6 Kebiasaan Tidur yang Buruk yang Harus Dihindari

Tentang Artikel :

Kebanyakan orang memiliki beberapa kebiasaan tidur & sebelum tidur yang buruk, bukan hanya satu! Anda mungkin menganggapnya sebagai "normal", atau bagian dari gaya hidup Anda yang sibuk, tetapi jika itu memengaruhi kualitas Tidur Anda dapatkan setiap malam, atau Anda memperhatikan beberapa ekstra keras kepala merayap di sekitar bagian tengah tubuh Anda, mungkin sudah waktunya mempertimbangkan untuk membuang kebiasaan buruk ini dan mengadopsi kebiasaan baru yang lebih sehat.


Wakool.id - Anda mungkin memiliki pola & kebiasaan tidur yang buruk , dan bahkan tidak menyadarinya. Lagipula, kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan bagaimana hal-hal yang mereka lakukan di malam hari dapat memengaruhi seberapa baik mereka istirahat. Namun, hal-hal yang Anda lakukan setiap hari bisa lebih membahayakan tidur Anda daripada kebaikan. Jika Anda telah mengembangkan kebiasaan malam hari yang buruk selama bertahun-tahun, berikut ini beberapa praktik terbaik agar Anda dapat menyesuaikan gaya hidup dengan gangguan minimal pada rutinitas Anda.

Kebiasaan Tidur yang Buruk yang Harus Dihindari

1. Berolahraga Terlalu Dekat dengan Waktu Tidur

Saat Anda berolahraga, Anda mendapatkan aliran endorfin, dan Anda meningkatkan kadar adrenalin dan kortisol dalam aliran darah Anda. Efeknya merangsang dan dapat bertahan selama berjam-jam. Bagi banyak orang, tertidur langsung setelah berolahraga hampir tidak mungkin; Namun, bagi yang lain, ini bukanlah tantangan. Jika Anda seseorang yang tidak bisa tidur setelah sesi di gym, maka rencanakan latihan Anda di pagi hari.

2. Menggunakan Gadget di Tempat Tidur Anda

Kebanyakan orang suka bersantai di malam hari dengan menonton televisi , menggunakan ponsel cerdas mereka untuk memeriksa media sosial atau bermain game, membaca di e-reader, atau bermain video game. Yang benar adalah bahwa cahaya dari layar ini kemungkinan akan membuat Anda tetap terjaga. Cobalah untuk menghindari waktu layar dalam satu atau dua jam sebelum waktu tidur. Matikan semua perangkat ini saat berada di kamar tidur Anda. Dalam kasus ponsel cerdas Anda, letakkan di seberang ruangan atau di kamar yang bersebelahan untuk menghindari gangguan olehnya.

3. Makan Larut Malam

Makan malam segera sebelum tidur adalah larangan besar. Tindakan pencernaan dapat mencegah Anda mudah tertidur, dan Anda rentan mengalami mulas jika Anda berbaring segera setelah makan.

4. Bekerja Sampai Waktu Tidur

Anda mungkin harus mengistirahatkan kecenderungan gila kerja tersebut sebelum tidur. Jika Anda bekerja dengan benar sampai Anda mencapai puncaknya, kemungkinan Anda bisa tertidur dengan mudah mendekati nol. Otak Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat dan rileks sebelum membiarkan tidur menyusulnya.

5. Begadang

Bahkan sesekali larut malam dapat berdampak buruk pada jadwal tidur Anda. Alasannya adalah, bisa jadi lebih sulit untuk bangun pada waktu biasa keesokan harinya. Anda mungkin akan menyeret diri Anda sendiri sepanjang hari. Jika Anda menyerah pada tidur siang, itu bisa mendorong serangan insomnia di malam hari. Yang terbaik adalah menetapkan waktu tidur setiap malam, dan kemudian menaatinya.

6. Tidur di Akhir Pekan

Siapa yang tidak suka bermalas-malasan di hari Sabtu atau Minggu? Masalah dengan tidur pada akhir pekan adalah bahwa hal itu menyebabkan kesulitan tidur pada Minggu malam. Anda lebih mungkin kurang tidur pada Senin pagi, dan defisit tidur cenderung meningkat selama seminggu. Alhasil, Anda bisa jadi lebih tergoda untuk berbaring di akhir pekan. Sebaliknya, Anda harus menjaga jadwal tidur yang konsisten setiap hari, termasuk akhir pekan. .

Bagaimana Itu Mempengaruhi Hidup Anda

Selain menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius dalam jangka panjang seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, kanker, dan gangguan mood, tidak mendapatkan waktu tidur yang teratur secara konsisten juga dapat mendatangkan malapetaka pada kehidupan sehari-hari Anda.

Menjadi lebih mudah marah, menggunakan penilaian yang buruk dan memiliki waktu reaksi yang lebih lambat dari rata-rata adalah efek langsung dari tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Saat Anda tidak dalam kondisi terbaik, Anda dapat secara tidak sengaja merusak karier dan hubungan Anda, belum lagi jika Anda mengemudi atau mengoperasikan alat berat saat mengantuk, Anda juga sangat meningkatkan risiko melukai diri sendiri dan orang lain.

Membangun Kebiasaan Tidur yang Baik

1. Hindari Makan Terlalu Dekat dengan Waktu Tidur

Tidur dalam keadaan lapar jarang menjadi solusinya, tetapi juga bukan pesta larut malam. Jika Anda merasa lapar sebelum tidur, ambillah camilan ringan. Segenggam almond atau pisang yang dicelupkan ke dalam selai kacang seharusnya menyediakan cukup protein dan triptofan untuk membantu Anda tidur.

2. Hindari Stimulan

Jika Anda seorang peminum kopi, teh, atau soda, hindari minuman ini pada sore dan malam hari. Selain itu, perhatikan cokelat yang juga mengandung kafein. Hal yang sama berlaku untuk makanan yang menyertakan perasa atau bahan kopi dan cokelat. Mereka semua bisa membuat Anda tetap terjaga.

3. Hindari Durasi Layar

Anda sudah tahu bahwa lampu LED yang dimatikan oleh perangkat elektronik mengganggu produksi melatonin Anda dan membuat Anda lebih sulit tidur. Anda tidak perlu menghindari waktu layar sama sekali, tetapi sebaiknya hilangkan dengan satu atau dua jam sebelum tidur.

4. Hindari Menekan Tombol Tunda

Menekan tombol tunda adalah godaan yang tampaknya tak terhindarkan, tetapi begitu Anda tahu bahwa hal itu tidak memiliki manfaat dan lebih banyak merugikan daripada kebaikan, Anda mungkin bisa menahan gaya tersebut. Meskipun sulit untuk bangun pagi-pagi sekali, menekan tombol snooze tidak akan membuat Anda tidur nyenyak. Anda mungkin akan tertidur selama beberapa menit dalam tidur ringan dan kemudian bangun beberapa saat kemudian.

Pada saat Anda akhirnya bangun, Anda lebih cenderung menjadi grogi dan mudah tersinggung daripada jika Anda baru saja bangun dari tempat tidur ketika alarm Anda pertama kali berbunyi.

5. Hindari Suhu Ruangan yang Hangat

Seiring manusia berevolusi, genom manusia telah merancang tubuh untuk menurunkan suhu inti tubuh saat beristirahat. Oleh karena itu, lingkungan tidur yang ideal harus berkisar antara 60 dan 67 derajat. Jika Anda tidak dapat mengontrol suhu ruangan dengan termostat, pilih seprai dan seprai yang memungkinkan Anda tetap dingin.

6. Hindari Jam Tidur Aneh

Konsistensi adalah kunci dalam hal rutinitas sebelum tidur. Hindari tidur semalaman yang cenderung diikuti dengan kecelakaan atau waktu tidur lebih awal pada malam berikutnya. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah merencanakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Menjaga jadwal ini pada akhir pekan bisa menjadi tantangan, jadi berikan diri Anda waktu ekstra untuk tidur, jika memang harus, tetapi tidak lebih dari itu.

7. Buat Jadwal Latihan Reguler

Olahraga teratur juga merupakan cara efektif untuk mengatur rutinitas tidur Anda. Jika Anda berolahraga di pagi hari atau saat makan siang, Anda bisa mendapatkan ledakan energi untuk melihat Anda sepanjang hari, dan secara alami Anda akan merasa lebih lelah di malam hari. Jika satu-satunya waktu Anda dapat berolahraga adalah setelah bekerja, pastikan Anda segera pergi ke gym (atau tempat lain mana pun Anda berolahraga) untuk memberi banyak waktu bagi diri Anda untuk pulih dan lelah setelahnya.

8. Perbaiki Lingkungan Tidur Anda

Kamar yang terang dan bising dengan kasur yang tidak nyaman dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak. Pastikan kamar tidur Anda gelap dan tenang dan tempat tidur Anda memiliki kasur yang mendukung

Bisakah itu menyebabkan kurang tidur?

Ya, tentu saja! Tidak tidur pada jadwal rutin dan melakukan kebiasaan mengganggu tidur sebelum tidur dapat mengakibatkan siklus hutang dan kekurangan tidur yang tidak ada habisnya. Masuk akal bahwa jika Anda tidak dapat tidur dengan mudah di malam hari, namun Anda masih harus bangun untuk bekerja atau sekolah di pagi hari, Anda tidak akan mendapatkan cukup istirahat, dan itu dapat menyebabkan keadaan kekurangan.

Bisakah Anda memperbaiki jadwal tidur Anda untuk satu malam?

Ya, Anda bisa memperbaiki jadwal tidur Anda dalam satu malam. Ilmuwan tahu bahwa siklus tidur-bangun tubuh ditentukan oleh sejumlah faktor. Kebanyakan orang fokus pada peran terang dan gelap dalam kebiasaan tidur mereka, tetapi makanan juga menjadi pendorong ketika tubuh tertidur dan bangun.

Jika Anda berhenti makan selama 12 hingga 16 jam (anggap saja sebagai puasa mini), Anda harus dapat mengatur ulang jam internal Anda. Rencanakan untuk berbuka puasa pada waktu bangun yang Anda inginkan. Dampaknya adalah Anda telah memulai hari Anda dalam zona waktu baru ini, dan Anda harus berada di jalur yang benar mulai saat ini, 

 

Referensi : [wkid/Medicalnews.com]

pictures: daripos.com

 


ARTIKEL TERKAIT