Manfaat Buah Pir untuk Tubuh Kita

Pir adalah buah yang lembut dan manis dengan bagian tengah yang berserat. Pir kaya akan antioksidan esensial, senyawa tumbuhan, dan serat makanan. Mereka mengemas semua nutrisi ini dalam paket 100 kalori, bebas lemak, bebas kolesterol. Sebagai bagian dari diet seimbang dan bergizi, mengonsumsi buah pir dapat mendukung penurunan berat badan dan mengurangi risiko seseorang terkena kanker , diabetes , dan penyakit Jantung 

Satu buah pir ukuran sedang mengandung 101 kalori, 27 gram karbohidrat , dan 5,5 gram serat, menurut USDA. Pir juga mengandung komponen aktif dan efektif termasuk kalium , vitamin C , vitamin K , senyawa fenolik, folat, serat makanan, tembaga , mangan , magnesium , serta vitamin B kompleks.

Manfaat Kesehatan dari Buah Pir

Mari kita lihat manfaat kesehatan terpenting dari buah pir secara detail.

1. Menyehatkan Pencernaan 

Buah pir kaya akan kandungan serat larut maupun tak larut, kedua kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan usus dan membantu sistem pencernaan, dengan melunakan dan membuang kotoran dari dalam perut. Serat larut yang terkandung dalam buah pir juga dapat membantu pertumbuhan bakteri baik yaitu prebiotik, yang dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2. Penurunan Berat Badan

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam buah pir dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan Anda untuk makan secara berlebih. Selain itu, sebuah penelitian juga menyatakan bahwa konsumsi buah pir secara rutin dapat menurunkan kadar lemak tubuh dan mengecilkan lingkar pinggang secara signifikan. Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga berat badan atau menghilangkan lemak berlebih dan menurunkan berat badan, buah pir dapat jadi pilihan yang tepat untuk dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

3. Melawan Kanker

Buah pir mengandung antosianin dan asam sinamat, yang menjadikannya senyawa antikanker. Sehingga mengonsumsi buah pir dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Selain itu pir juga mengandung flavonoid, yang dipercaya dapat membantu tubuh dalam penangkalan muncul berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan ovarium.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

The American Journal of Clinical Nutrition  menerbitkan sebuah studi komprehensif yang menunjukkan manfaat vitamin C di atas asupan harian yang direkomendasikan untuk manfaat kesehatan seperti meningkatkan kekebalan. Buah pir kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk merangsang produksi sel darah putih. Mereka juga meningkatkan sistem kekebalan, yang membantu menghilangkan kondisi seperti flu biasa, flu, dan penyakit ringan lainnya.

5. Menurunkan risiko diabetes

Selain kandungan serat dan flavonoid yang ampuh, pir merah juga kaya akan kandungan anthocyanin yang terbukti bisa menurunkan risiko type 2 diabetes sebanyak 23%. Also, kandungan serat dalam pir dapat melambatkan pencernaan dan memberikan tubuh kamu kesempatan untuk menyerap karbohidrat dengan lebih baik. Hal ini akan meregulasi kadar gula darah dan membantu mengontrol diabetes.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah pir mengandung sifat antioksidan yang cukup kuat dan bermanfaat untuk melemaskan otot jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang pada akhirnya dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung. Antioksidan dalam pir juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam jantung yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas, sehingga jantung menjadi lebih sehat.

7. Kurangi Peradangan

Komponen antioksidan dan flavonoid buah ini dapat menyebabkan efek antiinflamasi dalam tubuh, mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terkait dengan peradangan. Ini termasuk pengurangan gejala arthritis , kondisi rematik, asam urat , dan kondisi serupa.

8. Dapat Meningkatkan Kesehatan Usus

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa kandungan fenolik dalam kulit pir Bartlett dan Starkrimson dan jus pir yang difermentasi dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan usus. Peneliti menemukan bahwa buah ini membantu memperlambat pertumbuhan bakteri berbahaya seperti H. pylori tanpa mempengaruhi bakteri menguntungkan dengan potensi probiotik .

 

Referensi : organicfacts.net 

Picture: pinterest/ womanmagazine.co.uk/diet-food/snacks-eat-body-type-53081

 


Tentang Artikel :

Manfaat kesehatan yang telah terbukti dari buah pir termasuk kemampuannya untuk membantu menurunkan berat badan , meningkatkan pencernaan , meningkatkan kesehatan jantung , dan membantu mengatur tekanan darah . Mereka adalah sumber serat makanan dan antioksidan yang sangat baik 


Download Apps