Berat Badan Naik Ketika Puasa? Hindari 6 Hal Ini

Tentang Artikel :

Kebiasaan buruk ketika puasa berpotensi mengakibatkan naiknya berat badan. Harapan bisa menurunkan berat badan dengan berpuasa justru malah berakibat sebaliknya. Hindari kebiasaan buruk tersebut agar hidup lebih sehat dan berat badan lebih ideal.

WAKOOL.ID- Saat berpuasa sebagian dari kita berharap bisa mendapatkan berat badan yang lebih ideal dan badan lebih sehat karena yang tadinya makan sehari setidaknya tiga kali hanya jadi dua kali ketika berbuka dan sahur. Tetapi ternyata bukannya berat badan turun tetapi malah menjadi bertambah diluar dugaan. Hal ini diakibatkan karena ketika berpuasa melakukan hal hal yang justru tidak sehat. Berikut adalah hal yang harus dihindari ketika berpuasa agar bisa menurunkan berat badan:

 

1. Melewatkan makan sahur

Mungkin Anda berfikir dengan tidak makan sahur maka berat badan bisa turun lebih cepat karena makanan yang dikonsumsi hanya ketika berbuka. Ternyata anggapan tersebut salah karena ketika Anda melewatkan makan sahur maka Anda akan makan lebih banyak ketika berbuka. Selain itu, Anda juga akan kekurangan energi disiang hari dan menjadi semakin malas bergerak.

 

2. Tidak mengkonsumsi makanan bergizi seimbang

Baik ketika berpuasa ataupun saat tidak berpuasa makanan bergizi seimbang sebaiknya selalu menjadi menu utama Anda ketika makan. Kebutuhan gizi penting seperti berbagai vitamin dan mineral akan bisa didapatkan dari makanan sehat yang Anda konsumsi. Usahakan makanan yang dikonsumsi kaya serat dan protein dan hindari makanan tinggi lemak. 

 

3. Makan gorengan

Seharian menahan lapar tentunya gorengan hangat adalah makanan yang sangat menggoda. Tetapi sebaiknya Anda menghindari makan gorengan ketika berbuka puasa karena selain bisa meningkatkan berat badan Anda, langsung makan gorengan ketika berbuka juga bisa membuat tenggorokan iritasi. Usahakan berbuka puasa dengan makanan yang segar dan menyehatkan seperti buah kurma atau buah sehat lainnya.

Gorengan berminyak

Gorengan Photo via flickr.com

 

4. Kurang mengkonsumsi cairan

Ketika berpuasa tentunya kebutuhan cairan tubuh tetap harus dipenuhi sehingga ketika sahur dan berbuka Anda harus mengkomsi cairan lebih banyak dan juga ketika akan tidur jangan lupa untuk minum dulu. Selain bisa membuat dehidrasi, kekurangan cairan juga bisa membuat Anda lebih lapar.

Walaupun kita harus mengkonsumsi cairan dalam jumlah banyak bukan berarti Anda melakukannya hanya dalam satu waktu. Sebaiknya konsumsi cairan beberapa kali saat malam hari agar kebutuhan cairan harian bisa tetap terpenuhi. Kurangi konsumsi minuman mengandung kafein dan gula tinggi agar berat badan bisa turun dan hidup lebih sehat.

 

5. Makan berlebihan ketika berbuka dan sahur

Seharian menahan lapar kadang kita tergoda untuk memakan berbagai makanan ketika berbuka, mulai dari makanan pembuka, makanan utama hingga berbagai minuman manis. Ditambah lagi dengan jumlah porsi yang berlebih tentunya bisa membuat berat badan naik apalagi jika dilakukan setiap kali Anda berpuasa. Bukannya hidup menjadi lebih sehat Anda justu akan berisiko terkena berbagai penyakit.

Menahan lapar ketika berpuasa tidak akan lebih mudah apabila Anda memakan dua porsi makanan ketika sahur dan lapar yang Anda rasakan pada siang hari juga tidak akan ada gunakanya apabila ketika berbuka Anda makan dua porsi untuk menggantikan makan siang yang Anda lewatkan.

 

6. Kurang tidur

Ketika berpuasa bukan berarti kesibukan kita akan berkurang, berbagai pekerjaan dan aktifitas akan berjalan seperti biasa. Seringkali kegiatan kita mengharuskan kita terjaga hingga larut malam tetapi bukan berarti karena Anda mau berpuasa keesokan harinya Anda tidak tidur hingga waktu sahur tiba. Usahakan tetap tidur pada malam hari walaupun larut malam dan apabila memungkinkan tidur siang 30  menit hingga 1 jam.

Kenapa tidur cukup penting untuk menurunkan berat badan? Karena kurang tidur akan mengkacaukan system metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak akan membakar lemak dengan efektif. Selain itu kurang tidur juga akan membuat Anda lebih mudah lapar dan sulit berkonsentrasi.

Tidur siang

Tidur cukup untuk menunjang kesehatan Photo via Pixabay

 

Puasa bisa menjadi salah satu cara efektif membuat tubuh lebih sehat dan berat badan menjadi lebih ideal. Tetapi ketika melakukan berbagai hal yang justru berdampak negatif bagi tubuh, bukan kesehatan yang bisa Anda dapatkan tetapi justru potensi terkena berbagai penyakit. Tetap jalankan hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Dengan berpuasa dan menghindari 6 hal diatas Anda bisa mendapatkan hidup lebih sehat dan berat badan lebih ideal. [wkid/hellosehat.com]


ARTIKEL TERKAIT