5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Jarang diketahui

Wakool.id - Daun Kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman yang telah dipuji karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun. Daun ini sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Daun kelor dapat diolah menjadi jamu, teh herbal, hingga suplemen. Tak sedikit pula orang yang menggunakan daun kelor sebagai bahan masakan. Dalam pengobatan tradisional, daun kelor dipercaya berkhasiat untuk mengobati diabetes, nyeri sendi, infeksi bakteri, hingga kanker.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor:

Protein: 2 gram

Vitamin B6: 19% dari RDA

Vitamin C: 12% dari RDA

Besi: 11% dari AKG

Riboflavin (B2): 11% dari RDA

Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari RDA

Magnesium: 8% dari RDA

 

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Telah disebutkan sebelumnya bahwa daun kelor dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat daun kelor sebagi berikut:

 

  • Menghambat pertumbuhan sel kanker

Ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, pankreas, dan usus besar. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan penelitian di laboratorium, ekstrak daun kelor diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman, seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit.

  • Daun Kelor Mengandung Berbagai Zat Nutrisi

Dua kandungan daun kelor yang penting adalah vitamin dan mineral, antara lain vitamin B6, vitamin B2, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan magnesium. Selanjutnya, daun kelor ternyata juga mengandung protein nabati. Satu mangkuk daun kelor (sekitar 21 gram) mengandung protein 2 gram.

  • Daun Kelor Dapat Mengurangi Proses Peradangan

Peradangan atau inflamasi merupakan respons natural tubuh terhadap infeksi atau cedera tubuh. Peradangan merupakan mekanisme yang penting dalam proses pertahanan tubuh. Akan tetapi, proses inflamasi yang berlangsung kronik juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung bawaan dan kanker. Nah, daun kelor mengandung antiinflamasi yang bernama isothiocyanate. Zat ini penting untuk mengurangi proses peradangan kronis dalam tubuh. Akan tetapi, penelitian mengenai efek antiinflamasi daun kelor ini juga masih terbatas pada studi hewan sehingga dibutuhkan studi lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan hal ini.

  • Daun Kelor Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Kegunaan daun kelor untuk kesehatan lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol darah yang tinggi sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.Ada beberapa penelitian pada hewan maupun manusia yang membuktikan bahwa daun kelor bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

Sampai saat ini, penelitian menunjukkan bahwa Daun Kelor dapat menyebabkan penurunan gula darah dan kolesterol. Ini mungkin juga memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi dan melindungi dari toksisitas arsenik.Daun kelor juga sangat bergizi dan bermanfaat bagi orang yang kekurangan nutrisi penting.

pictures: pinterst 

Referensi : wkid/healtnews.com

 


Tentang Artikel :

Manfaat daun kelor bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Tanaman ini memang sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang baik untuk menjaga tekanan darah hingga mencegah kanker. Tak hanya itu, daun kelor ternyata memiliki beragam manfaat lainnya.


Download Apps