6 Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Lebih Sehat

Tentang Artikel :

Sayuran yang sehat bukan hanya dari jenis sayurannya saja karena walaupun sayuran tersebut termasuk sayuran yang memiliki nilai gizi tinggi tetapi kita salah ketika memilihnya maka gizinya mungkin akan berkurang atau justru menjadi berbahaya ketika dikonsumsi. Ada beberapa cara untuk memilih sayuran ketika membelinya agar bisa mendapatkan sayuran yang lebih segar dan sehat. Baca lebih lanjut untuk mendapatkan informasinya.

WAKOOL.ID-- Memasak berbagai sayuran untuk konsumsi keluarga tentunya bertujuan agar bisa lebih sehat. Berbagai vitamin, serat dan nutrisi bergizi lainnya bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran. Selain manfaat untuk Kesehatan sayuran juga enak dan lebih mudah diolah dibandingkan dengan makanan dari daging, tentunya harganya juga lebih terjangkau. Berbagai manfaat sayuran tersebut jangan sampai berkurang karena kita salah dalam memilih sayuran ketika membelinya.

 

Agar bisa mendapatkan hasil maksimal dari sayur yang kita konsumsi, berikut adalah tip dalam memilih sayuran yang baik dan segar untuk dikonsumsi.

 

1. Perhatikan warna sayuran

Ketika memilih sayuran hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah warna dari sayuran tersebut. Pilihlah sayuran yang memiliki warna cerah atau sesuai dengan warna asli sayuran tersebut. Warna sayurn yang berubah adalah tanda bahwa sayuran tersebut tidak segar lagi dan bisa jadi telah kehilangan kandungan vitamin dan nutrisinya. Contoh paling umum dari sayuran yang telah berubah warna adalah sayuran hijau yang sudah mulai menguning.

sayuran segar di pasar

Sayuran segar Photo by Marco Verch via Flickr.com

 

2. Lubang-lubang kecil pada sayuran

Apakah Anda selalu memilih sayuran yang mulus dan tanpa lubang-lubang kecil di daunnya ketika belanja di pasar? Ternyata hal tersebut justru kurang baik. Adanya lubang-lubang kecil pada sayuran mendandakan bahwa sayuran tersebut dimakan oleh ulat atau serangga yang menandakan bahwa sayuran tersebut minim atau tanpa pestisida. Tentunya sayuran yang memiliki kandungan pestisida yang minim akan menjadi lebih sehat saat dikonsumsi. Apabila memiliki dana lebih, maka Anda bisa membeli sayuran organik yang ditanam dalam rumah kaca sehingga sayuran bebas pestisida dan hama.

 

3. Sayuran daun tidak layu

Sayuran daun dapat dengan mudah kita lihat kesegarannya dengan melihat kondisi sayur tersebut. Apabila telah layu biasanya sayuran tersebut telah lama dipajang atau terkena panas berlebih yang mengakibatkan daun dan batangnya tidak lagi segar. Sayuran yang segar biasanya memiliki tekstur yang masih keras dan warnanya cerah.

 

4. Sayuran yang belum dibersihkan

Sebagian dari kita mungkin merasa sayuran yang belum dibersihkan dan ada tanah yang masih menempel kotor dan menjijikkan tetapi hal tersebut justru baik. Sayuran yang telah dicuci oleh pedagangnya akan membuat sayuran menjadi cepat layu dan busuk. Apabila sayur akan dimasak pada sore atau keesokan hari, Anda bisa menyimpan sayuran yang belum dibersihkan tersebut dalam kulkas dan mencucinya ketika akan memasak.

 

5. Tidak lembek dan berbau

Saat Anda memilih sayuran buah seperti tomat, timun, terong dan sayuran lainnya, perhatikan bentuk dan kondisi sayuran tersebut. Apabila sayuran buah tersebut pecah, sobek, lembek, berair, berjamur dan berbau maka berarti sayuran buah ini sudah tidak lagi segar dan tidak layak untuk Anda konsumsi.

Sayuran Buah Segar

Sayuran buah Photo via Pixabay.com

 

6. Pilih bawang yang tidak bertunas

Ketika memilih bawang ataupun umbi umbian lain ambil yang tidak memiliki tunas karena ketika sudah memiliki tunas rasanya akan berubah dan ada yang mengandung racun.  Selain tidak bertunas, pilih juga umbi-umbian yang tidak berlubang, tidak berlendir dan tidak keriput.

bawang putih bertunas

Bawang putih bertunas Photo by Broken Sphere via wikimedia commons

 

Sayuran yang telah Anda beli tersebut walaupun telah dipilih dengan cara yang disebutkan diatas tetap harus dicuci sebelum di masak atau dikonsumsi. Gunakan air mengalir dalam mencuci sayuran dan apabila mau, Anda bisa menggunakan sedikit sabun pencuci piring ketika membilas sayuran atau merendamnya dahulu didalam air garam. Semoga 6 cara memilih sayuran ini bisa bermanfaat dan menjadikan hidup kita lebih sehat. [wkid/ indonesianchefassociation.com]


ARTIKEL TERKAIT