27 Perlengkapan Bayi New Born yang perlu disiapkan

Tentang Artikel :

menunggu kelahiran sikecil momen yang ditunggu-tunggu, banyak sekalai barang atau perlengkapan yang harus disiapkan untuk kehadiran malaikat kecil


Wakool.id -  Menjelang melahirkan, sedang menunggu kedatangan si kecil yang sebentar lagi hadir dikehidupan kita, pasti sangat senang sekali menunggu moment itu, Jika Bunda telah mengetahui jenis kelamin bayi yang akan lahir, banyak sekali yang perlu dipersipkan untuk kehadiran sikecil apakah Bunda sudah menyiapkan daftar peralatan atau perlengkapan si kecil yang kan lahir. 

berikut barang-barang apa saja yang wajib anda persipkan untuk sikecil yang kan lahir : 

1. Baju Bayi
Bayi yang baru lahir itu sangat cepat sekali pertumbuhannya. oleh karena itu untuk baju new born parent membeli dengan jumlah sedikit saja karena bajunya akan sebentar masa pemakaian nya di bayi yang baru lahir. untuk baju bayi yang dibutuhkan adalah  baju berlengan pendek, baju berlengan panjang, jumper, kaus dalaman singlet , ke dalam daftar perlengkapan bayi yang akan dibeli.  dan untuk bahan yang akan dibeli harus diperhatikan  pilih yang bebhan katun supaya si bayi nyaman dan tidak panas pada saat memakainya. 

2. Celana Bayi
ada 2 jenis  yang akan di pakai  bayi, celana pendek dan celana panjang, serta harus diperhatikan juga memilih celana untuk bayi yang ada karet nya dan karetnya pun harus yang tidak terlalu kencang supaya si bayi nyaman. 

3. Kaus Kaki Bayi
bayi akan mudah kedinginan, wajib sekali  sebagai orang tua memperhatikan itu menjaga tubuh bayi agar tetap hangat salah satu nya memakai kaus kai untuk bayi. dan pilihlah kaus kaki yang bahan nya lembut dan nyaman untuk bayi.

4. Selimut Bayi
Pilih selimut bayi yang nyaman dan bahan nya lembut dan tidak terlalu tebal. selimut yang sesuai ukuran tubuh bayinya juga ya.. 

5. Sarung Tangan Bayi
Sarung tangan biasanya sepasang dengan kaus kaki  pilihlah bahan sarung tangan  yang berbahan lembut dan nyaman.  

6. Popok Bayi (Diaper)
Selain popok sekali pakai, Bunda juga perlu menyiapkan popok bayi yang berbahan kain dalam daftar perlengkapan bayi yang akan dibeli agar dapat digunakan kembali setelah dicuci.

7.Tisu Basah Bayi (Baby Wipes)
Tisu basah yang khusus bayi yang aman digunakan untuk membersihkan kkotoran pada kulit dan mulut bayi. penting sekali apabila kita sedang berpergian sangat berguna kegunaan 

8. Handuk Bayi
Handuk yang berbahan halus dan tidak membuat kulit bayi iritasi juga wajib masuk ke dalam daftar perlengkapan bayi. pilih dengan ukuran yang sesuai tubuh bayi dan memiliki daya serap air yang baik.

9. Kain untuk Membedong
Memang tidak semua bayi perlu dibedong, tapi nantinya kain ini akan berguna baik sebagai alas kasur bayi ataupun selimut ringan. Beli setidaknya 1 lusin, agar punya stok lebih untuk bergonta-ganti terutama di musim hujan, dimana cucian lama keringnya.

10. Bantal Bayi
Daftar perlengkapan bayi selanjutnya, bantal. Sebisa mungkin, pilih bantal yang bagian tengahnya menjorok ke dalam untuk menghindari peyang pada bayi. Hal ini karena kepala bayi yang masih lembut di beberapa  bula pertama setelah lahir, sangat rentan berubah-ubah bentuknya. 

11.Perlak Bayi
Perlak atau alas tahan air ini akan berguna sebagai alas kasur bayi untuk menghindari air seni bayi mengenai kasur langsung saat tidak memakai popok sekali pakai. Alasi lagi bagian atasnya dengan kain tipis seperti kain untuk membedong tersebut agar kulit bayi tetap nyaman.

12. Tempat Tidur Bayi
Tempat tidur bayi perlu disiapkan hanya jika diperlukan saja. Jika Bunda merasa bayi bisa tidur satu ranjang denganmu dan pasangan, maka tempat tidur bayi tidak perlu dimasukkan ke dalam daftar perlengkapan bayi. Jika diperlukan, sertakan pula perlengkapan lainnya seperti kasur bayi dan sprei.

13. Kain Lap (Washlap)
Selain handuk, kain lap alias washlap juga perlu Bunda miliki karena sangat beruna untuk mandi. Pilih yang lembut, tapi bertekstur agar aman digosokkan ke tubuh bayi dan megangkat kotoran lebih maksimal

14. Minyak Telon
Minyak telon biasa digunakan oleh bayi sehabis mandi atau kapanpun sehari-hari.

15. Botol Susu
Meskipun bayi baru lahir masih menyusui ASI, namun Bunda tetap harus memasukkan botol susu bayi ke dalam daftar perlengkapan bayi. Bayi dapat juga meminum ASI melalui botol susu ataupun susu formula jika diperlukan.

16. Sabun Bayi
Pilih sabun bayi yang bebas beraroma parfum, karena aroma parfum ini akan membuat kulit bayi yang sensitif akan iritasi. 

17. Shampoo Bayi
Bunda juga dapat memilih sabun bayi yang befungsi sekaligus sebagai sampo yang  aman untuk kulit bayi. 

18. Body Lotion Bayi
Kulit Bayi itu sangat lembut kita perlu menjaga supaya kulit bayi itu tidak kering perlu bodi lotion khususs bayi yang digunakan setelah mandi.

19. Krim Diaper
Krim diaper sanngat bermanfaat pada bayi mencegah ruam pada bayi pada saat memakai diaper. karena tantangan bayi pakai diaper pasti ada ruam di area lipatan belakang pantat.

20. Bak Mandi Bayi
Bayi yang baru lahir pasti perlu bak mandi untuk perlengkapan mandinya. sesuaikan ukuran bak mandi dengan tubuh sikecil pilihlah bahan plastik yang BFA Free

21. Gunting Kuku Bayi
penting sekali menjaga kebersihan kuku sikecil supaya tidak ada kuman dan bakteri didalam nya. serta mencegah garukan ke wajah akibat kuku yang panjang.

22. Alat Sterilisasi
Membersihkan botol susu atau Dot  hanya menggunakan sabun pencuci botol tidak lengkap rasanya apabila tidak menggunakan sterilisasi untuk menjaga botol atau dot teap steril.

23. Stroller
Stroller juga dibutuhkan untuk si bayi berpergiaan ataupun sekedar jalan ketaman pilihlah stroller yang nyaman dengan si bayi sesuai dengan usianya serta yang ringan dibawanya.  

24. Gendongan Bayi
Selain stroller, bunda memerlukan gendongan bayi, supaya tidak capek pada saat mengendong  bayi, bannyak sekali macam gendongan bayi, dari Wrap,hipseat,sling gunakan gendongan sesuai dengan usia si bayi serta yang yangan di pakai bunda dan bayi

25.Tas Bayi
Tas bayi sangat dibutuhkan untuk membawa segala jenis perlengkapan bayi pada saat berpergian ke tempat lain, saat checkup ke rumah sakit. 

26. Kain Kasa
untuk kain kasa beli secukupnya, bunda memerlukan kassa untuk menutup pusar bayi yang baru lahir agar terhindari dari kotoran dan kuman. setelah pupuk pusar kain kasa pun tidak tiperlukan kembali. 

27. Sabun pencuci botol dan  Baju khusus untuk bayi 

kulit bayi itu sangat sensitif sekali  jadi untuk mencuci perlengkapan baju pun perlu sabun atau detergen yang khusu untuk bayi. supaya kulit bayi tidak iritasi pada saat memakai pakaian. untuk peralatan makan atau botol susu pun harus perhatikan juga sabun pencucinya  berbahan 100% Food Grade yang aman untuk bayi.

Selain daftar perlengkapan bayi di atas, barang-barang lain yang bersifat tersier masih dapat ditambahkan jika di kemudian hari, Bunda merasa butuh membelinya sebagai kebutuhan lanjutan. Selamat berbelanja!

[wkid]