10 Latihan Yang Akan Membantu Anda Meningkatkan Stamina Anda

Tentang Artikel :

Olahraga yang meningkatkan latihan fisik tertentu bisa meningkatkan stamina dan daya tubuh kita


Wakool.id - Olahraga meningkatkan stamina dan tingkat energi secara keseluruhan dalam jangka waktu yang lama. Latihan kardio seperti lari, bersepeda, aerobik, jogging , dan latihan paru-paru serta jantung meningkatkan efisiensi suplai oksigen ke otot-otot di tubuh Anda. Selama jangka waktu tertentu, ini akan meningkatkan dan meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh Anda. Anda akan merasa tidak terlalu lelah setelah sesi latihan fisik. Latihan yang berfokus pada pembangunan kekuatan seperti push-up, angkat beban secara bertahap meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mengangkat beban yang lebih berat dalam waktu yang lebih lama tanpa merasa lelah. Latihan akan melelahkan Anda dalam jangka pendek, tetapi dengan latihan, Anda akan segera melihat perbedaannya bagi tubuh Anda.

10 Latihan Yang Akan Membantu Anda Meningkatkan Stamina Anda

Biasanya disebut sebagai daya tahan, stamina mengacu pada kemampuan tubuh Anda untuk mempertahankan upaya fisik dalam jangka waktu lama. Ini termasuk otot Anda dan semua organ tubuh Anda lainnya. Apakah itu latihan Anda atau bahan makanan sehari-hari atau bahkan olahraga yang ingin Anda lakukan tanpa terengah-engah, Anda harus berkonsentrasi pada latihan berikut agar berjalan dengan sempurna dan mudah.

1. Menaiki Tangga

Lain kali ketika Anda berencana untuk keluar, ingatlah untuk menggunakan tangga.

Bagaimana melakukan

Setel alarm agar Anda diingatkan untuk menaiki tangga setiap kali berencana keluar. Jadikan bersepeda sebagai bagian dari rutinitas kebugaran Anda, dan Anda akan segera dapat melihat perbedaan positif dari latihan sederhana ini pada tubuh Anda.

menaiki tangga

2. Pose Perahu

Jika Anda jarang punya waktu untuk pergi ke gym, ini adalah salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan stamina di rumah.

Bagaimana melakukan 

Duduklah di lantai dengan kaki lurus. Seimbangkan pinggul Anda, angkat kaki Anda ke udara dan rentangkan lengan Anda. Anda akan melihat bahwa posisinya mirip dengan perahu. Tahan pose tersebut selama 30 detik. Bersantai. Lakukan set ini setidaknya 5 kali. Latihan ini akan meregangkan otot inti Anda dan Anda akan merasakannya di perut bagian bawah, punggung bawah, dan fleksor pinggul.

pose perahu

3. Papan Samping

Biasanya disebut sebagai obliques, papan samping membantu memperkuat otot perut bagian bawah dan samping.

Bagaimana melakukan

Berbaringlah di sisi Anda. Sekarang, pertahankan siku Anda sebagai penopang, angkat seluruh tubuh Anda. Tahan posisi ini selama 10 detik. Ini akan sulit pada awalnya, tetapi setelah Anda berpengalaman, tingkatkan penahanan. Semakin lama Anda melakukan latihan ini, semakin kuat Anda jadinya.

papan samping

4. Push-up

Push-up adalah latihan sederhana yang berfokus pada penguatan tubuh bagian atas dan inti. Ini menggunakan berbagai macam otot Anda seperti dada, bisep, trisep, bahu, punggung dan kaki.

Bagaimana melakukan

Berbaring di lantai, tengkurap, dengan telapak tangan di dekat dada. Angkat tubuh Anda, berikan semua tekanan pada telapak tangan. Tahan pose tersebut selama 10 detik. Lakukan latihan ini 5 kali dan secara bertahap tingkatkan hitungan. Jika pada awalnya Anda merasa kesulitan untuk melakukan latihan ini, Anda dapat mencoba menggunakan bangku yang ditinggikan sebagai penopang hingga Anda yakin melakukannya di lantai.

push-up

5. Kursi Dips

Bagi Anda yang bekerja berjam-jam di kantor yang terpaku pada komputer, latihan ini cocok untuk Anda.

Bagaimana melakukan

Duduklah di kursi dengan sandaran tangan. Jaga punggung tetap lurus dan kedua kaki Anda stabil di lantai, selebar bahu. Bungkukkan badan sedikit ke depan dan dengan dukungan sandaran lengan, gerakkan tubuh Anda dari kursi secara perlahan sambil menghembuskan napas. Tahan posisi ini selama 5 hitungan dan kembali ke posisi semula sambil menarik napas perlahan. Anda dapat melakukan ini sebanyak mungkin tergantung pada tingkat kenyamanan Anda.

 

kursi dips

6. Jongkok

Squat membuat banyak otot bekerja. Ini tidak hanya melatih seluruh tubuh Anda, tetapi juga membantu memperkuat jaringan dan ligamen di tubuh Anda.

Bagaimana melakukan

Berdirilah di lantai dengan kaki terbuka. Jaga tulang belakang tetap lurus, tekuk lutut dan bersiaplah untuk turun ke lantai. Saat lutut ditekuk, pastikan pinggul Anda sedikit ke belakang saat Anda turun. Hal terpenting yang harus diingat dalam latihan ini adalah memberikan tekanan nol pada tulang belakang Anda. Tulang belakang Anda harus rileks dan lurus.

squat

7. Pendaki Gunung

Pendaki gunung adalah rutinitas olahraga yang menargetkan sebagian besar otot tubuh, termasuk paha depan, bisep, deltoid, trisep, paha belakang, obliques, dan area perut. Ini adalah latihan tubuh lengkap yang juga membuat jantung Anda berdebar lebih cepat.

Bagaimana melakukan

Berbaringlah di lantai dengan wajah menghadap ke bawah. Angkat tubuh Anda dengan menopangnya pada jari-jari kaki dan telapak tangan Anda. Posisi Anda harus lurus dengan tumit dan mahkota Anda sejajar dengan benar. Tarik lutut kanan ke arah tengah tubuh dan tahan posisi selama 10 detik. Letakkan kaki kanan Anda kembali ke posisinya dan ulangi hal yang sama dengan kaki kiri Anda. Lakukan latihan ini 5 kali.

pendaki gunung

8. Duduk di Dinding

Latihan yang sangat sederhana yang dapat Anda lakukan dari kenyamanan rumah Anda.

Bagaimana melakukan

Berdirilah dengan punggung menghadap ke dinding dan lengan Anda terkunci di siku. Meluncur ke bawah dinding sampai lutut Anda berada pada sudut 90 derajat dari lantai dan paha belakang Anda sejajar dengan lantai. Hitung sampai 10 saat Anda menahan pose ini. Ulangi untuk 4 kali lagi.

sit up dinding

9. Paru-paru

Latihan tunggal ini membantu memperkuat punggung, pinggul, paha belakang, paha depan, perut, dan bokong sekaligus.

Bagaimana melakukan

Sambil berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, jaga agar tulang punggung tetap lurus dan lentur. Dengan kaki kanan Anda, melangkah ke depan dan tekuk pinggul Anda sehingga kedua lutut Anda membentuk sudut 90 derajat. Lutut kanan Anda tidak boleh melebihi pergelangan kaki dan lutut kiri Anda, meskipun ditekuk, tidak boleh menyentuh lantai. Tahan sekitar 10 hitungan dan ulangi sebanyak 5 kali.

terjang

10. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu aktivitas terbaik, dan dapat dilakukan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Bagaimana melakukan

Jika Anda sedang bersepeda, maka yang terbaik adalah memulai di trek yang memiliki jalur sepeda khusus untuk orang-orang yang berpikiran sama. Bagi Anda yang menggunakan sepeda di gym, duduklah dalam posisi lurus dengan bahu terjepit dalam satu garis lurus. Mulailah bersepeda dalam mode lambat selama sekitar 5 menit dan secara bertahap tingkatkan kecepatan Anda.

bersepeda

Ada latihan berbeda untuk tujuan berbeda. Meskipun sebagian besar membantu Anda tetap sehat dan kuat, Anda harus berlatih beberapa di antaranya untuk memutuskan mana yang paling cocok untuk Anda dan tubuh Anda.

referensi: wkid/parenting.firstcry.com

picture: blog.wecare


ARTIKEL TERKAIT