15 Jenis Makanan yang kayak Serat Baik Dikonsumsi oleh Tubuh Kita

Wakool.id - Seperti kita ketahui bersama, Serat atau fiber merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan. Sebagai sumber makanan nabati yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, serat akan mengikat air dalam usus dan melancarkan pencernaan. Beberapa makanan berserat tinggi juga bisa membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, menurunkan kandungan gula darah, hingga menyingkirkan konstipasi. kanker, penyakit jantungpenyakit usus besarbatu ginjal, PMS, serta obesitas.

Pertanyaannya sekarang, sudahkah Anda mengonsumsi makanan berserat yang cukup setiap harinya? Meski kini telah banyak beredar suplemen atau makanan berserat instan, namun yang alami selalu lebih baik dan sehat.

1. Pir 

Buah populer ini termasuk salah satu makanan berserat tinggi dengan kandungan serat mencapai 3,10% dari asupan harian yang direkomendasikan. Pir bahkan termasuk sumber terbaik dari serat.

2. Apel

Apel kaya serat, vitamin C, dan banyak antioksidan. Apel dapat dijadikan camilan sempurna jika merasa lapar di antara waktu makan.

3. Alpukat

Alpukat berbeda dari kebanyakan buah karena sarat ,lemak sehat, bukan karbohidrat. Tidak hanya bentuknya yang lembut dan seperti krim dan enak tetapi juga tinggi serat, kalium, dan vitamin C.

4. Pisang

Pisang satu di antara sumber kalium terbaik di dunia. Pisang tinggi vitamin B6 dan serat, juga sangat mudah untuk ditemukan.

5. Blueberry

Blueberry tidak hanya lezat, tetapi juga di antara sumber antioksidan paling kuat di dunia. Buah ini bisa disajikan sebagai cemilan atau makanan pencuci mulut.

6. Jeruk

Jeruk terkenal karena kandungan vitamin C. Terlebih lagi, jeruk kaya akan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

7. Strawberi

Strawberi sangat bergizi dan rendah karbohidrat dan kalori sehingga memakanya akan meningkatkan kesehatan dan stamina pada tubuh.

8. Rasberi 

Rasanya yang kuat dan kandungan vitamin C yang tinggi bukanlah satu-satunya kelebihan rasberi. Buah ini mengandung 6,5% serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

9. Nanas 

Selain mengandung vitamin C, B6, dan potasium, nanas punya 2,6% serat untuk memenuhi sebagian kebutuhan harian Anda. Selain itu, nanas juga merupakan sumber makanan berserat tinggi yang mudah dicampur dengan bahan makanan lainnya, seperti dalam salad atau pizza sehat.

10. Wortel 

Sebagai salah satu sayuran dengan rasa yang enak, wortel mengandung vitamin K dan B6 yang tinggi. Selain itu, masih ada betakaroten, antioksidan, dan 2,8% kandungan serat di dalamnya.

11. Buah bit 

Buah bit mengandung banyak nutrisi seperti zat besi, folat, mangan, dan potasium. Buah bit juga jadi salah satu pilihan makanan berserat tinggi yang bisa Anda pilih.

12. Brokoli 

Sayuran hijau yang enak ini termasuk salah satu makanan super yang paling bergizi di muka bumi. Selain vitamin C, K, dan B, brokoli juga mengandung 2,6% dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

13. Popcorn 

Kabar gembira untuk Anda yang ingin menyantap makanan berserat sambil mengemil. Popcorn (tanpa tambahan karamel dan garam) memiliki kandungan 14,5% serat yang baik untuk kesehatan.

14. Almond 

Sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang paling populer, almond ternyata memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, mencapai 12,5%. Almond juga kaya akan nutrisi lain, seperti vitamin E, mangan, dan magnesium.

15. Oat 

Oat merupakan bahan makanan yang tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan. Dengan kandungan serat mencapai 10,6%, oat adalah pilihan sarapan yang baik untuk mengawali hari Anda.Itulah beberapa jenis makanan berserat tinggi yang bisa Anda masukkan ke dalam menu diet Anda. Sertakan beberapa makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

[wkid/ womenshealthmag.com]

Picture: pinterest

 


Tentang Artikel :

Tubuh Kita Sangat Memerlukan Makanan Yang berserat tinggi bagi tubuh kita. apakah kita selalu memakan makanan berserat Tiap Hari? apa saja makanan berserat Versi Wakool, yuk simak artikel lengkapnya


Download Apps