8 Manfaat Daun Parsley yang Perlu Anda tahu

Tentang Artikel :

Daun Parsley Sering disingkirkan karena dianggap hanya sebagai penghias makanan saja , daun parsley nyatanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Wakool.id - Manfaat peterseli atau parsley bukan sekadar menyedapkan makanan. Manfaat Parsley di dunia kesehatan ternyata sangatlah beragam Sering dijuluki sebagai salah satu tumbuhan yang paling ampuh mengobati berbagai macam penyakit, daun peterseli memang memiliki kandungan nutrisi yang berpotensi baik bagi kesehatan.Manfaat kesehatan yang mungkin berikut telah dikaitkan dengan mengonsumsi parsley.

Parsley atau peterseli adalah tanaman berbunga asli Mediterania. Dilansir Healthline, selama bertahun-tahun, parsley telah digunakan untuk mengobati kondisi seperti Mencegah kanker, diabetes dan penyakit Jantung. Saat ini, parsley banyak digunakan sebagai ramuan kuliner segar atau bumbu kering. Warnanya hijau cerah dan memiliki rasa yang lembut dan pahit yang cocok dengan banyak resep.

Kandungan Nutrisi Parsley; 

  • 22 kalori

  • 1,78 gram (g) protein

  • 0,47 g lemak

  • 3,8 g karbohidrat

  • 2 g serat

  • 0,51 g gula

Jumlah peterseli yang sama menyediakan 984 mikrogram (mcg) vitamin K, serta 79,8 mcg vitamin C, dan 5.054 unit internasional (IU) vitamin A.Satu cangkir peterseli menyediakan 1.230 persen dari asupan vitamin K.

Berikut 8 Manfaat Parsley untuk Kesehatan: 

1. Mencegah kanker

Salah satunya adalah flavonol bernama myricetin yang sudah dihubungkan dengan pencegahan kanker payudara, kanker kulit, dan juga terbukti efektif membunuh beberapa jenis sel kanker tiroid. Parsley juga mengandung vitamin C, yang juga merupakan antioksidan mencegah kanker

2. Melindungi dari diabetes

ntuk menekan risiko diabetes, kamu bisa memanfaatkan daun parsley. Salah satu kandungan di alamnya, yaitu myricetin, berperan penting untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Tak hanya itu saja, kandungan tersebut juga mampu mengatasi resistensi insulin yang menjadi penyebab utama diabetes melitus tipe 2

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Beberapa kandungan daun parsley yang cukup tinggi, di antaranya vitamin K, kalium, magnesium, dan kalsium. Kandungan mikronutrien dalam daun parsley ini bisa bantu dukung fungsi organ tubuh, salah satunya memperkuat tulang. Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko patah tulang

4. Kaya antioksidan

Antioksidan berfungsi melawan radikal bebas yang mampu menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Manfaat peterseli selanjutnya datang dari berbagai macam kandungan antioksidan yang dimilikinya.Ada tiga jenis antioksidan yang dimiliki daun peterseli; flavonoid, karotenoid, dan vitamin C. Berbagai riset juga menyatakan bahwa kandungan antioksidan flavonoid yang dikandung daun peterseli bisa mencegah penyakit kanker usus besar, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung.Sementara itu, karotenoid dipercaya sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko kanker paru-paru.
Perlu dicatat, daun peterseli kering mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan daun peterseli yang baru dipetik dari pohonnya.

5. Menyehatkan mata

Lutein, beta karoten, dan zeaxanthin adalah tiga jenis karotenoid yang dikandung daun peterseli. Manfaat peterseli dalam menyehatkan mata datang dari ketiga jenis antioksidan tersebut.Bayangkan saja, manfaat peterseli dianggap ampuh dalam mencegah degenerasi makula (penyakit mata yang tak bisa disembuhkan), yang mampu menyebabkan kebutaan.Faktanya, mengonsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin, seperti daun peterseli, bisa mencegah degenerasi makula sebanyak 26%.

6. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat peterseli yang sangat dibutuhkan tubuh selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Sebab, kandungan nutrisi daun peterseli dilengkapi dengan folat.Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 58ribu partisipan yang mengonsumsi folat berhasil membuktikan penurunan risiko penyakit jantung hingga 38%

7. Membantu mengatasi infeksi kandung kemih

Meredakan infeksi kandung kemih. Praktisi homeopati mengatakan, beberapa lembar parsley bisa menjadi ramuan herbal alami untuk meredakan infeksi kandung kemih. Hal ini tidak lain karena tanaman ini bermanfaat untuk menurunkan kadar ureum, kreatinin, asam urat, dan elektrolit.

8. Membantu Proses Pencernaan

Manfaat parsley yang ke enam untuk membantu masalah pencernaan. Secara tradisional, parsley digunakan untuk membantu mengobati gangguan pencernaan. Kandungan serat dalam parsley membantu memperlancar sistem pencernaan. Ia membantu dalam memindahkan makanan di saluran pencernaan dan juga bertindak sebagai makanan prebiotik untuk bakteri baik di usus.

Penting untuk tidak tiba-tiba mengubah jumlah vitamin K dalam makanan saat mengonsumsi pengencer darah seperti Coumadin, atau warfarin. Vitamin K memainkan peran kunci dalam pembekuan darah.

Pola makan total paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Makan makanan yang bervariasi sebagai jalan menuju hidup sehat lebih penting daripada berfokus pada makanan individu.

referensi: Wkid/healtline/thehealthy.com 

pictures: mommyasia


ARTIKEL TERKAIT