Lakukan Ini ketika Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Tentang Artikel :

Persiapan dalam menghadapai UTBK SBMPTN sama pentingnya dengan belajar materi yang akan di uji. Kadang kala kegagalan seseorang calon mahasiswa bukan dari banyaknya materi yang telah dipelajarinya tetapi karena kondisinya ketika melaksanakan tes tersebut. Persiapkan fisik dan mental sebelum ujian dan pastikan sudah memahami materi yang akan diujikan.


WAKOOL.ID-- Persiapan dalam menghadapai Ujian Tes Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) sama pentingnya dengan belajar materi yang akan di uji. Kadang kala kegagalan seseorang calon mahasiswa bukan dari banyaknya materi yang telah dipelajarinya tetapi karena kondisinya ketika melaksanakan tes tersebut.

 

Kondisi fisik seperti kelelahan karena terlalu banyak belajar atau stress karena tidak percaya diri juga akan mempengaruhi kemampuan kita ketika mengerjakan sebuah soal ujian. Berikut beberapa tip yang dapat dilakukan dalam menghadapi UTBK SBMPTN.

 

1. Tetap Tenang

Persiapan yang matang akan membuat kita lebih percaya diri dalam menghadi tes yang akan dikerjakan. Tetapi ketika Anda sadar bahwa sering merasa tegang ketika menghadapi keadaan yang penuh tekanan seperti ujian, maka persiapkan diri Anda dengan Latihan atau simulasi agar bisa menghasilkan nilai terbaik.

 

2. Pahami Ilmu Dasarnya

Berbagai rumus matematika dasar atau susunan tata bahasa tidak akan mengalami perubahan. Pastikan bahwa Anda memahaminya dan bisa mengaplikasikannya pada berbagai persoalan. Apabila Anda telah mempelajarinya sejak sejak tahun lalu mungkin akan sedikit lupa, lebih baik pelajari lagi rumus rumus tersebut agar bisa ingat ketika ujian.

rumus einstein

Rumus Einstein Photo via Pixabay.com

 

3. Ketahui Arah dan Juga Cara Kelokasi Sebelum Ujian

Lokasi ujian akan diberitahukan kepada peserta jauh hari sebelum ujian dilaksanakan. Apabila rumah Anda berada di luar kota sebaiknya beberapa hari sebelumnya Anda sudah berada di kota tempat tes berada, bisa dengan menginap di rumah saudara atau kos. Pastikan setidaknya Anda pernah mengunjungi lokasi ujian dan memahami cara menuju kesana. Apabila Anda diantarkan menuju lokasi ujian menggunakan kendaraan pribadi, pastikan mengetahui jalan alternatif sebagai antisipasi apabila saat hari pelaksanaan ujian terjadi kemacetan.

 

4. Sayangi Tubuh Anda

Begadang hingga pagi dan memakan makanan tidak sehat seperti keripik dan minuman bersoda tidak akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh ketika hari ujian. Tidur yang cukup, makanan sehat dan minum air yang cukup akan memberikan hasil yang positif kepada kondisi tubuh ketika melaksanakan ujian. Pastikan bahwa pakaian yang digunakan juga nyaman dan sesuai dengan ketentuan ujian.

 

5. Kelola Waktu Ujian dengan Baik

Tentunya menyelesaikan ujian lebih awal dengan hasil yang baik akan lebih optimal tetapi kita tidak menutup kemungkinan ada beberapa soal yang sulit dan pengerjaannya lebih lama. Pada beberapa soal yang menurut Anda sulit dan akan memakan waktu mengerjakannya bisa dikerjakan di akhir pengerjaan ujian. Fokus pada soal yang Anda bisa langsung jawab dan kembali pada soal yang lebih sulit apabila Anda telah menyelesasikannya. Tapi jangan menghabiskan waktu dengan mencoba menjawab soal sulit lalu meninggalkannya ketika memakan waktu. Apabila Anda sudah memutuskan untuk mengerjakannya sebaiknya selesaikan agar tidak mengulang perhitungan ketika harus kembali kesoal tersebut.

Pilihan berganda

Pilihan berganda Photo by Alberto G. via Flickr.com

 

6. Ketahui Kapan dan Bagaimana Harus Menebak Jawaban

Apabila tidak ada nilai minus dalam penilaian ujian maka jangan sampai ada soal yang tidak diberi jawaban. Pastikan Anda mengerjakan dulu soal-soal yang Anda yakin benar menjawabnya dan apabila masih tersisa beberapa soal yang belum terjawab tetapi Anda ragu antara jawaban A atau B maka tebak jawaban yang menurut Anda paling benar. Tapi jangan menebak sebagian besar apalagi keseluruhan soal ujian karena kemungkinan salahnya bisa jadi lebih besar. Tetap kerjakan soal sesuai dengan pengetahuan yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

 

7. Pastikan Membaca Soal dengan Benar

Soal ujian biasanya memiliki jebakan untuk membingungkan peserta atau Anda harus benar-benar membacanya dengan teliti untuk memahami apa maksud soal tersebut. Gunakan pengalaman Anda dalam mengerjakan latihan soal dan juga berbagai pengetahuan yang Anda dapatkan ketika sekolah. Apabila sering berlatih kadang Anda tidak perlu membaca semua soal dan pilihan jawabannya maka Anda sudah bisa mengetahui apa jawabannya.

 

Berbagai saran diatas bisa memberikan hasil yang berbeda bagi setiap orang tetapi dengan persiapan yang matang dan kondisi fisik dan mental yang baik maka mengerjakan UTBK SBMPTN tentunya akan bisa dilakukan dengan maksimal. Pastikan sebelum mengerjakan ujian Anda berdoa dulu sesuai dengan keyakinan Anda. Semoga Anda bisa menempuh ujian dengan baik dan masuk ke perguruan tinggi negeri yang Anda inginkan. [wkid/ www.collegeraptor.com]


ARTIKEL TERKAIT