Sirsak, Buah Berduri Hijau Asam yang Sangat Berkhasiat bagi Tubuh Kita

WAKOOL.ID - Buah sirsak yang berbentuk tidak biasa terlihat seperti stroberi besar yang disilangkan dengan apel dan tumbuh duri — berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, dan merupakan makanan manis yang populer di sana. Rasa sirsak seperti kombinasi strawberry, nanas, dan jeruk. Salah satu anggota keluarga apel custard, buah ini berasal dari Annona muricata broadleaf evergreen dan dikenal dengan manfaat kesehatannya, yang mungkin termasuk mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menyembuhkan masalah perut.

Sebenarnya seluruh pohon termasuk daun, kulit batang bahkan akarnya telah digunakan untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. Seiring dengan rasa yang enak membuat buah ini populer, kandungan vitamin dan nutrisi yang kaya dari buah ini membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Simak manfaat kesehatannya di bawah ini:

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Dalam seporsi buah sirsak (sekitar 200 gram) terkandung sekitar 110-130 kalori. Selain itu, buah sirsak juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi berikut ini:

  • Kalori: 148

  • Lemak: 0,7g

  • Sodium: 31.5mg

  • Karbohidrat: 37.9g

  • Serat: 7.4g

  • Gula: 30.5g

  • Protein: 2.3g

  • Vitamin C: 46,4mg

  • Kalium: 626mg

Selain beragam nutrisi di atas, buah sirsak juga mengandung nutrisi lain, seperti zat besi, folat, zinc, serta antioksidan.

1. Membunuh sel kanker

Berdasarkan sejumlah studi, sejumlah senyawa dalam buah sirsak memiliki sifat antikanker. Kendati begitu, dibutuhkan studi lebih lanjut agar hasil ini lebih valid dan dapat diaplikasikan pada pengobatan-pengobatan kanker di masa depan.

Studi yang dilakukan oleh lembaga Oxidative Medicine and Cellular Longevity, menunjukkan bahwa efek antiinflamasi graviola para sirsak memiliki prospek yang menjanjikan untuk melawan sel-sel kanker tertentu. Meski demikian, tanpa adanya penelitian dan uji klinis, klaim-klaim hanyalah kemungkinan. Sirsak mengandung flavonoid. Manfaat flavonoid dalam tubuh manusia adalah untuk mencegah kanker, melindungi struktur sel, serta meningkatkan efektivitas vitamin C.

 

2. Baik untuk saluran pernapasan

Jika Anda sedang batuk, flu, atau memiliki gangguan pernapasan lainnya, coba, deh, konsumsi sirsak! Buah ini memiliki sifat ekspektoran sehingga bisa Anda andalkan untuk menghilangkan dahak dan lendir—yang mana banyak patogen atau virus bisa hidup. Sirsak juga mengandung asam askorbat yang dapat membantu melawan radikal bebas dan infeksi. Dengan mengurangi infeksi bakteri dan virus, Anda dapat mempercepat penyembuhan flu dan batuk. Selain buahnya, Anda juga bisa memakai rebusan buah sirsak untuk membantu menyembuhkan sinus dan meredakan tenggorokan.

3. Mengobati Asam Urat

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat buah sirsak lainnya adalah mengobati asam urat. Hal ini bersumber dari daunnya yang memiliki kandungan acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Manfaat daun sirsak untuk asam urat bisa didapat dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan

4. Membunuh parasit

Ternyata sirsak telah lama populer menjadi pengobatan tradisional di daerah Amerika Latin dan Amerika Selatan. Kandungan antiparasit dan antibakterinya dapat melindungi tubuh dari infeksi parasit, hal ini terjadi karena sirsak mengandung vitamin C.

5. Membersihkan saluran pencernaan

Selain buahnya, Anda juga bisa menggunakan daun sirsak untuk pengobatan yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Daunnya dapat dikonsumsi dengan cara menyeduhnya seperti teh. Daun dan daging sirsak dapat digunakan untuk membersihkan usus, dan sistem gastrointestinal Anda akan lancar. Hal ini  disebabkan karena sirsak dapat menstimulasi hormon diuretik. Vitamin C pada sirsak dapat menguatkan kekebalan tubuh, tidak heran sirsak digunakan bertahun-tahun untuk mengobati kudis dan disentri. Alkaloid dan kuinolon, termasuk ke dalam komponen antiperadangan yang dapat mengurangi parasit di usus, serta mengurangi rasa nyeri dan sakit di perut.

6. Membantu Stabilisasi Tekanan Gula Darah

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian tentang manusia, temuan menunjukkan bahwa sirsak bisa lebih bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes jika dipasangkan dengan pola makan sehat dan gaya hidup aktif.

7. Kesehatan kulit

Biji sirsak dapat digunakan sebagai penyegar untuk kulit. Ketika Anda menghancurkan biji dan buah sirsak, dan diaplikasikan pada kulit, hal tersebut dapat membawa manfaat pada kulit. Sirsak mampu mengurangi garis-garis kerutan, serta mengurangi gejala penuaan kulit. Antioksidan dalam sirsak mampu meremajakan kulit dan melindungi kulit Anda dari infeksi bakteri.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam sirsak adalah vitamin C, B1, dan B2. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sebab vitamin tersebut akan menstimulasi pembentukan sel darah putih. Vitamin tersebut juga merupakan jenis antioksidan yang dapat mencegah penyakit kronis.

 

9. Mengandung molekul antioksidan

Molekul dengan sifat antioksidan dapat menangkal radikal bebas, atom tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit berbahaya. Sirsak merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Beberapa jenis molekul antioksidan di sirsak, yakni, tannin, saponin, pitosterol, flavonoid, anthraquinone.  Secara keseluruhan, sirsak dapat menjaga kesehatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk mengkaji manfaat buah sirsak untuk penyakit tertentu.

10. Memiliki sifat anti-inflamasi

Inflamasi sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Walau begitu, inflamasi yang kronis dapat memicu berbagai penyakit. Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menyimpulkan bahwa sirsak berpotensi mengurangi pembengkakan, serta membantu meringankan inflamasi atau peradangan.

 

Tak hanya buahnya, daun sirsak pun tak kalah bermanfaat, Ternyata, daun sirsak juga membawa banyak kebaikan untuk tubuh. Apa saja?

Daun sirsak mengandung zat yang dapat menghentikan perdarahan rektum dan juga membuat otot-otot sekitar dubur menjadi lebih relaks, sehingga bisa membantu para penderita wasir.

Banyak dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat.

Ada pula beberapa penelitian bahwa daun sirsak cukup ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak juga mengandung serat dan antioksidan untuk mengusir kolesterol jahat dari makanan seperti gorengan.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah sirsak (serta daunnya) secara optimal, kombinasikanlah dengan bahan makanan sehat lainnya. Terapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang dan rutin berolahraga sehingga kesehatan dan kebugaran tubuh pun terus terlindungi.

[wkid/ healthline.com]

Picture: Pinterest /shuttershock

 


Tentang Artikel :

Sirsak menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, sirsak juga jadi obat herbal yang ampuh meredakan sejumlah penyakit.


Download Apps