Tanda Kamu Lelah Hati, Yuk simak Apa saja itu

WAKOOL.ID - Kelelahan emosional dapat muncul ketika seseorang mengalami masa stres yang berlebihan dalam pekerjaan atau kehidupan pribadinya.
Ketika orang mengalami kelelahan emosional, itu dapat membuat mereka merasa terkuras secara emosional, kewalahan, dan lelah. Perasaan ini cenderung menumpuk dalam waktu lama, meskipun orang mungkin tidak memperhatikan tanda peringatan dini.
Ini dapat berdampak signifikan pada kehidupan sehari-hari, hubungan, dan perilaku seseorang. Kondisi ini dapat terjadi jika kamu sedang merasa lelah hati, apalagi jika ditambah dengan situasi yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Alhasil, perasaan akan menjadi lebih lelah, bahkan bisa merusak relasimu dengan orang lain.

Beikut tanda-tanda kamu sedang lelah hati :

1. Masalah tidur

Selama masa stres dalam hidup, mempertahankan pola tidur yang teratur bisa jadi merupakan tantangan.
Orang dengan kelelahan emosional juga merasa lelah secara fisik dan mungkin mengalami kesulitan untuk tertidur atau tertidur di malam hari. Jika tidak, mereka mungkin ketiduran di pagi hari.
Suasana hati yang rendah dan kabut otak dapat membuat Anda sulit bangun dari tempat tidur di pagi hari atau melewati hari.

2. Kamu jadi gampang tersingung dan kesal karena hal-hal yang bahkan sederhana

Di hari-harimu, belakangan emosimu mudah sekali tersulut. Hal-hal kecil yang kamu dengar dan kamu lihat, begitu cepat membuatmu tersinggung dan berpikir negatif terhadap segala hal. Temanmu pergi makan siang sendirian, membuatmu merasa ditinggalkan. Padahal mungkin kamu sedang sibuk dan temanmu tidak enak mengganggu.ataupun bekerja di sebuah team sedang beradu pendapat tetapi pendapatmu tidak sesuai dengan keinginanmu merasa kalau temanmu tidak suka padamu dan serta merasa temenmu  tidak bisa bekerja sama bersama team  Intinya, emosimu mudah sekali tersulut, termasuk dengan hal-hal sederhana yang mungkin sebelumnya biasa saja.

3. Timbul rasa sedih Hal-hal paling sederhana pun bisa membuatmu menangis

Tanda-tanda lelah hati yang seringkali terjadi adalah kamu merasa sedih hingga menangis pada hal-hal yang sifatnya sepele atau sederhana, yang mungkin kamu sebenarnya hanya melebih-lebihkan apa yang dipikirkan. 

Kadang dengan istirahat juga tidak cukup untuk menyelesaikan lelah hati, namun hal yang kamu bisa lakukan saat ini adalah melakukan hal-hal yang kamu sukai. 

Coba untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuhmu, kemudian jika sudah kembali fit kamu bisa pelan-pelan menceritakan pada orang lain dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalahmu.

4. Kamu benci dengan situasi yang kamu hadapi saat ini, tapi kamu merasa tak bisa melakukan apa-apa untuk keluar dari sana

Kadangkala ada rasa benci yang bergelanyut dalam dirimu. Kamu membenci situasi yang kamu hadapi saat ini. Setiap sel dalam tubuhmu seolah memberontak dan berteriak karena tidak mau mengalami situasi yang sama lagi esok-esok hari. Namun, kamu juga tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk keluar dari situasi yang menjemukan itu. Kalaupun ada, kamu tidak benar-berani mengambilnya.

5. Perubahan fisik

Masalah emosional dapat memanifestasikan dirinya secara fisik, termasuk:

  • perubahan nafsu makan
  • masalah pencernaan
  • sakit kepala
  • penurunan atau kenaikan berat badan

6. Efek pada pekerjaan dan hubungan pribadi

Perubahan fisik, emosional, dan kognitif dapat memengaruhi hubungan seseorang, dan kemampuannya untuk berfungsi di rumah dan tempat kerja, seperti:

  • kurang kemampuan untuk terhubung dengan orang lain pada tingkat pribadi atau emosional
  • peningkatan tingkat ketidakhadiran dari pekerjaan
  • kurangnya antusiasme dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi
  • tingkat percaya diri yang rendah
  • melewati tenggat waktu
  • prestasi kerja yang buruk
  • penarikan sosial dari orang lain

Yang bisa lelah itu bukan hanya tubuh, tetapi juga hati. Biasanya hati punya mekanisme sendiri untuk menyampaikan pesan bahwa dia kelelahan. Tapi seringnya pesan itu tidak dipahami, atau memang sengaja diabaikan. Padahal bila lelah hati ini diabaikan lebih lama, lama-lama akan merembet ke tubuh fisik juga.

Yuk, coba berkomunikasi lebih baik lagi dengan hati. Mari mulai mencari solusi untuk situasi yang dihadapi. Entah itu pekerjaan-pekerjaan yang menyita tenaga, ataupun relasi-relasi lain yang membebani. Mungkin kamu hanya butuh sedikit liburan, atau mungkin memang kamu harus benar-benar melepaskan.

[wkid/ratih]

picture: freepik.com


Tentang Artikel :

Memendam perasaan sendiri dapat menyebabkan lelah hati


ARTIKEL TERKAIT

TOPIK POPULER

Download Apps