12 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan.

Tentang Artikel :

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 rantai panjang, yang telah terbukti mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan faktor risiko penyakit. Temukan berbagai manfaat mengkonsumsi ikan salmon dengan membaca artikel informatif ini.


Wakool.id - Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan paling bergizi yang menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan. Kaya akan asam lemak omega-3, vitamin B12, dan nutrisi penting lainnya, ikan salmon sangat bagus untuk kesehatan rambut dan kulit. Rasa salmon yang enak dan manfaat kesehatan yang luar biasa dari salmon menjadikannya salah satu ikan yang paling dicintai di dunia.

Salmon adalah ikan berminyak populer yang mengandung lemak baik. Ini membuatnya baik untuk kesehatan jantung dan kolesterol. Jumlah protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 dan -6 yang baik berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

Dianggap sebagai makanan super, fakta nutrisi salmon mencakup unsur-unsur antioksidan seperti selenium dan mineral lain seperti fosfor, seng, dan kalium, serta kelompok vitamin B — riboflavin, niasin, tiamin, B6, folat, dan B12. Oleh karena itu, salmon membantu kesehatan yang baik, karena membuat sebagian besar kekurangan mineral dan vitamin dalam tubuh kita jika kita menjadikannya sebagai bagian dari makanan kita.

Berikut 12 manfaat ikan salmon bagi kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Salmon adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3 (EPA dan DHA) dan kalium. Asam lemak omega-3 dan -6 yang dikombinasikan dengan kalium berkontribusi besar terhadap kesehatan jantung, karena mereka mengurangi peradangan arteri, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga tingkat tekanan darah. Kalium membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah retensi cairan berlebih. Dengan demikian, asupan salmon secara teratur dapat secara signifikan mengurangi kondisi medis terkait jantung, termasuk serangan jantung, stroke, aritmia, tekanan darah tinggi, dan trigliserida tinggi. 

2. Memperbaiki jaringan yang rusak

Salmon adalah sumber protein yang baik. Selain nutrisi penting, tubuh kita membutuhkan protein karena protein adalah bahan penyusun tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Ini membantu tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, melindungi kesehatan tulang, dan mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan. Ini juga menjaga tingkat metabolisme yang sehat dan meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

3. Sumber vitamin B kompleks yang sangat baik

Salmon kaya akan seluruh kelompok vitamin B — B3, B5, B7, B6, B9, B12, dan seterusnya. Vitamin B kompleks memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan yang sehat dari semua fungsi tubuh. Kelompok vitamin B bekerja secara saling bergantung untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi, membuat dan memperbaiki DNA, dan mengurangi peradangan. Di antara semua vitamin B, salmon paling kaya akan vitamin B3 (niasin) dan vitamin B6. Vitamin B3 membantu menurunkan kadar kolesterol, sedangkan vitamin B6 meningkatkan kesehatan otak. Salmon juga memiliki jumlah B12 yang baik yang penting untuk fungsi otak dan sistem saraf, keseimbangan hormonal, dan beberapa fungsi metabolisme.

4. Membantu fungsi tiroid yang tepat

Salah satu fungsi penting selenium adalah menjaga fungsi tiroid yang tepat. Porsi salmon yang layak dapat menghasilkan banyak selenium. Mineral jejak penting ini melindungi kelenjar tiroid dari kerusakan oksidatif yang disebabkan selama sintesis hormon tiroid. Sel-sel kelenjar tiroid menghasilkan hidrogen peroksida yang digunakan untuk membuat hormon tiroid.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Tingkat DHA yang tinggi bekerja sama dengan vitamin A, vitamin D, dan selenium dalam ikan salmon untuk meningkatkan dan meningkatkan fungsi otak. Faktanya, suplemen asam lemak omega-3 digunakan untuk mengobati gangguan psikologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Makan salmon selama kehamilan dapat membantu meningkatkan perkembangan dan kesehatan otak janin.

6. Dapat menyembuhkan kanker

Berdasarkan kandungan asam lemak omega-3 yang mengesankan, salmon dianggap sebagai makanan super. Secara medis, asam lemak omega-3 terbukti dapat memberikan efek yang besar pada sel kanker dan membunuh tumor. Kondisi kanker tertentu seperti kanker kulit, kanker prostat, kanker kolorektal, kanker hati, kanker kulit imbas UVB, dan tumor otak dapat diobati dan dicegah dengan asam lemak omega-3.

7. Melawan peradangan sendi

Sekali lagi asam lemak omega-3 dalam salmon membantu mengurangi berbagai kondisi peradangan sendi termasuk osteoartritis. Salmon mengandung sekelompok protein kecil yang disebut peptida bioaktif. Salah satu peptida bioaktif semacam itu, yang disebut kalsitonin, diketahui meningkatkan, mengatur, dan menstabilkan sintesis kolagen dalam tulang rawan osteoartritik manusia.

8. Membangun kecerdasan kognitif pada anak

Karena salmon baik untuk kesehatan otak, ibu hamil harus makan salmon untuk membangun keterampilan kognitif dan kemampuan belajar pada anak-anak. Ini juga harus dimasukkan dalam makanan anak-anak yang sedang tumbuh, karena salmon juga dapat membantu mengekang ADHD dan meningkatkan kinerja akademis.

9. Sifat antioksidan

Warna merah jambu dari salmon berasal dari keberadaan astaxanthin, anggota dari keluarga antioksidan karotenoid. Tidak seperti karoten dan karotenoid lainnya, astaxanthin tidak diubah menjadi retinoid dalam tubuh manusia. Ini adalah antioksidan alami dan baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, kekebalan tubuh, inflamasi, dan neurodegeneratif.

10. Meningkatkan penglihatan

Sangat kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin A, salmon adalah sumber makanan yang bagus untuk mata. Konsumsi salmon secara teratur dapat membantu menyembuhkan sindrom mata kering dan gejala degenerasi makula terkait usia (AMD).

11. Meningkatkan kesehatan kulit

Ikan salmon bermanfaat bagi kulit karena adanya asam lemak dan vitamin A. Lemak sehat ini meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit. Asam lemak omega-3 bekerja sama dengan antioksidan karotenoid astaxanthin dalam ikan salmon untuk sangat mengurangi kerusakan radikal bebas yang menyebabkan penuaan.

12. Dapat membantu menurunkan berat badan

Salmon juga bermanfaat menurunkan berat badan. Ikan berminyak kaya protein dengan kandungan rendah kalori. Oleh karena itu, sangatlah sehat dan disarankan untuk memasukkan salmon ke dalam rencana diet Anda, karena ini tidak hanya memberi Anda protein dalam jumlah besar tetapi juga akan mengimbangi berbagai kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh. Kandungan lemak dalam salmon sebagian besar baik dan tidak membuat Anda bertambah gemuk. [wkid/safebeat.org]

 


ARTIKEL TERKAIT