Anak GTM, Ada pilihan karbohidrat selain nasi untuk Dikonsumsi

Wakool.id - Si kecil mogok makan alias melakukan gerakan tutup mulut (GTM)? semua Ibu rasanya pernah menghadapi drama si kecil yang melakukan GTM.  Anak Harus dapat  asupan gizi seimbang dalam masa pertumbuhannya. Asupan penting bagi anak adalah karbohidrat, sebagai sumber energy Bagi Mereka. Umumnya karbohidrat didapat dari nasi. ada 8 alternatif karbohidrat selain nasi.   Padahal, si Kecil masih membutuhkan nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur-sayuran. Oleh karena itu, sebaiknya, usahakan memberikan nutrisi lengkap untuk si Kecil.

Hal ini berbeda kondisinya kalau mereka bosan dengan lauk yang disajikan ya, Kalau bosan makan saja, kita tinggal cari kreasi masakan yang berbeda. Tapi, ada juga si kecil yang ogah makan nasi. Bahkan, ada yang maunya makan mi terus lho.

Wah, kalau sudah begini pasti bikin pusing ya. Bunda harus kreatif menciptakan menu makanan dari pengganti nasi
Beragam alasan menjadi penyebabnya, mulai dari tumbuh gigi hingga bosan nasi. Ya, ada kalanya anak-anak menolak mentah-mentah nasi yang disodorkan ke hadapannya.

Ada beberapa pilihan karbohidrat selain nasi seperti berikut:
 

1. Kentang

kandungan gizi utama di dalam kentang. Dalam sekitar 100 gram kentang rebus, sudah terdapat sektiar 20 gram karbohidrat, Kentang mengandung 62 kalori, lalu terapat 13,5 gram karbohidrat dan 2 gram protein. Kentang juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bagus untuk tumbuh kembang anak.

Berikan mashed potato bersama scramble egg, atau kentang goreng dengan ayam goreng atau daging.

2. Pasta

Pasta yang terbuat dari tepung gandum kaya akan kandungan zat besi non-heme. Pasta saat ini sudah mudah ditemukan di pasaran. Ibu bisa mulai memasakkan si kecil makaroni cheese dan spaghetti.

3. Sereal

Melansir Vita Cost, sereal dari beras gandung diperkaya zat besi sehingga bagus diberikan pada bayi.

4. Oatmeal

Oat adalah sumber biji-bijian utuh yang sangat mudah dicerna, bahkan untuk bayi sekalipun. Oat juga bagus diberikan pada bayi sebagai MPASI agar mereka mengenal makanan padat.

5. Jagung

Jagung menawarkan rasa sedikit manis, yang dijamin akan membuat si kecil suka nih, Bun. Dalam 100 gram jagung mengandung 366 kalori, lalu ada 69,1 gram karbohidrat, dan 9,8 gram protein.

Jagung bisa disajikan bersama dengan sayuran yang lainnya seperti wortel dan kacang polong. Lalu, tambahkan daging giling sebagai sumber protein hewani.

6. Ubi

Ubi disebut-sebut sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat daripada nasi putih. Ubi yang sudah diolah mengandung 18-21 karbohidrat.

7. Singkong

Singkong bisa dijadikan berbagai olahan menggoda selera untuk anak-anak. Misalnya, direbus dan disajikan bersama sayuran dan ikan. Atau dibuat camilan seperti singkong Thailand atau kolak.

Selamat mencoba!

Referensi [wkid/ eatright.org]

Picture: Pinterest / babycentre.co.uk


Tentang Artikel :

Jika anak tak suka makan nasi, tiidak usah cemas berlebihan ya moms! Karena tidak ada dampak yang terlalu berarti. Asalkan anak tetap makan makanan pengganti dari sumber karbohidrat yang lai


Download Apps