5 Manfaat Kolang Kaling Bagi Tubuh Kita

Tentang Artikel :

Kolang-kaling adalah Buah Biji  yang tumbuh di tanaman aren kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan

Wakool.id – Sudah Memasuki Bulan Ramadhan, Pasti sudah tidak asing dengan Buah Biji  yang tumbuh di tanaman aren ini. Yes, itu Kolang kaling. Kolang kaling selama ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran minuman es buah.

Kolang Kaling Memiliki Manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tekstur buah yang kenyal, lembut, dan memiliki rasa manis.

Kolang kaling mudah ditemui di negara-negara Asia Tenggara. kolang kaling kaya kalium, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga gelatin. kandungan Airnya cukup, sebesar sekitar 93 Pesen. 

Berikut 5 Manfaat Kolang  Kaling untuk kesehatan tubuh

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kolang kaling dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh Anda. Kolang kaling mengandung sekitar 1,6 gram serat kasar per 100 gram.

andungan galactomannan pada kolang kaling dipercaya dapat memengaruhi kadar serat pangan. Serat pangan mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh Anda.

2. Mencegah Dehidrasi

Kadar air yang terkandung di dalam kolang kaling relatif tinggi. Kolang kaling mampu membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi.

Selain kandungan air yang cukup tinggi, kolang kaling memiliki kandungan lain seperti vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Dehidrasi adalah kondisi tubuh kehilangan banyak cairan daripada yang didapatkan.

Namun, mengonsumsi kolang kaling secara berlebihan berisiko membuat Anda mengalami obesitas, dan penyakit kronis lainnya.

3. Menurunkan Berat Badan

Kolang kaling dipercaya memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Dalam penelitian, dalam 100 gram kolang kaling terkandung 0,69 protein, 4 gram karbohidrat, 0,95 serat kasar, dan 1 gram kadar abu.

Kolang kaling bisa membantu mempercepat rasa kenyang dan mengatur nafsu makan Anda. Kadar gelatin yang cukup tinggi di dalam kolang kaling cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

 

4. Mencegah Anemia

Wajah Pucat, Benarkah Selalu Karena Anemia?

Kolang kaling memiliki kandungan zat besi. Zat besi dalam kolang kaling merupakan komponen dari hemoglobin.

Komponen hemoglobin memiliki fungsi memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah tubuh Anda. Mengonsumsi kolang kaling mampu mencukupi kadar zat besi yang di butuhkan di dalam tubuh Anda.

Jika Anda mengonsumsi kolang kaling dapat mencegah risiko anemia.

5. Menjaga Imunitas Tubuh

Kolang kaling kaya akan berbagai macam nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti zat nesi, zink, kalium, dan kalsium ada dalam kolang kaling.

Kandungan yang ada di dalam kolang kaling bermanfaat membantu proses metabolisme dalam sel-sel tubuh Anda.

 

Referensi : Healty.com

Picture: istockphoto