Jenis Ikan Cupang yang sedang Trend di Masa Pandemi ini

WAKOOL.ID - Tren memelihara ikan hias telah menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu dan menyegarkan pikiran selama work from home karena pandemi COVID-19 ini. Banyak jenis ikan hias yang dapat menjadi pilihan. Salah satu ikan yang menjadi buruan para hobiist ikan hias adalah jenis ikan cupang hias.

Ikan hias yang memiliki nama latin Betta Splendens ini memang memiliki bentuk yang sangat cantik, apalagi jika dikombinasikan dengan aquascape yang indah sebagai latarnya. Kami akan Sebutkan 10 jenis ikan cupang paling Unik yang dijamin akan bikin kamu terpesona!

Ikan cupang atau Betta SP merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang habitat aslinya adalah bebrapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Jenis ikan cupang ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di Indonesia, terdapat cupang asli salah satunya jenis betta channoides yang bisa ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Di kalangan para penggemar, ikan cupang biasa umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan cupang ini ada yang dikenal dengan mouth breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut serta ada juga yang membangun sarangnya dengan busa atau bublie nest.

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama, sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara dan aerator, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Oleh sebab itu, hal inilah yang menjadi alasan ikan cupang banyak sekali digemari dan dipelihara oleh banyak kalangan.

Jenis ikan cupang juga sangat beragam macamnya dan memiliki harga yang variatif. Mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Untuk mengetahui secara rinci, berikut jenis ikan cupang yang cocok dipelihara yang dilansir dari Liputan6.com

kan cupang yang disilangkan akan menunjukkan karakter tersendiri. Bentuk ekor dan sirip cupang dapat digolongkan menjadi lima jenis berikut.

Tren memelihara ikan hias telah menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu dan menyegarkan pikiran selama work from home karena pandemi COVID-19 ini. Banyak jenis ikan hias yang dapat menjadi pilihan. Salah satu ikan yang menjadi buruan para hobiist ikan hias adalah jenis ikan cupang hias.

Ikan hias yang memiliki nama latin Betta Splendens ini memang memiliki bentuk yang sangat cantik, apalagi jika dikombinasikan dengan aquascape yang indah sebagai latarnya. Kali ini Bob akan menunjukan 10 jenis ikan cupang paling unik yang dijamin akan bikin kamu terpesona!

Buat kamu yang baru memulai hobi ini, Bob juga akan memberikan guide terkait istilah-istilah yang sering digunakan dalam hobi memelihara ikan cupang. Yang pertama adalah motif warna dari ikan cupang. Berikut ini Bob rangkumkan motif warna dari ikan cupang:

  • Bi-Color / Dua warna: Ikan cupang dengan motif ini memiliki dua warna yang berbeda. Satu warna pada tubuh dan satu warna lagi pada siripnya.
  • Koi: Jenis ikan cupang dengan motif warna koi memiliki pola dan warna layaknya ikan koi.
  • Solid: Seperti namanya, ikan cupang dengan motif ini hanya memiliki satu warna di seluruh tubuhnya.
  • Butterfly / Kupu-Kupu: Ikan cupang yang satu ini dapat memiliki dua hingga tiga warna pada tubuhnya dan warna lainnya pada ekor atau siripnya biasanya berwarna putih atau transparan.
  • Dragonscale / Sisik Naga: Ikan cupang ini memiliki profil sisik yang tegas biasanya. Sisik tersebut biasanya memiliki garis hitam diujungnya serta tubuhnya berwarna metalik.
  • Dalmatian: Ikan cupang ini memiliki bercak-bercak berwarna hitam atau merah pada tubuhnya dengan warna dasar putih.
  • Marble: Ikan cupang dengan motif ini memiliki bercak-bercak putih di seluruh bagian tubuh dan siripnya.
  • Full Mask / Topeng: Ikan cupang dengan motif warna ini memiliki wajah yang berwarna hitam dan tubuh dengan aneka warna.
  • Piebald: Mirip dengan motif Full Mask, jenis ikan cupang dengan motif ini memiliki tubuh dan sirip dengan aneka warna. Akan tetapi, ikan cupang dengan motif Piebald memiliki wajah yang berwarna putih.
  • Grizzle: Memiliki dua atau lebih warna yang terkesan bercampur.

Nah itu dia sekilas mengenai motif warna ikan cupang. Selanjutnya kita akan bahas jenis-jenis ikan cupang yang cantik dan paling unik versi Bob yaa!

1. Halfmoon

Ciri khas dari ikan cupang Halfmoon adalah ekornya yang berbentuk setengah lingkaran bagaikan fase bulan paruh. Sirip punggung dari jenis ikan cupang ini juga biasanya cukup besar dan memiliki bentuk yang cenderung melingkar. Sementara itu, bentuk sirip bawah dari jenis ikan cupang Halfmoon bagaikan tirai yang membentang di bawah perut ikan ini. Ikan cupang Halfmoon merupakan jenis ikan cupang yang cukup umum dan dapat kamu temui di pet shop atau penjual ikan cupang. Walaupun begitu, Bob sudah menemukan ikan-ikan cupang Halfmoon dengan tekstur warna dan pola yang sangat unik. Yuk kita lihat sama-sama!

 

2. Crowntail

 

Jenis ikan cupang Crowntail merupakan Ikan cupang yang bisa dibilang eksotis dan elegan. Kamu dapat dengan mudah melihat sirip dan ekornya yang terbelah-belah bagaikan mahkota. Bentuk sirip dan ekor yang menyerupai mahkota tersebut akan tampak sangat megah saat ikan ini mengembangkan sirip dan ekornya saat berenang. Kamu bisa melihat keindahan dan kemegahan dari jenis ikan cupang Crowntail pada ikan-ikan cupang dibawah ini.

 

3. Double Tail

 

Jenis ikan cupang Double Tail termasuk Ikan cupang dengan bentuk yang paling unik. Kamu dapat melihat bentuk ekornya yang terbelah menjadi dua. Posisi belahan ekornya pun tepat berada di tengah. Ekor yang terbelah tersebut merupakan hasil dari mutasi genetik yang mungikin terjadi pada tiap ikan cupang. Maka dari itu jenis ikan cupang Double Tail dapat memiliki bentuk sirip dan ujung ekor yang beraneka ragam. Yuk kita simak keunikan cupang Double Tail ini!

 

4. Over Halfmoon

 

Jenis ikan cupang yang satu ini memang sangat mirip dengan jenis Halfmoon. Ikan cupang Over Halfmoon juga memiliki bentuk ekor yang mirip dengan jenis Halfmoon tetapi ekornya dapat dibentangkan hingga melebihi setengah lingkaran. Yuk tengok keindahan jenis cupang Over Halfmoon!

 

5. Plakat

 

Ikan cupang Plakat adalah salah satu jenis ikan cupang liar. Ikan cupang ini banyak di kembangbiakan di Asia Tenggara, dan sering kali menjadi cupang adu dibanding dijadikan ikan hias. Hal tersebut dikarenakan sifat ikan cupang Plakat yang agresif dan memiliki tendensi untuk meloncat keluar dari air. Secara fisik jenis ikan cupang ini memiliki sirip dan ekor yang lebih kecil, serta memiliki badan yang lebih besar dan kuat dari jenis ikan cupang lainnya. Tetapi bukan berarti jenis ikan cupang ini tidak memiliki bentuk yang indah.

 

6. Spade Tail

 

Ikan cupang Spade Tail memiliki ciri khas bentuk ekor yang menyerupai sekop. Jenis ikan cupang ini merupakan jenis yang cukup langka. Unsur elegan pada jenis ikan cupang ini sangat menonjol di bagian ekornya yang melancip.

via Franks_Bettas

7. Veil Tail

 

Ikan cupang ini memiliki sirip dan ekor yang menjuntai dan lebar. Ikan cupang ini adalah jenis ikan cupang yang paling umum di kembang biakan oleh para breeder ikan cupang. Jenis ikan cupang Veil Tail yang unik adalah yang memiliki kombinasi motif warna Marble dan Koi.

 

8. Dumbo

 

Ikan cupang Dumbo memiliki sirip samping yang lebar bahkan bisa mencapai 5 kali lebih besar bila dibandingkan dengan jenis ikan cupang lainnya. Bentuk sirips samping dari ikan cupang ini juga biasanya memiliki tekstur yang bergerigi. Dengan sirip samping yang lebar, ikan cupang Dumbo berenang bagaikan penari kipas yang berlenggok di dalam akuarium!

 

9. Halfmoon Plakat

 

Ikan cupang ini memiliki karakteristik campuran dari jenis Plakat dan Halfmoon. Dengan bentuk badan yang besar dan kokoh tetapi memiliki bentuk ekor yang melingkar hanya saja tidak selebar ekor Halfmoon. Bentuk ekor ikan cupang ini akan menyerupai huruf kapital “D”.

 

10. Half Sun

 

 

Ikan cupang jenis Half Sun merupakan hasil dari perkawinan silang antara jenis ikan cupang Half Moon dan Crowntail. Ikan cupang Half Sun memiliki bentuk ekor yang menyerupai jenis Halfmoon hanya saja pada ujung ekor dan siripnya terdapat belahan-belahan yang menyerupai mahkota. Bentuk sirip dan ekor tersebut sangat mirip dengan matahari.

 

Bingung mencari jenis-jenis ikan cupang yang unik seperti diatas? Kamu dapat mencari ikan cupang yang unik di media sosial bahkan situs-situs lelang yang khusus untuk ikan cupang dengan bentuk yang sangat unik! Salah satunya adalah pada channel YouTube Fishkinian offcial

 

Sumber : [wkid]

- Liputan6.com

https://www.pertanianku.com/5-jenis-ikan-cupang-populer-berdasarkan-bentuknya/

- Bobobox.com

Video : Youtube


Tentang Artikel :

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama, sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara dan aerator, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Oleh sebab itu, hal inilah yang menjadi alasan ikan cupang banyak sekali digemari dan dipelihara oleh banyak kalangan.


Download Apps