Brokoli, SI Hijau Dengan Kaya Manfaat untuk Tubuh Kita

WAKOOL.ID - Brokoli berasal dari keluarga kubis dan dikategorikan sebagai tanaman hijau yang dapat dimakan, juga dikenal sebagai sayuran hangat dan lezat yang kaya dengan puluhan nutrisi dari setiap sayuran. Maka dari itu, ia dijuluku sebagai superfood! 

Brokoli hijau sudah lama dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya manfaat. Manfaat brokoli hijau ini tak lain berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat beragam. Kendati rasanya tidak disukai oleh sebagian orang, namun brokoli hijau dianjurkan untuk tetap rutin dikonsumsi sebagai bagian dari menu harian Anda. Hampir setiap pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang memasukkan brokoli sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau diolah menjadi masakan, seperti tumisan atau campuran sup.

Brokoli mengandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Serat.
  • Protein.
  • Karbohidrat kompleks.
  • Air.
  • Mineral kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc, serta zat besi.
  • Beragam jenis vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Namun, apakah kamu tahu bahwa brokoli juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan imun? Nah, simak daftar khasiat brokoli berikut ini!

1. Menurunkan Risiko Kanker

cancer

Brokoli mampu melawan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan sayuran lain seperti kembang kol, kubis Brussel dan kubis. Brokoli juga mengandung khasiat yang menghabiskan estrogen yang biasanya menyebabkan kanker dalam tubuh.

Selain itu, brokoli juga mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu mencegah jenis kerusakan sel yang menyebabkan kanker. Salah satunya adalah sulforaphane, yang merupakan senyawa yang mengandung belerang yang memberikan sayuran pahit gigitan pahit pada mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa brokoli sangat cocok untuk mencegah kanker seperti kanker payudara dan rahim.

2. Memperkuat Tulang

                                                          Sumber Gambar: The Hello Doctor Medical Blog

 

Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K tingkat tinggi dan keduanya penting bagi kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis.

Vitamin K berperan dalam pembekuan darah, tetapi beberapa ahli juga mengatakan bahwa vitamin K dapat membantu mencegah atau mengobati osteoporosis.

Orang dengan kadar vitamin K rendah mungkin lebih mungkin mengalami masalah dengan pembentukan tulang. Mengonsumsi banyak vitamin K dari diet dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Selain kalsium, brokoli juga penuh dengan nutrisi lain seperti magnesium, seng dan fosfor. Karena komponen ini, brokoli sangat cocok untuk anak-anak, orang tua dan ibu menyusui. Kalsium dan kolagen bekerja sama untuk menghasilkan tulang yang kuat.

Lebih dari 99% kalsium tubuh ada di tulang dan gigi. Tubuh juga membutuhkan vitamin C untuk menghasilkan kolagen. Keduanya hadir dalam brokoli.

 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat brokoli kesehatan imun

                                       Sumber Gambar: Health Essentials – Cleveland Clinic

Vitamin C adalah antioksidan yang memberikan berbagai manfaat yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mencegah kanker, penyakit kardiovaskular (CVD), katarak, dan anemia.

Dalam bentuk suplemen, vitamin C juga dapat membantu mengurangi gejala pilek dan mempersingkat waktu pilek.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

imun tubuh

Kandungan vitamin C  dan antioksidan lain di dalam brokoli hijau juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem imunitas tubuh yang kuat dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi.

5. Menyehatkan Kulit

Sumber Gambar: Pink And Blue Cosmetics

Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, yang merupakan sistem pendukung utama untuk sel dan organ tubuh, termasuk kulit. Sebagai antioksidan, vitamin C juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit, termasuk keriput akibat penuaan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat berperan dalam mencegah atau mengobati kondisi kulit seperti herpes zoster dan kanker kulit.

6. Baik untuk Program Diet

manfaat brokoli diet

                                                                                              Sumber Gambar: Don’t Change Much

Brokoli adalah karbohidrat yang baik dan kaya serat, yang membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan mengurangi nafsu makan berlebihan.

Brokoli juga bagus untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat. Selain itu, brokoli juga mengandung protein, sehingga cocok untuk vegetarian yang tidak dapat memenuhi kebutuhan proteinnya.

 

7. Mendukung Fungsi Otak

manfaat brokoli meningkatkan pusing otak

                                                                                    Sumber Gambar: The Week

Brokoli mengandung berbagai nutrisi, salah satunya adalah kaempferol yang membantu memperlambat degradasi mental dan mendukung otak yang sehat.

Nutrisi ini telah terbukti mengurangi peradangan pada otak dan mencegah kerusakan permanen otak jika terjadi stroke.

Selain sulforaphane, komponen yang ditemukan dalam brokoli telah terbukti mendukung fungsi otak yang sehat.

 

8. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat brokoli kesehatan jantung

                                                    Sumber Gambar: Harvard Health – Harvard University

Brokoli sangat bagus untuk kesehatan jantung karena mengandung serat, asam lemak dan vitamin yang membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Ini juga membantu mengurangi kolesterol jahat, sehingga mengarah ke jantung yang sehat. Brokoli membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan juga.

Sifat anti-inflamasi dari sulforaphane, salah satunya isothiocyanate (ITC) dalam brokoli, dapat mencegah (atau bahkan membalikkan) beberapa kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang dapat disebabkan oleh peradangan karena gula darah kronis masalah.

 

9. Mencegah Penuaan Dini

penuaan dini

Karena brokoli diperkaya dengan vitamin C yang memiliki banyak sifat antioksidan, brokoli sangat bagus untuk anti-penuaan. Ini karena antioksidan membantu melawan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penuaan.

Radikal bebas ini sering merusak kulit. Makan brokoli secara teratur membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, masalah kulit seperti jerawat dan bahkan pigmentasi.

10. Mencegah Sembelit

Serat dan air yang terkandung di dalam brokoli hijau juga bermanfaat untuk merangsang gerakan usus dan memperlancar pencernaan. Oleh karena itu, brokoli hijau baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit.

11. Menjaga Kesehatan Kehamilan

Memiliki kehamilan yang sehat dan persalinan yang aman dari bayi yang sehat adalah salah satu kegembiraan dari setiap orang tua di dunia ini.

Orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya dan otak bayi yang berkembang baik dengan kecerdasan adalah salah satu aspek yang bisa dibanggakan. Banyaknya nutrisi dalam brokoli menambah proses kehamilan yang memastikan kesehatan bagi anak dan ibu.

Vitamin C dan vitamin K memperkuat tulang ibu dan folat bertanggung jawab atas perkembangan otak anak.

12. Mendukung Kesehatan Mata

Lutein adalah zat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata. Kadar lutein dalam brokoli hampir sama dengan kadar lutein dalam wortel, sama sama mengandung lutein yang tinggi.

Sehingga kita bisa mengganti wortel dengan brokoli untuk membantu melindungi dari degenerasi makula (kondisi yang mengaburkan penglihatan sentral) dan katarak.

Brokoli juga mengandung beta-karoten, vitamin A, fosfor, B kompleks, vitamin C dan vitamin E. Semua nutrisi ini sangat bagus untuk perbaikan kerusakan karena radiasi berbahaya karena penggunaan ponsel atau terlalu sering berada di depan layar.

13. Menurunkan Kolesterol

 

Seperti banyak makanan, brokoli dikemas dengan serat larut yang mengeluarkan kolesterol dari tubuh kita. Ini dikarenakan serat dalam brokoli membantu mengikat dengan asam empedu di saluran pencernaan.

Ini membuat pengeluaran kolesterol keluar dari tubuh kita menjadi mudah. Menurut sebuah penelitian oleh Institute of Food Research, varietas brokoli tertentu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL darah hingga 6 persen!

Nah, ternyata brokoli mempunyai banyak manfaat juga kan,Jangan lupa untuk sering konsumsi brokoli untuk kesehatan

 

sumber: wkid/alodokter.com/tokopedia


Tentang Artikel :

Brokoli hijau sudah lama dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya manfaat. Manfaat brokoli hijau ini tak lain berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat beragam. Kendati rasanya tidak disukai oleh sebagian orang, namun brokoli hijau dianjurkan untuk tetap rutin dikonsumsi sebagai bagian dari menu harian Anda. Hampir setiap pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang memasukkan brokoli sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau diolah menjadi masakan, seperti tumisan atau campuran sup.


Download Apps