ERP Lokal? Mau Tahu Keuntungannya...?

WAKOOL.ID-- Setiap jenis usaha baik itu small, medium dan juga enterprise sudah menjadi suatu keharusan dijaman sekarang ini untuk menggunakan system ERP. Akan sangat berbahaya bagi pengelolaan bisnis apabila sistem terkomputerisasi yang sifatnya integrated tidak dilakukan.
Data yang tidak akurat, duplikasi inputan, susah dan lamanya dalam mendapatkan laporan adalah masalah-masalah ketika pengelolaan bisnis tidak dikelola dengan baik. Stock akan selalu tidak akurat, piutang banyak tidak tertagih karena proses pencatatan yang buruk akan membuat revenue perusahaan menjadi tergerus.

Keseharian bisnis jadinya hanya bergelut dimasalah-masalah yang selalu sama, bukannya berpikir untuk mengembangkan bisnis, yang ada hanya berpikir untuk menangani masalah-masalah yang selalu berulang.

Oleh karena itu penggunaan system ERP memang sangat diperlukan bagi dunia usaha, tetapi mungkin banyak diantara para pengusaha yang bingung ketika harus mencari Vendor dan system ERP yang harus mereka pilih.
System ERP sekarang tidak hanya didominasi oleh para vendor global, dari lokal negara Indonesiapun sekarang sudah banyak tersedia, dan keuntungan dari menggunakan vendor dan system ERP lokal adalah:

1. Harga lebih terjangkau

Tentu saja dibandingkan dengan ERP Global maka ERP Lokal ini harga lebih terjangkau, salah satunya adalah dikarenakan biasanya pihak penjual adalah langsung pihak developernya, tidak melalui pihak ketiga yang mana pihak ketiga pastinya harus mengambil margin dalam proses penjualannya

2. Sesuai dengan bisnis proses Indonesia

Bisnis Proses luar negeri dengan bisnis proses Indonesia terdapat hal-hal yang berbeda, ERP Lokal mendevelopt systemnya berdasarkan kepada bisnis proses ala Indonesia tentu saja, sehingga proses custom tidak diperlukan lagi.

3. Customable

Walaupun ERP itu adalah sebuah system yang memiliki bisnis proses yang sudah baku dan standard, proses custom tetap saja diperlukan oleh pihak pemakai ERP, dikarenakan terdapat bisnis proses yang khas atau unik yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan, walaupun sama-sama industri manufaktur, tetap saja antara satu industri dengan industri yang lainnya terdapat perbedaan-perbedaan.
Dikarenakan source code dimiliki langsung oleh pihak penjual maka ketika custom program harus dilakukan maka itu bukan lagi menjadi suatu kendala yang besar dan biaya untuk custom ini pun harganya akan terjangkau dibandingkan dengan custom ERP Global.

Vendor ERP Lokal

PT Siven Teknologi Informasi dengan nama product SIVENSYS ERP telah membangun sistem ERP dari tahun 2006 dan memiliki client dari beragam jenis industri, yaitu : Penerbitan, Percetakan, Chemical, Rumah Potong Ayam, Kemitraan Peternak, Food Manufacture, Distributor, Perusahaan Jasa, Export – Import, Youghurt Manufacture, Kontraktor, Manufacture Alat Kesehatan, Textile, Plastik Manufakture, Die Casting Manufacture, Gold Manufacture, Provider ISP dan banyak yang lainnya

Dengan banyaknya client yang dimiliki ini menunjukan bahwa ERP Lokal pun bisa dipakai dengan baik oleh industri-industri yang ada di Indonesia
Dengan 3 keuntungan yang disebutkan diatas tentu saja memilih ERP Lokal bisa menjadi prioritas utama dalam memilih system ERP yang tepat bagi perusahaan. [wkid/www.sivensys.com]


Tentang Artikel :

Sistem ERP bagi bisnis saat ini sudah menjadi tuntutan tak terhindarkan. Disamping produk-produk luar, juga terdapat produk-produk ERP lokal Indonesia. Apa keuntungan yang didapat dengan menggunaan sistem ERP lokal?


ARTIKEL TERKAIT

TOPIK POPULER

Download Apps