Cara Tepat Sehat Jantung (Video Included!)

WAKOOL.ID-- Setiap kali mendengar kerabat, sahabat atau orang yang kita kenal mengalami serangan jantung atau bahkan meninggal mendadak akibat henti jantung, kita kerap bertanya pada diri sendiri apakah kita juga berisiko mengalami keadaan yang sama.  Terlebih korban serangan jantung umumnya dikenal sebagai orang yang tampak sehat sebelumnya.  Kita jadi ragu terhadap kesehatan jantung  sendiri.  Jangan-jangan kesehatan jantung kita sedang terancam tanpa kita sadari sebelumnya. Kewaspadaan penting dalam memelihara kesehatan jantung.

Tulisan ini bermaksud mengulas kiat kiat menjaga kesehatan jantung.

Jantung

Jantung adalah organ yang sejak ribuan tahun lalu telah menarik perhatian para ilmuwan dan filosuf sehingga jantung disebut sebagai tempat berdiamnya jiwa. Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang  berperan amat penting pada kesehatan tubuh dan keberlangsungan hidup manusia. Organ ini berada di bagian kiri dada dengan ukuran sekepalan tangan dan berat berkisar 300 gram.  Ia terlindung oleh tulang dada yang kokoh. Jantung mengalirkan darah ke seluruh pembuluh darah di seluruh tubuh. Pada  jantung terdapat berbagai struktur seperti otot jantung, katup jantung, serat serat listrik jantung dan juga pembuluh koroner. Pembuluh koroner adalah pembuluh yang mensuplai darah yang mengandung energi dan oksigen ke dalam otot jantung sehingga otot jantung secara regular mampu memompa dengan kekuatan normal.

Ragam Penyakit Jantung

Ada beragam jenis seperti penyakit jantung bawaan, penyakit katup jantung, penyakit infeksi jantung, gangguan irama jantung, kelemahan otot jantung serta penyakit jantung koroner (PJK) .  Setiap jenis penyakit jantung memiliki variasi dan tingkat keparahan yang bermacam macam.  Seseorang  dapat mengalami lebih satu jenis penyakit jantung dan juga ditambah dengan penyakit organ yang lain. Kesehatan seseorang sesungguhnya adalah situasi yang paling personal sehingga jangan menganggap gangguan kesehatan sama pada setiap orang. Berdasarkan jenis penyakit jantung yang diderita dan ada tidaknya gangguan organ yang lain maka baik jenis obat jantung maupun saran kesehatan bisa berbeda pada setiap penderita tergantung dari situasi penyakit masing masing. Ya tentu saja ada saran umum yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Memastikan Kesehatan Jantung

dr A Fauzi Yahya

Pada masa kini seiring perkembangan pengetahuan dan ketersediaan alat alat pencitraan maka  tidak sulit memastikan adanya penyakit jantung.

Pada umumnya keluhan yang dianggap berasal dari gangguan jantung adalah sakit dada kiri, berdebar, sesak nafas, kaki bengkak, keringat dingin serta lemah. Namun tidak serta merta adanya keluhan tersebut berarti terdapat penyakit jantung. Keluhan demikian bisa terjadi akibat gangguan organ lain, gangguan hormone, efek samping obat atau karena rasa cemas berlebihan.

Untuk memastikan keluhan berasal dari penyakit jantung maka terdapat sejumlah pemeriksaan mulai dari cara sederhana seperti pemeriksaan laboratorium darah, pemeriksaan EKG, foto rontgen, tes treadmill, hingga pemeriksaan CT Scan jantun dan kateterisasi jantung.

Penyakit Jantung Koroner

Salah satu penyakit jantung yang banyak diderita adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi karena terdapat penyempitan atau sumbatan pada liang pembuluh yang mensuplai nutrisi dan oksigen otot jantung. Gangguan terhadap suplai ini bisa membuat sebagian jantung mengalami kerusakan dan berpotensi menyebabkan gangguan pompa jantung. Serangan jantung adalah manifestasi klinis penyakit jantung koroner yang terjadi secara mendadak karena terdapat pembentukan gumpalan darah yang menghambat aliran pada liang pembuluh koroner.

Pada mereka yang mengalami serangan jantung maka perlu mengenal tanda tanda serangan jantung yaitu rasa sakit dada seperti tertekan di sebelah kiri dan kadang menjalar ke punggung atau lengan. Tidak jarang keluhan tersebut disertai dengan keringat dingin. Pada sebagian orang keluhan itu dirasakan seperti gangguan pencernaan dan pada sebagian yang lain serangan jantung itu bisa menyebabkan penderita pingsan sejenak. Penderita yang merasa mengalami serangan jantung maka perlu segera menelpon rumah sakit terdekat untuk meminta bantuan ambulan. Kecepatan penderita untuk berobat ke rumah sakit adalah penting. Jangan menganggap masuk angina dan kemudian dikerok seperti halnya yang sering terjadi di masyarakt.

Untuk menjaga agar seseorang terhindar dari serangan jantung atau menurunkan risiko serangan jantung maka setiap orang perlu mengenali faktor faktor risiko pada dirinya masing masing. Faktor faktor risiko itu adalah adanya riwayat keluarga dengan serangan  jantung, tekanan darah tinggi, kencing manis, kebiasaan merokok, kegemukan dan kurang berolah raga serta peninggian kadar kolesterol.

Semakin banyak faktor risiko pada setiap orang maka semakin besar kemungkinan  seseorang mengalami serangan jantung. Tentu saja bila faktor faktor risiko itu dikendalikan maka risiko serangan jantung akan menurun dan kesehatan tubuh secara menyeluruh akan menjadi lebih baik.

Untuk itu maka mereka dengan tekanan darah tinggi perlu mengendalikan tekanan darah tersebut. Cara yang paling sederhana untuk menurunkan tekanan darah adalah mengurangi asupan garam dan berolahraga serta menguruangi berat badan. Bila pola hidup tak dapat menurunkan tekanan darah yang ideal yaitu <140/90 mmHg maka tidak usah khawatir karena sekarang banyak obat yang efektif untuk mengatasi peninggian tekanan darah.

Penderita kencing manis juga perlu mengatur pola makan dan harus bergerak aktif serta mengkonsumsi obat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan seluruh organ tubuh termasuk jantung. Kadar gula yang terus meninggi dalam pembuluh darah bisa merusak  dinding pembuluh darah pada seluruh tubuh termasuk pada pembuluh darah jantung.

Kebiasaan merokok sudah terbukti berperan terhadap peningkatan risiko serangan jantung. Henti rokok akan mampu memperbaiki kesehatan jantung dan mencegah perlengketan keping keping darah yang berperan terhadap pembentukan gumpalan darah pada liang pembuluh koroner.

Hiperkolesterol juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta rajin  beraktifitas fisik. Bila kadar kolesterol meninggi dan dokter merasa penting untuk mengendalikan kadar kolesterol tersebut maka obat statin saat ini efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh dan juga mencegah serangan jantung.

Seseorang tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi obat yang diperlukan selama itu diresepkan oleh dokter. Tidak jarang orang mengkhawatirkan mengkonsumsi obat jangka panjang bisa merusak organ ginjal karena obat tersebut adalah ramuan kimia. Padahal jenis obat yang tepat dan dikonsumsi dengan rutin justru akan menyehatkan tubuh dan menjaga fungsi ginjal.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kini memungkinkan penderita serangan jantung mendapat obat dan tindakan intervensi yang efektif dalam mencegah perluasan kerusakan otot jantung.

Penderita yang telah merasakan sehat paska serangan jantung perlu memelihara tubuh dengan baik dengan pola hidup yang tepat dan mengkonsumsi obat secara teratur.

Hindari Berita Bohong Jantung

Berita bohong (hoax) telah banyak kita dengar dan baca di media sosial baik terkait berita politik, agama, ekonomi hingga masalah kesehatan jantung. Penyebaran hoax terkait dengan kesehatan jantung bila diikuti maka dapat membahayakan fungsi jantung dan nyawa.

Iklan “hoax” pelayanan kesehatan jantung itu biasanya meniupkan “angin surga” kesembuhan penyakit jantung dengan menawarkan berbagai bentuk terapi yang tidak lazim dan ramuan ramuan “herbal” yang tidak jelas khasiatnya. Tawaran itu bisa saja mengataskan namakan tenaga medis ataupun pakar pengobatan “alternatif” . Pemerintah memang perlu terus hadir melindungi masyarakat  dari  kemunculan terapi “alternatif” yang berpotensi membahayakan kesehatan jantung dan mengancam nyawa.

Penyakit Jantung dan Spiritualitas

Menjaga kesehatan jantung adalah manifestasi ibadah yang penting karena berarti menjaga amanah Allah SWT atas organ yang dititipkan dalam raga kita.  Sebagai seorang muslim kita sadar bahwa kesehatan adalah sarana efektif mengoptimalkan berbagai manifestasi peribadatan kepadaNya-baik ibadah ritual maupun aktivitas sosial kemasyarakatan.

Sakit jantung tidak semestinya membuat seorang muslim berkecil hati karena dalam Islam, sakit memiliki nilai spiritualitas . Derita ragawi sakit sesungguhnya kesempatan melejitkan kualitas ruhani.

Sakit menyadarkan diri akan ketakberdayaan. Sakit mencerahkan manusia dari ilusi kekuatan. Saat sakit adalah saat merenung dan mendekatkan diri. Kesabaran atas rasa sakit dan menghindari keluh kesah menempa kekuatan ruhaniah. Mengkonsumsi obat-obatan dan menempuh pelayanan kesehatan yang tepat merupakan bentuk rasa syukur akan kesempatan memelihara jantung-Nya.

Hanya kepadaNya lah kita bertawakal. [wkid/dkmalabror]

Disampaikan oleh Dr. A. Fauzi Yahya, SpJp (K). FIHA. pada acara kesehatan jantung di Masjid Al-Abror Arcamanik-Bandung


Tentang Artikel :

Setiap kali mendengar kerabat, sahabat atau orang yang kita kenal mengalami serangan jantung atau bahkan meninggal mendadak akibat henti jantung, kita kerap bertanya pada diri sendiri apakah kita juga berisiko mengalami keadaan yang sama.  Terlebih korban serangan jantung umumnya dikenal sebagai orang yang tampak sehat sebelumnya.  Kita jadi ragu terhadap kesehatan jantung  sendiri.  Jangan-jangan kesehatan jantung kita sedang terancam tanpa kita sadari sebelumnya. Kewaspadaan penting dalam memelihara kesehatan jantung.


Download Apps