Jenis -Jenis Sepeda Dan Kegunaannya, Yuk Simak!

WAKOOL.ID - Sepeda sendiri memang merupakan jenis kendaraan roda dua yang sangat praktis dan hemat serta ramah lingkungan. Jika daerah tempat tinggal Anda memiliki tingkat kemacetan yang cukup parah, maka sepeda dapat menjadi pilihan untuk melewati kondisi daerah tersebut. Di sisi lain, tubuh akan menjadi sehat karena dengan bersepeda maka tubuh Anda akan berolahraga.

Semakin tahun dan seiring dengan perkembangan teknologi dalam proses produksinya. Sepeda juga turut mendapat banyak inovasi dalam desain produk serta kualitas yang semakin meningkat.Ada yang dirancang untuk mendukung kecepatan, efisiensi, daya tahan di medan sulit, hingga untuk kepentingan atraksi.

Jenis-jenis Sepeda

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penggunaan jenis sepeda tergantung dari jenis dan rancangannya. Dengan begitu, pemakaian sepeda bisa menjadi tepat guna dalam mendukung dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berikut ini penjelasan macam-macam sepeda yang dibedakan berdasarkan karakteristik, tipe pengguna dan tempat penggunaannya.

1. Sepeda lipat

                                                    Sumber Gambar: s.click.aliexpress.com

Sepeda lipat merupakan salah satu macam sepeda yang digemari masyarakat perkotaan.

Selain karena ukurannya yang ringkas dan bisa dilipat. Sepeda lipat juga biasanya memiliki bobot yang ringan untuk dibawa ke mana-mana.

Penggunaannya lebih diperuntukkan kepada orang-orang perkotaan yang biasa naik kendaraan umum, sehingga tak lagi perlu naik moda pengumpan.

  • Karakteristik: compact, ringan dan fleksibel
  • Tipe pengguna: masyarakat kota dengan mobilitas tinggi
  • Tempat penggunaan: jalanan perkotaan

2. Sepeda Gunung atau MTB

Sumber Gambar: Instagram : ASHURABIKERS

  • Karakteristik: struktur tangguh, dilengkapi fork bersuspensi
  • Tipe pengguna: pecinta aktivitas outdoor
  • Tempat penggunaan: hutan, pegunungan

Jenis sepeda ini merupakan jenis sepeda yang terbilang palinh popular di Indonesia. Jenis sepeda ini memang dapat digunakan untuk melewati berbagai macam jenis jalan, seperti jalan berlubang dan jalanan yang berlumpur seperti beberapa lokasi jalan di Indonesia. Sepeda ini juga dilengkapi suspensi yang empuk sehingga akan sangat nyaman digunakan melewati jalanan yang kurang halus. Ukuran dari tapak bannya pun biasanya cukup besar dan dilengkapi dengan ulir ban yang bergerigi seperti ban pada motor trail, tentu tujuannya agar pengendara dapat menyeimbangkan sepeda saat berada di jalanan yang butuh daya cengkeram yang lebih kuat, seperti jalan licin berlumpur.

Walaupun terlihat aman, namun tetap saja Anda harus selalu memakai helm maupun perlengkapan pelindung lainnya saat berkendara. Karena bagaimanapun tidak ada yang bisa memprediksi kondisi saat di lapangan, ketika Anda berkendara nanti.

.

3. Sepeda Balap atau Road Bike

sepeda balap

                                                       Sumber Gambar: peruffo.com

Untuk jenis sepeda yang satu ini, memang memiliki desain yang dirancang untuk mengikuti balapan. Jenis sepeda ini mungkin menjadi salah satu jenis sepeda yang memiliki harga cukup tinggi. Harga yang tinggi tersebut karena dari segi inovasi dan jenis bahan yang digunakan juga tidak main-main. Bahkan banyak sepeda balap yang bisa diangkat hanya dengan menggunakan satu tangan. Tentu saja karena bahan yang digunakan pada sepeda ini merupakan bahan yang sangat ringan dan hampir seluruh saprepartnya menggunakan kombinasi serat karbon dan aluminium.

Sepeda balap terlihat dari ciri khusus yang hanya dimiliki oleh jenis sepeda ini. Yaitu posisi stang sepeda yang berbentuk melengkung, berbeda dari sepeda pada umumnya. Tujuannya agar pengendara dapat merendahkan posisi badannya dan mendapat aerodinamis yang baik saat dalam kondisi kencang

  • Karakteristik: struktur tangguh dan ringan, stang lengkung, fitur percepatan
  • Tipe pengguna: pecinta olahraga sepeda, penggunaan jarak jauh
  • Tempat penggunaan: jalan beraspal

 

 

4. Sepeda onthel

sepeda onthel

                                                               Sumber Gambar: sepedaonthel.com

Sepeda onthel adalah sepeda yang sangat ikonik. Di Indonesia dikenal juga dengan nama pit kebo atau sepeda kerbau.

Sepeda ini sebenarnya merupakan asal-usul dari sepeda jengki yang juga memiliki tampilan klasik. Ia banyak dicintai karena keunikan desainnya yang timeless.

Biasanya sepeda onthel lebih dicari oleh para kolektor sepeda, semakin tua maka semakin mahal. Ini cocok untuk penggunaan yang casual.

  • Karakteristik: desain kuno, boncengan belakang, sepatbor khas
  • Tipe pengguna: kolektor sepeda kuno
  • Tempat penggunaan: jalanan datar dengan jarak pendek, properti tempat umum

5. Sepeda Fixie

sepeda fixie

                                                              Sumber Gambar: 6ku.com

 

Sepeda fixed gear atau lebih akrab disebut fixie sebenarnya memiliki frame dan roda yang mirip dengan sepeda balap. Perbedaan mencolok terdapat di bagian mekanismenya.

Fixed wheel bicycle memiliki mekanisme pergerakan roda yang tidak bebas. Jadi, jika dikayuh ke depan maka pedal dan ban akan terus bergerak mengikuti gaya yang dikeluarkan.

Selain itu, jika sepeda biasa tidak bisa di-gowes ke belakang. Fixie memungkinkan kita melakukannya, karena kita bisa menggerakkan roda ke depan maupun belakang.

Sepeda ini juga biasanya tidak dilengkapi dengan rem tangan. Apabila ingin berhenti, kamu tinggal membalikkan pedal ke arah yang berlawanan.

Pada awalnya, sepea fixie digunakan untuk balapan sepeda dengan track khusus di velodrome. Namun, kini lebih banyak untuk

  • Karakteristik: mekanisme fixed wheel, tanpa rem tangan
  • Tipe pengguna: masyarakat kota untuk penggunaan casual
  • Tempat penggunaan: jalanan datar beraspal

 

6. Sepeda BMX 

sepeda BMX

                                                      Sumber Gambar: merkabici.es

  • Karakteristik: stang tinggi, jok rendah, roda kecil dengan ban tebal
  • Tipe pengguna: anak muda untuk penggunaan freestyle
  • Tempat penggunaan: tempat umum di perkotaan

Sepeda jenis bicycle motorcross (BMX) memiliki bentuk yang unik. Ini adalah sepeda favorit para kaum milenial.

Sepeda BMX biasanya memiliki roda tidak sebesar sepeda balap atau fixie, bingkai kecil dan agak miring, serta jok yang rendah.

Rancangan tersebut dibuat agar memudahkan pengguna yang biasanya melakukan aksi freestyle di tangga, bangku maupun tepian taman atau tempat lainnya di perkotaan.

7. Sepeda touring

sepeda turing

                                                        Sumber Gambar: microco.sm

 

Sepeda touring pada dasarnya memiliki bentuk dan sistem percepatan seperti layaknya road bike. Tapi, dibekali tambahan fitur khusus.

Sepeda touring biasanya dibekali dengan perlengkapan seperti tempat penyimpanan barang, tempat minum dan lainnya untuk persiapan menempuh jarak yang sangat jauh.

  • Karakteristik: fitur mirip road bike, dibekali tambahan perlengkapan
  • Tipe pengguna: hobi bersepeda jarak jauh
  • Tempat penggunaan: jalanan beraspal

 

8. Sepeda hybrid

Sepeda ybrid

                                                                    Sumber Gambar : canadiantire.ca

 

Sepeda hybrid adalah sepeda modern yang rancangannya merupakan perpaduan antara road bike dan sepeda gunung.

Tujuan pembuatan sepeda ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna sepeda yang menginginkan kendaraan roda dua manual yang tangguh sekaligus memiliki kecepatan mumpuni.

9. Sepeda Tandem

sepeda tandem

                                                              Sumber Gambar : amsterdamer.fr

Sepeda tandem merupakan sepeda yang dirancang agar memungkinkan digunakan oleh beberapa orang sekaligus.

Biasanya, ini ditujukan untuk penggunaan keluarga. Dilengkapi dengan sistem pedal yang terhubung satu sama lain untuk penggunaan yang efisien karena dikayuh bersamaan.

  • Karakteristik: jok rendah, ban kecil, bodi panjang
  • Tipe pengguna: penggunaan keluarga
  • Tempat penggunaan: jalanan datar

10. Sepeda Listrik 

Sepeda Listrik

                                           Sumber Gambar : electricbikereport.com

Ini merupakan perpaduan sepeda konvensional dengan teknologi sumber daya listrik untuk mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Sebenarnya sepeda listrik ini mengacu kepada mesin yang mengandalkan daya listrik untuk bergerak, bukan dengan hasil kayuhan sepeda secara manual.

Jadi, sepeda listrik bisa termasuk jenis sepeda apa pun yang mengandalkan tenaga listrik untuk bergerak.

  • Karakteristik: jenis dan bentuk bermacam-macam, penggerak bertenaga listrik
  • Tipe pengguna: masyarakat perkotaan
  • Tempat penggunaan: jalanan datar dengan jarak tempuh menengah

 

Referensi : [wkid/centurycycles.com]

Picture: electricbikereport.com

 


Tentang Artikel :

Jenis sepeda terdapat bermacam-macam, dan pada dasarnya bermacamnya jenis sepeda tersebut karena berbeda pula peruntukkannya. Jenis sepeda lipat misalnya. Jenis sepeda lipat tidak akan cocok jika digunakan pada jalanan yang terjal berbatu atau berlumpur. Karena jenis sepeda yang mampu untuk melewati jalanan tersebut adalah jenis sepeda MTB atau sepeda gunung


Download Apps