Bagaimana Teknologi Merubah Pendidikan?

Tentang Artikel :

Peran teknologi membantu merubah dunia pendidikan dengan berbagai aspek pendukung seperti perubahan metode pembelajaran di sekolah, aplikasi pembantu seperti LMS dalam pembelajaran dan juga proses pembelajaran berupa game.

WAKOOL.ID- Teknologi banyak mempengaruhi segala aspek kehidupan saat ini, mulai dari gaya hidup, pekerjaan dan lain sebagainya. Untuk itulah teknologi dapat merubah pandangan dunia, dari pemikiran dunia itu sempit (kecil) sampai dengan dekapan bahwa dunia itu sangat luas.

Dengan berkembangnya era modern sekarang ini, secara tidak langsung mempengaruhi informasi dan komunikasi juga berubah. Pengaruh perkembangan tersebut dapat membantu percepatan penyampaian pesan dengan jangkauan sekecil apapun.

Untuk itu, pengaruh zaman modern dengan mudahnya masuk ke dalam kehidupan, tanpa terkecuali dunia pembelajaran. Perkembangan dunia menimba ilmu tersebut dapat mempengaruhi inovasi bagi tenaga pendidik, murid, orang tua dan proses pembelajaran.

Salah satu akibat pengaruh hal tersebut, ke dalam dunia pembelajaran juga sedikit banyak berkembangnya metode atau media ajar. Berikut ini, alasan teknologi dapat merubah pembelajaran yang semakin pesat;

Menggunakan Metode Pembelajaran yang Semakin Efektif

Berkembangnya media informasi di era globalisasi ini, menuntut dunia pendidikan untuk selalu siap dan senantiasa menyesuaikan diri. Penyesuaian tersebut meliputi kenaikan mutu pembelajaran, terutama penggunaan riset bagi penelitian dalam proses pembelajaran.

Dulu, sebelum era digital masuk ke dalam dunia pembelajaran, para tenaga pengajar memperkenalkan metode belajar secara tradisional. Dengan metode tradisional tersebut, murid terkadang merasa kesulitan untuk menangkap materi yang diajarkan.

Dengan masuknya pembelajaran digital sedikit membantu tenaga pengajar dalam memberikan materi secara konseptual kepada siswa. Dengan memberikan materi secara unik, siswa merasa lebih memahami pembagian materi oleh guru.

Sebab itulah jejak digital membantu seorang guru untuk menyampaikan bahan ajar dengan menggunakan alat visual digital. Seperti unduhan materi pembelajaran, ujian lintas digital, hingga dengan menggunakan Virtual Reality (VR) pada sekolah internasional.

Penilaian Hasil Kerja Sekolah Murid dengan Mudah

Tidak saja mendukung proses pembelajaran, perkembangan media digital dapat meringankan guru dalam memahami perkembangan siswa di sekolah.

Dengan menggunakan software khusus, tenaga pendidik dapat menerima dan memberi penilaian siswa/i dalam waktu yang bersamaan.

Software khusus tersebut membantu guru untuk memahami seberapa jauh perkembangan murid. Dimulai dari total tugas yang diberikan sampai sejauh mana waktu yang dibutuhkan murid dalam memilih soal. Untuk itu, guru dapat memahami apa yang harus dikerjakan untuk siswanya.

Salah satu ciri software khusus yang paling menonjol seperti perangkat perhitungan otomatis melalui media digital. Konteks hitungan penilaian tersebut meracu pada hasil penyampaian nilai secara singkat dan cepat kepada murid.

Dengan pemanfaatan media informasi, digital dan komunikasi pada pembelajaran, dapat membuktikan bahwa era modern sekarang ini meringankan beban guru dalam menghitung hasil nilai murid.

[Baca Juga : Blended Learning Management System]

Teknologi Berbasis Aplikasi Memberi Kemudahan bagi Murid

Semakin meningkatnya peran teknologi juga memberikan perubahan bagi murid untuk mengikuti kelas secara universal. Murid dapat membentuk grup secara online dan virtual community yang terhubung antara siswa dan juga guru dari berbagai penjuru dunia.

Melalui grup online tersebut, positifnya murid dan guru bisa saling berdiskusi tentang materi, soal dan jawaban.

Dengan memahami berbagai opini dan materi pembelajaran, konsep pemikiran murid akan lebih baik. Hasilnya murid lebih memahami materi yang diberikan guru secara virtual.

Apalagi, semenjak pandemi (covid-19) menyerang seluruh dunia, pendidikan dikelas berubah dengan penerapan belajar secara daring.

Disinilah peran media digital dapa membantu tumbuh kembangnya pengetahuan murid, sehingga guru dapat bekerja sesuai job desk mereka.

LMS Memudahkan Mencari Sumber Referensi Pelajaran

Hadirnya aplikasi seperti e-book, zenius, LMS dan lain sebagainya sangat membantu agen pendidikan untuk mendapatkan varian referensi.

Selain itu juga, para murid juga tidak perlu susah payah dalam membawa perlengkapan seperti buku pelajaran, kamus dan juga buku-buku tebal saat ke sekolah.

Selain itu, faktor mengerjakan tugas juga sangat dimudahkan dengan menerapkan sistem pembagian secara berkala.

Khususnya untuk untuk Learning Management System biasanya hadir dalam fitur pilihan seperti komunitas, grup diskusi, laporan, pembuatan konten dan juga test online dengan sertifikat.

Game Sebagai Metode Alternatif Pilihan Guru

Sekarang, penerapan game juga bisa dijadikan metode kegiatan belajar mengajar oleh guru kepada muridnya di kelas. Bukan itu saja, game membuat siswa terus bersemangat dan hal ini juga membuktikan bahwa siswa turut merasakan bimbingan secara langsung.

Dunia digital sangat berdampak pada sistem pembelajaran mulai dari metode yang efektif, membantu guru dalam menilai pelajaran murid secara efisien, membantu pendidikan jarak jauh, aplikasi seperti LMS hadir untuk memudahkan pembelajaran dan metode game.[wkid/online.purdue.edu, thetechedvocate.org]


ARTIKEL TERKAIT