Apa Saja Makanan Yang mengandung Gula yang Wajib Kita Ketahui!

Tentang Artikel :

Satu yang tak disadari banyak orang adalah hampir semua makanan memiliki kandungan gula alami di dalamnya. Namun kadar manisnya berbeda-beda. Hanya karena tidak terasa manis saat dimakan, belum tentu makanan dan minuman tersebut tidak mengandung gula sama sekali.


 

Wakool.id - Makan terlalu banyak gula sangat buruk bagi kesehatan anda.  Banyak orang sekarang mencoba untuk meminimalkan asupan gula mereka, tetapi mudah untuk meremehkan seberapa banyak Anda sebenarnya konsumsi. Salah satu alasannya adalah banyak makanan yang mengandung gula tersembunyi, termasuk beberapa makanan yang bahkan tidak Anda anggap manis.

Tambahan pemanis buatan entah itu dalam bentuk gula jagung, susu kental manisatau masakan yang terlalu manis bisa berbahaya untuk kesehatan. Selain membatasi konsumsi gula, ada yang lebih penting diwaspadai yaitu makanan yang mengandung gula tinggi tanpa disadari.

Biasanya, jenis makanan tinggi gula ini telah melalui proses panjang sebelumnya dan dijual dalam bentuk kemasan. 

Makanan yang mengandung gula tinggi

Idealnya, merekomendasikan agar wanita membatasi asupan gula tambahan mereka menjadi 6 sendok teh (25 gram) per hari, sementara pria harus membatasi asupannya menjadi 9 sendok teh (37,5 gram). Tidak mengonsumsi makanan dengan tambahan gula pasir tidak serta merta berarti aman. Ada banyak makanan yang mengandung gula dan dikemas dengan label seakan-akan sehat dan aman dikonsumsi. Apa saja?

1. Roti putih

Tingginya karbohidrat dalam roti putih juga membuat makanan ini lebih cepat diolah tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi roti gandum utuh yang mengandung lebih banyak serat.

2. Yogurt rendah lemak

Praktis dan bernutrisi, yogurt rendah lemak bisa menjadi salah satu makanan yang mengandung gula tinggi tanpa disadari. Sebagai contoh, 245 gram atau satu kemasan yogurt rendah lemak bisa mengandung 45 gram gula. Jika dianalogikan, ini sama dengan 11 sendok gula pasir. Jadi, sebaiknya pilih plain yogurt yang tidak mengandung pemanis tambahan.

3. Dressing salad
Salad dressing yang rendah atau tanpa lemak terlihat menjadi alternatif baik saat diet. Namun, ternyata saat lemak dihilangkan, rasa akan digantikan dengan gula. Beberapa versi salad dressing dapat mengandung hingga 12 gram gula per dua sendok makan.

4. Saus

Kerap menggunakan cocolan saus saat makan? Waspadai kandungan gula di dalamnya. Untuk meningkatkan rasanya, saus diberi tambahan pemanis yang tidak sedikit. Bayangkan saja, satu sendok makan saus mengandung satu sendok teh gula sebagai pemanisnya.

5. Granola

Kerap menjadi pilihan sarapan yang sehat, granola ternyata juga termasuk makanan yang mengandung gula tanpa disadari. Tak hanya itu, kandungan kalorinya juga cukup tinggi. Ini terjadi karena oat dalam granola dicampur dengan pemanis tambahan yang membuat kalorinya bertambah.Bahkan, 100 gram granola bisa mengandung 5-7 sendok teh gula yang membuat kalorinya mencapai 400-500. Jadi, pilih granola yang tidak mengandung banyak pemanis tambahan agar tidak membuat kadar gula darah meningkat.

6.Selai 

Selai sangat sempurna dipadukan dengan roti tawar. Namun, tahukah kamu, kalau di dalam roti tawar saja sudah mengandung gula sekitar 2 gram. Kalau kamu tambahkan selai, asupan gulamu tentu akan semakin bertambah. Misalnya, dalam stoples selai kacang cokelat, mengandung 57 persen gula di dalamnya.

7. Sereal

Tak hanya anak-anak, sereal untuk sarapan juga populer dikonsumsi oleh orang dewasa. Sayangnya, sebagian besar sereal mengandung tambahan gula sekitar 12 gram atau 3 sendok teh. Jika ingin yang lebih sehat, pilih sereal yang mengandung serat tinggi tanpa pemanis tambahan.

8. Buah kaleng

Memang benar jika semua jenis buah mengandung gula alami. Namun, buah kaleng mengandung kadar gula yang benar-benar tinggi karena proses pengolahannya. Belum lagi, buah kaleng direndam dalam air yang mengandung sirup atau pemanis tambahan.Ingat pula bahwa proses pengemasan buah dalam bentuk kaleng akan menghancurkan kadar vitamin C yang sensitif terhadap panas. Jadi, lebih baik mengonsumsi buah segar dengan kandungan gula alami.

9.  Nasi putih

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi nasi putih secara berlebihan cenderung lebih berisiko mengalami diabetes tipe 2. Hal ini karena nasi putih termasuk jenis makanan tinggi karbohidrat dan rendah serat sehingga bisa diubah dengan cepat menjadi gula dan diserap ke dalam darah. Guna mencegah risiko tersebut, kamu dianjurkan untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih tinggi serat.

10. Protein bar

Snack yang diklaim sehat dan mengenyangkan ini ternyata juga mengandung tambahan gula. Rata-rata produk protein bar di pasaran mengandung tambahan 20 gram gula. Artinya, protein bar mengandung gula yang hampir serupa seperti permen.Untuk itu, jika ingin mengonsumsi protein bar yang membantu mengenyangkan dan menurunkan berat badan, periksa dulu label nutrisinya. Hindari protein bar yang mengandung tambahan pemanis terlalu banyak.

 

Referensi : wkid/ healthline.com

picture: Pinterest/blog.piquetea.com

 


ARTIKEL TERKAIT