10 Manfaat Strawberry untuk kesehatan

Tentang Artikel :

Bisa dibilang, strawberry adalah buah yang serbaguna. Selain rasanya yang enak, bulat berwarna merah terang dan berbintik-bintik ini juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Nah, apa saja manfaat strawberry? Simak penjelasan berikut


10 Cara Mengejutkan Stroberi Dapat Bermanfaat bagi Kesehatan Anda

Wakool.id - Strawberry adalah buah yang sering digunakan sebagai pelengkap dalam hidangan kue atau makanan dan minuman lainnya yang berbahan dasar buah-buahan. Hal ini dikarenakan buah strawberry memiliki warna merah yang sangat pekat, sehingga menjadikan beberapa orang menggunakan strawberry sebagai penghias makanan. Jika Anda belum menjadi penggemar stroberi, Anda harus menyukainya. Tidak hanya berair, musim dan lezat, mereka juga merupakan makanan super yang bonafid. Kaya nutrisi dan dikemas dengan antioksidan (seperti vitamin C), manfaat stroberi tidak terbatas,

Di bawah ini adalah 10 manfaat strawberry dan jangan sampai ketinggalan nformasinya: 

1. Meningkatkan kekebalan Anda

"Stroberi adalah sumber vitamin C yang sangat baik," kata ahli diet terdaftar yang berbasis di Toronto, Madeleine Edwards. karena manusia tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi vitamin C secara alami, itulah mengapa sangat penting untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. “Satu porsi mengandung 51,5 mg vitamin C - sekitar setengah dari kebutuhan harian Anda,” kata Edwards. "Gandakan satu porsi menjadi satu cangkir dan dapatkan 100 persen." Vitamin C adalah penguat kekebalan yang terkenal, serta antioksidan yang kuat dan bekerja cepat. 

2. Meningkatkan kesehatan penglihatan Anda

Sifat antioksidan dalam stroberi juga dapat membantu mencegah katarak - kekeruhan pada lensa mata - yang dapat menyebabkan kebutaan di usia tua. Mata kita membutuhkan vitamin C untuk melindunginya dari paparan radikal bebas dari sinar UV matahari yang keras, yang dapat merusak protein di lensa. Vitamin C juga berperan penting dalam memperkuat kornea dan retina mata. Sementara vitamin C dosis tinggi telah terbukti meningkatkan risiko katarak pada wanita di atas 65 tahun, para peneliti dari Karolinska Institutet di Stockholm mencatat bahwa risiko tersebut berkaitan dengan vitamin C yang diperoleh dari suplemen, bukan vitamin C dari buah-buahan dan sayuran.

3.Mencegah kanker

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang dapat membantu pencegahan kanker, karena sistem kekebalan tubuh yang sehat merupakan pertahanan terbaik tubuh. Fitokimia yang disebut asam ellagic - juga ditemukan pada stroberi - adalah salah satunya. "Asam Ellagic telah terbukti menghasilkan sifat anti kanker seperti menekan pertumbuhan sel kanker," kata Edwards. “Stroberi juga mengandung antioksidan lutein dan zeathancin. Antioksidan adalah pemulung radikal bebas dan menetralkan efek negatif potensial yang dapat ditimbulkannya pada sel kita,

4. Mengurangi kerutan Wajah Anda

Kekuatan vitamin C dalam stroberi terus berlanjut, karena sangat penting untuk produksi kolagen, yang membantu meningkatkan elastisitas dan ketahanan kulit. Karena kita kehilangan kolagen seiring bertambahnya usia, makan makanan yang kaya vitamin C dapat menghasilkan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda. Tapi vitamin C bukan satu-satunya pembasmi kerutan alami yang ditemukan dalam buah ini. Para peneliti di Universitas Hallym di Republik Korea menyimpulkan bahwa asam ellagic secara nyata mencegah kerusakan kolagen dan respon inflamasi - dua faktor utama dalam perkembangan keriput - pada sel kulit manusia, setelah terus terpapar sinar UV-B yang merusak kulit. 

5. Turunkan kolesterol Anda

Menurut Heart and Stroke Foundation, penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di kalangan wanita Kanada. Untungnya, manfaat stroberi termasuk penguat kesehatan jantung yang ampuh. “Asam Ellagic dan flavonoid - atau fitokimia - dapat memberikan efek antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan berbagai cara,” jelas Edwards. “Salah satu caranya termasuk melawan efek low-density lipoprotein, atau LDL - kolesterol jahat dalam darah, yang menyebabkan penumpukan plak di arteri. Cara kedua adalah memberikan efek anti-inflamasi, yang juga baik untuk jantung. "

Para peneliti di Clinical Nutrition and Risk Factor Modification Center di Toronto mempelajari manfaat stroberi pada diet penurun kolesterol dan menyimpulkan bahwa menambahkannya ke dalam makanan dapat mengurangi kerusakan oksidatif, serta lipid darah - keduanya berperan dalam penyakit jantung. dan diabetes. Coba tambahkan lebih banyak makanan penurun kolesterol ini ke dalam makanan Anda.

6. Kurangi peradangan yang mengganggu

Antioksidan dan fitokimia yang ditemukan dalam stroberi juga dapat membantu mengurangi peradangan pada persendian, yang dapat menyebabkan radang sendi dan juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang makan 16 atau lebih stroberi per minggu 14 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami peningkatan kadar protein C-reaktif (CRP) - indikasi peradangan dalam tubuh. Pelajari lebih lanjut tentang  

7. Atur tekanan darah Anda

Kalium adalah nutrisi jantung sehat lainnya, dan dengan 134 mg per porsi, stroberi dianggap sebagai "sumber sedang," menurut Layanan Kesehatan Alberta. Kalium dapat membantu mengatur tekanan darah dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai penyangga terhadap efek negatif natrium. Berkat pengaruhnya terhadap penurunan LDL, peradangan dan tekanan darah tinggi, manfaat stroberi ini telah membuat buah mungil ini dijuluki sebagai salah satu buah paling sehat untuk jantung yang dapat Anda makan.

8. Tingkatkan asupan serat Anda

Serat adalah kebutuhan untuk pencernaan yang sehat, dan stroberi secara alami mengandung sekitar 2 g per porsi. Masalah yang dapat timbul dari kekurangan serat termasuk sembelit dan divertikulitis - peradangan usus, yang menyerang sekitar 50 persen orang di atas 60 tahun. Serat juga dapat membantu melawan diabetes tipe 2. "Serat membantu memperlambat penyerapan gula (yaitu glukosa) dalam darah," kata Edwards. Akibatnya, orang dewasa yang menderita diabetes dapat menikmati stroberi - secukupnya - dalam makanan mereka. ” Sayuran berserat tinggi ini  juga merupakan sumber serat yang bagus!

9. Menurunkan berat badan

Mempertahankan berat badan yang sehat adalah salah satu pertahanan terbaik melawan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, belum lagi bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. "Stroberi secara alami rendah kalori (sekitar 28 kalori per porsi), bebas lemak dan rendah natrium dan gula," kata Edwards. “Stroberi memang mengandung gula alami, meski total gula cukup rendah dengan 4 gram per porsi - dan kandungan karbohidrat total setara dengan kurang dari setengah potong roti. Lipat tiga porsi Anda menjadi 1,5 cangkir dan Anda akan mendapatkan camilan yang kurang dari 100 kalori dan jauh lebih sehat daripada camilan 100 kalori yang sudah dikemas sebelumnya! ” Tambahkan stroberi ke salah satu resep smoothie rendah kalori ini dan Anda akan mendapatkan sarapan atau camilan yang sempurna.

 10. Membantu meningkatkan kesehatan pra-kelahiran

Folat adalah vitamin B yang direkomendasikan untuk wanita yang sedang hamil atau mencoba untuk hamil, dan stroberi adalah sumber yang baik dengan kandungan 21 mg per porsi. Folat diperlukan pada tahap awal kehamilan untuk membantu perkembangan otak bayi, tengkorak dan sumsum tulang belakang, dan asam folat dalam stroberi dapat membantu mencegah cacat lahir tertentu, seperti spina bifida.

referensi:wkid/besthealthmag

picture: sandiehounionnews


ARTIKEL TERKAIT