak usah berandai-andai. Mulai sekarang bila sudah cukup segram, akan segera saya belikan logam mulia. Saya niatkan untuk membeli sebidang tanah seluas lebih dari sehektar kelak. :D

 

Kamu mau nabung emas untuk apa? [wkid]