Langkah BIASA untuk Hasil LUAR BIASA

Tentang Artikel :

Kesuksesan pada dasarnya merupakan hasil dari rangkaian langkah-langkah biasa yang konsisten dilakukan secara terus menerus. Sayangnya langkah-langkah biasa itu karena kesederhanaan dan kemudahannya itu seringkali diabaikan oleh orang. Sehingga akibatnya hanya sebagian kecil orang saja yang dapat mencapai kesuksesan.

WAKOOL.ID-- Menurut "US News & World Report", 80 persen dari resolusi tahun baru orang itu sudah gagal pada minggu kedua Februari. Well, sekarang sudah tanggal 22 Februari, berarti sudah lewat minggu ketiga. Coba cek masing-masing, apakah resolusi kita tahun ini masih on the track, mengarah ke gagal, atau sudah gagal total? Atau jangan-jangan malah tidak punya target resolusi apapun?

Biasanya ketika gagal, kita berfikir bahwa penyebabnya adalah karena usaha yang kita lakukan belum luar biasa. Masih biasa-biasa saja. 

Padahal berbagai penelitian menyebutkan bahwa sukses itu adalah buah dari langkah-langkah biasa yang dilakukan secara konkret dan konsisten. Banyak hal diabaikan karena ia nampak biasa-biasa dan sederhana. Dampaknya juga tidak langsung terlihat. 

Dalam setiap masyarakat dan zaman, proporsi orang sukses itu memang sangat sedikit. Dapat diibaratkan seperti puncak paramida. Mungkin hanya sekitar 5 persen orang yang bisa dikatakan sukses dalam mecapai banyak target dalam hidupnya. Nah, kalau sukses itu "hanyalah sekedar" melakukan hal-hal biasa secara konsisten, lalu apa yang membuat 95 persen orang tidak menjalankannya?

Memang hal-hal biasa itu sangat mudah dilakukan. Tapi pada saat yang sama juga sangat mudah untuk ditinggalkan. Menyisihkan dua puluh ribu rupiah uang tiap hari, misalnya, adalah sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan. Sama mudahnya dengan tidak menyisihkannya. Jika itu dilakukan, maka dalam seminggu ia telah mengumpulkan 140 ribu rupiah. Tidak impresif ya? Ya itulah yang membuat banyak orang mengabaikannya. Padahal jika itu konsisten terus dilakukan, ia mungkin akan menjadi modal penting di masa depan. 

Melakukan olah raga ringan selama 15-30 menit sehari itu mudah untuk dilakukan. Sama mudahnya dengan tidak melakukannya. Tidak terasa juga dampaknya. Melakukannya tidak bikin capek, tidak melakukannya juga nggak ngefek. Dampaknya mungkin baru terasa 20-30 tahun kemudian, kalau masih diberikan panjang umur tentunya. 

Bayangkan misalnya kalau makan junk food itu langsung berdampak serangan jantung yang berat sesaat setelah makan. Kira-kira apakah kita akan mendekati junk food lagi? Nggak mungkin lah, gila apa?! Cuma karena umumnya dampaknya baru terasa dalam jangka panjang, maka kita merasa biasa-biasa saja melakukan kebiasaan makan yang buruk itu. 

Kebanyakan orang maunya memilih cara yang paling mudah dalam hidup. Tapi ujung-ujungnya justru memilih jalur yang paling sulit. 

Intinya, orang cenderung mengabaikan hal-hal biasa dalam hidup karena terlihat mudah dan biasa saja, serta hasilnya juga tidak langsung terlihat. 

Padahal sukses itu gradual, seperti halnya gagal itu juga bertahap. Tidak langsung terlihat. Hal-hal yang biasa itu akan berubah menjadi luar biasa dengan berjalannya waktu. Dan sayangnya begitu hasilnya mulai terlihat, maka pilihan-pilihan langkah biasa itu sudah menjadi sejarah masa lalu. 

Bumi terus berputar, dengan atau tanpa kita,

Setiap putarannya membawa hal-hal biasa,

Setiap putarannya mengubah masa depan jadi masa lalu,

Setiap putarannya mendekatkan kita pada sukses atau gagal,

Setiap putarannya mendekatkan kita pada akhir kita, 

Akhir yang sukses ataupun gagal.

Sebaik-baik urusan adalah yang konsisten dilakukan, walaupun itu biasa-biasa saja. (Rasulullah SAW). [wkid]

 

ARTIKEL TERKAIT