Cek Manfaat Cuka Apel Bagi Tubuh sssstt, untuk Kurus Kan Badan Salah Satunya, Yuk Simak

WAKOOL.ID - Apa Itu Cuka Apel? Cuka sari apel atau cuka apel adalah cairan yang dibuat dengan cara menghaluskan apel dan memeras cairannya. Setelah cairan apel didapat, kemudian bakteri dan ragi akan ditambahkan ke dalam cairan guna memulai proses fermentasi alkohol.Selain ragi, gula juga ditambahkan ke dalam cairan apel untuk diubah menjadi alkohol. Pada proses fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat. Meski kandungan vitamin dan mineralnya tidak banyak, kandungan cuka apel berupa antioksidan, asam amino, dan potasium, nyatanya sangat berguna bagi tubuh.  Manfaat cuka apel untuk wajah sudah semakin dikenal dan sudah banyak yang membuktikan hasil baiknya. Tak heran, semakin banyak orang yang penasaran dan ikut menggunakan perawatan wajah dengan menggunakan cuka apel. 

Cuka apel terbuat dari cairan yang keluar dari hasil penghancuran dan remasan apel, yang kemudian ditambahkan bakteri dan jamur hingga terfermentasi. Proses ini mengubah gula dan pemanis dalam apel menjadi alkohol. Proses fermentasi kedua mengubah alkohol menjadi cuka.

Manfaat cuka apel untuk wajah didapat karena mengandung enzim, bakteri, pectin, dan mineral yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Berikut manfaat cuka apel untuk wajah dan cara menggunakannya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber,

 

     1. Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Kadar gula darah yang kelewat tinggi atau dikenal dengan istilah diabetes dapat memicu berbagai penyakit. Mulai dari serangan jantung, gagal ginjal, stroke, dan kebutaan. Maka, manfaat cuka apel dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula dalam darah setelah makan. Waktu terbaik bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi cuka apel adalah sebelum makan, yakni dengan cara mencampurkan cuka apel sebanyak 2 sendok teh dengan air

     2. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi 2-4 sendok makan campuran cuka apel dan air setiap hari akan mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga membantu seseorang untuk makan lebih sedikit kalori. Dengan demikian, timbunan lemak di perut akan lebih cepat hilang dengan mengonsumsi cuka apel.

     3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari cuka apel adalah menurunkan kadar lemak (lipid). Dengan menurunkan kadar lipid, berarti juga salah satu langkah mencegah penyakit jantung yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi (impotensi) pada pria.

Sebuah studi telah membuktikan bahwa cuka apel mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida pada objek tikus. Hal tersebut juga terjadi pada manusia karena cuka apel mengandung antioksidan asam chlorogenic yang terbukti dapat menjaga kandungan kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi. Proses tersebut sangat penting karena dapat menghindari penyakit jantung.

    4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat cuka apel lainnya yaitu dapat menstabilkan tekanan darah yang dapat melancarkan peredaran darah. Khasiat tersebut tidak hanya didapatkan dari buah apel, tetapi terdapat juga dalam cuka apel walaupun telah mendapat fermentasi.

    5. Penyakit Rematik

Manfaat cuka apel yang lain yaitu meredakan penyakit rematik. Masalah persendian biasanya terjadi karena endapan zat asam di sekitar sendi, sehingga menggangu kekuatan tulang. Kandungan magnesium pada cuka apel mempunyai fungsi sebagai perekat yang dapat melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh yang juga dapat melawan gejala penyakit osteoporosis atau tulang rapuh

    6. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Mengatasi sakit tenggorokan adalah salah satu manfaat cuka apel. Cuka apel dapat membantu mencegah infeksi sekaligus menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat. Hal tersebut karena sebagian besar kuman tidak dapat hidup di lingkungan yang asam seperti pada kandungan cuka apel.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mencampur seperempat cangkir cuka apel lalu dicampurkan dengan seperempat cangkir air hangat. Kemudian, campuran tersebut digunakan untuk kumur-kumur setiap beberapa jam.

     7. Mengatasi Diare

Cuka apel juga dapat digunakan untuk mengatasi diare. Cuka apel dapat menghasilkan senyawa pektin yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Hal tersebut sangat baik untuk pencernaan, karena dapat melancarkan saluran cerna juga mencegah peradangan pada organ pencernaan.

Sebuah penelitian juga menemukan cuka apel adalah antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri E.coli dan juga Salmonella. Bakteri-bakteri yang menjadi penyebab utama diare dan keracunan makanan. Juga dikatakan bahwa cuka apel dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga memberikan waktu untuk feses mengeras sebelum dikeluarkan dari tubuh

     8. Mengontrol insulin

Masih bagi penderita diabetes, cuka apel dapat membantu mengontrol kadar insulin. Tubuh membutuhkan hormon ini untuk mengubah glukosa dari makanan menjadi energi.Namun, kadar insulin yang kelewat tinggi akan membuat tubuh tidak lagi sensitif terhadap insulin. Kondisi ini disebut resistensi insulin sehingga memicu penyakit diabetes tipe 2.

    9. Membunuh kuman pada makanan

Cuka apel dapat membuat makanan lebih higienis. Kandungan asam asetat yang banyak terkandung di dalamnya, dibandingkan jenis cuka lainnya, dapat mematikan kuman berbahaya atau mencegahnya berkembang biak. Cuka apel paling cocok dikonsumsi bersama makanan sayur-sayuran mentah, seperti lalapan dan salad.

    10. Memutihkan Gigi

Berkumur dengan cuka apel dapat membuat gigi lebih putih. Namun, pada banyak orang, asam asetat dalam cuka apel yang bersifat korosif, bisa mengikis lapisan terluar gigi (enamel), yang berfungsi sebagai pelindung gigi. Terutama jika Anda berkumur atau mengonsumsi cuka apel tak lama dari waktu menggosok gigi. Sebaiknya, beri jarak sedikitnya 30 menit untuk mengonsumsi maupun berkumur dengan cuka apel, dan menyikat gigi. Jika gigi berubah warna dan menjadi ngilu, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter gigi.

    11. Melindungi sel-sel tubuh

Apa persamaan buah-buahan, sayur-sayuran, wine, kopi, dan cokelat? Semuanya sama-sama mengandung antioksidan, pelindung sel dari penyakit dan penyebab kanker berupa polifenol.Cuka apel juga mengandung polifenol. Meski belum ada studi yang menyebutkan manfaat polifenol dalam cuka apel, manfaat cuka apel ini dianggap bisa memberi perlindungan terhadap sel.

 

sumber; wkid/liputan6.com



Tentang Artikel :

Apa Itu Cuka Apel? Cuka sari apel atau cuka apel adalah cairan yang dibuat dengan cara menghaluskan apel dan memeras cairannya. Cuka Apel Sangat Banyak Khasiat nya untuk tubuh KIta, salah satu nya untuk turunkan Berat Badan Yuk Simak manfaat Cuka Apel di artikel Wakool Berikut dan Ada Tips cara Mengunakan nya juga.


Download Apps