Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Kita dengan Benar

Wakool.id - Kebanyakan orang lahir dengan sistem imun yang baik. Namun ada pula sebagian orang yang memiliki sistem imun yang lemah, Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti sekarang.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Cara tepat meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah

Anda yang memiliki sistem imunitas rendah bisa mempraktikkan berbagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Langkah-langkah ini bertujuan menambah peluang agar Anda tetap sehat dalam jangka panjang dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Apa sajakah caranya?

1. Menjaga kebersihan

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang utama ialah dengan selalu menjaga kebersihan diri. Contohnya pada kulit yang merupakan lapisan terluar dari tubuh. Anda yang harus selalu menjaga kebersihannya agar jamur atau kuman yang biasa hidup dan menempel di kulit tidak ikut masuk ke dalam tubuh, misalnya bersama makanan yang Anda konsumsi.Salah satu langkah yang paling mudah untuk menjaga kebersihan adalah selalu mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun. Contohnya, sebelum Anda makan, mengolah makanan, memasak, dan setelah dari toilet.Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan hingga bersih sebelum makan dapat mengurangi peluang hingga 58% pada seseorang dengan sistem imunitas rendah untuk terkena diare.

2. Menghindari kontak dengan orang sakit

Jika Anda sadar bahwa kondisi kekebalan tubuh Anda tidak sebaik orang lain, Anda sebaiknya menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Sekalipun orang tersebut hanya terkena flu atau pilek.Kontak yang dimaksud bukan hanya bersentuhan di kulit. Tapi juga menjauhi pemakaian alat-alat makan maupun barang-barang pribadi yang sama, seperti pakaian atau handuk.

3. Tidur yang cukup

Menjaga jam tidur merupakan cara untuk menjaga sistem imun tetap baik. Tidur yang cukup dan pola tidur yang baik dapat menurunkan risiko stres yang dapat menurunkan imun pada tubuh. Jadi pastikan waktu tidur Anda selalu tercukupi.

4. Menjaga pola makan

Bagi penderita sistem imun rendah, dokter biasanya akan merekomendasikan Anda lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nutrisi. Namun bila Anda memiliki sistem imun yang sangat buruk, misalnya karena mengidap kanker, akan ada banyak pantangan makanan yang mungkin harus Anda ikuti.

5. Olahraga secara teratur

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang awam berikutnya adalah dengan berolahraga. Olahraga baik untuk melepas stres sekaligus melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Meski demikian, bagi penderita sistem kekebalan tubuh yang rendah, perhatikan juga kondisi tubuh Anda dan jangan memaksakan diri. Anda sebaiknya tidak berolahraga terlalu sering, menghindari jenis olahraga yang membutuhkan banyak energi, dan membatasi durasi olahraga tersebut. Berkonsultasi dengan dokter juga bisa menjadi salah satu langkah bijak dalam memilih jenis olahraga yang Anda lakukan. Dengan ini, aktivitas fisik yang Anda jalani pun akan sesuai dengan kondisi Anda.

6. Mengonsumsi suplemen

Jika semua cara meningkatkan daya tahan tubuh sudah Anda coba, tidak ada salahnya jika melengkapi usaha Anda dengan mengonsumsi suplemen. Biasanya, orang yang memiliki sistem imun rendah akan butuh suplemen vitamin C. Tetapi, dokter juga bisa meresepkan Anda suplemen vitamin lainnya sesuai kebutuhan.

7. Makan sehat dan seimbang

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jenis buah yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral, misalnya guava.

8. Hindari stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh, perhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut. Beberapa kandungan berikut ini dapat bermanfaat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh:

  • Echinacea
    Suplemen yang mengandung echinacea cukup direkomendasikan. Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, echinacea dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang, dan antioksidan. Oleh karena itu, bahan ini diyakini dapat membantu tubuh melawan virus penyebab flu, membantu pertumbuhan sel, serta mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah.
  • Morinda citrifolia atau buah mengkudu
    Buah yang dikenal dengan sebutan mengkudu ini mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan tubuh. Misalnya kalium yang terkandung pada mengkudu, mampu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, serta memperbaiki kerusakan sel. Namun, Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, atau penyakit liver, disarankan untuk menghindari konsumsi suplemen yang mengandung mengkudu. Sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.
  • Phylantus atau daun meniran
    Meski memerlukan penelitian lebih lanjut, daun meniran dianggap mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun meniran, berfungsi melawan radikal bebas dan memperkuat sistem imun tubuh.
  • Mengandung vitamin B6, C, dan E
    Suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin Clikopen, dan vitamin E cukup direkomendasikan. Ketiga vitamin ini dapat memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Namun pada beberapa kondisi, konsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh mungkin diperlukan. Disarankan untuk konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsinya, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dokter dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, dengan dosis yang tepat.

 

Referensi : [wkid/Medical News Today]

pictures; https://i.pinimg.com/

 


Tentang Artikel :

tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun, ada hal-hal yang dapat melemahkan sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang, antara lain penuaan, kurang gizi, penyakit, bahkan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu senantiasa dijaga agar daya tahan tubuh kuat.


Download Apps