1 Kesalahan Musnahkan Beribu Kebaikan yang kau buat

Wakool.id - Ketika orang lain mengenal kamu dengan baik, maka orang tersebut berangapan bahwa kau baik. Perbuatanmu baikmu akan Puji-puji karena kau orang yang baik.

Namun ketika kamu sudah dianggap baik lalu kau melakukan kesalahan. Maka orang lain kamu dianggap menjadi orang yang buruk seketika. Semua kebaikan yang selama ini kamu lakukan seolah-olah tertutupi oleh satu kesalahan.

1. Satu Titik Hitam Diatas Kertas Putih, Yang Akan Terlihat Hanya Hitamnya Saja Begitu Pun Dengan Kesalahan Yang Kau Perbuat

 

Mungkin kamu merasa bahwa hidupmu tidak adil karena semua kebaikanmu hanya tertutupi oleh satu kesalahan saja. Setelah kau melakukan satu kesalahan saja kau akan dianggap buruk bahkan dianggap tidak baik lagi, walau pun kau sudah banyak melakukan kebaikan. Tak perlu bersedih meski semua orang telah menilaimu buruk. Kau hanya perlu berkaca pada satu titik hitam diatas kertas putih. Maka yang akan terlihat hanya warna hitamnya saja. Karena warna putih yang mendominasi, maka seperti itulah dirimu.

2. Walau Kebaikanmu Lebih Mendominasi Maka Yang Akan Terlihat Hanyalah Kesalahanmu

Tidak perlu diambil hati walau mereka sudah tak menganggapmu baik. Karena kebaikanmu masih mendominasi, sedangkan kesalahanmu hanyalah satu kali saja kau melakukannya. Kau harus ingat bahwa sati titik hitam diatas putih, maka yang akan terlihat hanyalah titik hitamnya saja. Kau harus tetap memperbaiki kesalahanmu, karena masih bisa melakukan kebaikan lagi walau semua orang sudang menganggapmu buruk dan tidak baik lagi.

3. Semua Kebaikan Yang Pernah Kamu Lakukan Seolah-Olah Terhapus Begitu Saja Hanya Karena Kamu Melakukan Sebuah Kesalahan

Tidak masalah meski kau dianggap tidak baik lagi, dunia memang hanya akan melihat satu kesalahan dibanding dengan melihat sepuluh kebaikanmu. Jangan merasa bahwa semua kebaikanmu hanya terbuang sia-sia hanya karena aku melakukan satu kesalahan. Jika kau sudah menyadari bahwa itu salah, maka kau harus memperbiakinya agar kau tidak mengulangi kesalahan yang sama. Hanya itu saja yang dapat kamu lakukan tanpa harus mendengarkan ocehan mereka yang mengatakan kamu buruk dan tidak baik.

4. Karena Satu Kesalahan Dapat Mengahapus Semua Kebaikan Yang Pernah Kamu Lakukan

Mau kamu melakukan seribu kebaikan kau akan tetap dicap sebagai orang yang tidak baik ketika kau melakukan satu kesalahan saja. Pasti akan ada orang yang akan tetap membencimu dan menganggapmu tidak baik. Karena bagi orang lain satu kesalahan yang kamu lakukan bisa menghapus semua kebaikan yang kamu lakukan padanya.

5. Begitulah Hidup, Begitulah Manusia Lebih Memilih Melihat Satu Kesalahan Daripada Sepuluh Bahkan Seribu Kebaikan

Seperti inilah hidup, seperti inilah dunia yang mereka lihat hanyalah satu titik yang terlihat terang saja. Sedangkan yang mendominasi malah diabaikan begitu saja. Padahal tak selayaknya orang dianggap buruk hanya dengan melakukan satu kesalahan apalagi jika yang dilakukan selama ini hanyalah kebaikan. Namun nyatanya manusia lebih memilih satu kesalahan daripada sepuluh bahkan seribu kebaikan yang pernah dilakukan.

[wkid]

 


Tentang Artikel :

Satu kesalahan saja, dapat memusnahkan seribu kebaikan, karena kesalahanmu lebih berkesan dibandingkan kebaikan yang pernah engkau lakukan sepanjang hidupmu.


Download Apps