Kunyit, Si kecil Kuning yang Banyak Manfaat untuk Tubuh Kita!

WAKOOL.ID - Manfaat kunyit pada tubuh bisa digunakan untuk meredakan berbagai penyakit ringan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berbagai Masyarakat  menggunakan kunyit kuning sebagai bumbu dasar masakan dan jamu.

Beberapa kandungan zat kimia yang terdapat dalam kunyit, diantaranya arabinosa, fruktosa, glukosa, kalsium, kalium natrium, kobalt, seng, zat warna kurkumin, dan minyak atsiri. Semua kandungan tersebut bermanfaat bagi tubuh. Zat kurkumin juga berperan dalam memberikan warna kuning jingga pada kunyit

Dengan adanya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, ada baiknya kamu mengkonsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai. Untuk itu, yuk simak penjelasan daftar manfaat kunyit untuk kesehatan!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

2. Mengobati Radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg).

Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan dapat meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

3. Mengurangi Rasa Mual

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

Hasil akan lebih maksimal dan cepat dalam mengatasi mual jika kamu tambahkan air kunyit dengan lada hitam karena adanya kandungan piperin yang mempercepat proses kinerja.

4. Mengatasi Perut yang Kembung

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perutmu. Untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar, kamu bisa konsumsi kunyit.

Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

5. Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

Kunyit juga membantu meningkatkan pencernaan. Beberapa komponen kunyit diketahui merangsang kandung empedu untuk menghasilkan empedu, sehingga membuat sistem pencernaan lebih efisien. Untuk itu, dapat mengurangi gejala kembung dan produksi gas berlebih. Pencernaan yang baik adalah kunci mencapai metabolisme yang sehat. Maka, metabolisme yang sehat ini dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

6. Mengobati Metastasis Kanker

Mengingat adanya beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker ini kamu bisa gunakan kunyit putih. Kegunaan kunyit putih ini dapat bermanfaat untuk kanker rahim, usus besar, dan payudara.

Hal ini disebabkan adanya kandungan kurkumin yang dapat membasmi sel tumor ganas penyebab kanker serta menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

6. Mengurangi Nyeri saat Haid

Bagi kamu para perempuan yang sedang mengalami haid, sering kali perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk para perempuan Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid.

Bukan hanya mitos, jamu kunyit asam memang bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

7. Obat Alergi

Terdapatnya kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

Dua kandungan tersebut menghambat aktivitas protein berlebihan pada tubuh yang dapat mencegah lepasnya zat histamin. Zat histamin dan protein yang berlebihan dapat membuat reaksi alergi muncul pada kulit.

8. Menangkal Bakteri Jahat

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah menangkal bakteri jahat. Bagi kamu yang sering merasa sakit perut atau mengalami keracunan makanan dan bakteri jahat, kamu bisa minum larutan kunyit hangat yang dapat membantu meredakan.

Bukan hanya itu, kandungan pada kunyit juga bisa melawan bakteri jahat lainnya yang menyerang mulut kita dan organ intim wanita.

9. Mengobati Maag

Bagi kamu yang suka mengalami nyeri maag, tidak perlu selalu langsung mengkonsumsi obat. Cobalah mengkonsumsi larutan kunyit terlebih dahulu dan minum secara rutin. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag.

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

10. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Jika kamu penderita diabetes cobalah mengkonsumsi kunyit secara teratur untuk mengendalikan gula darah agar stabil. Kandungan kurkumin kunyit dapat menurunkan kadar glukosa pada arah.

Selain itu, juga dapat meningkatkan insulin dan mebuat gejala diabetes jadi lebih mudah ditangani.

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah untuk melawan infeksi pada tubuh. Kandungan kunyit putih dapat melawan berkembangnya jamur dan bakteri pada tubuh.

Seperti menyembuhkan dari keracunan makanan, infeksi kulit, infeksi jamur penyebab sariawan, dan juga infeksi jamur pada area kewanitaan.

Kunyit juga bermanfaat untuk menghilangkan bakteri pada mulut penyebab bau mulut.

picture: blog.hellofresh.com

referensi : [wkid/everydayhealth.com]

 


Tentang Artikel :

Tidak cuma menyedapkan masakan, kunyit atau kunir adalah rempah yang juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Anda mungkin sudah cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan gangguan pencernaan


Download Apps