Manfaat Daun Bayam Yang wajib Diketahui!

Tentang Artikel :

Bayam adalah sayuran rendah kalori dan kaya serat. Selain itu, bayam juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti: Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E. Magnesium.

Wakool.id - Bayam merupakan salah salah satu sayuran yang disukai orang Indonesia. bayam adalah salah satu yang paling serbaguna. Saya bisa mencampurnya menjadi smoothie, menikmati salad bayam dingin, menjadikan  sayur bayam yang lezat dan menjadi tumis bayam. Bayam juga memiliki banyak manfaat kesehatan,. Berikut adalah enam manfaat Bayam untuk tubuh kita.

1. Bayam melindungi kesehatan mata

Selain wortel, manfaat bayam juga bisa menyehatkan mata. Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi Anda terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.

2. Bayam Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau seperti bayam mengandung klorofil. Penelitian ini juga mengungkapkan, bahwa klorofil efektif dalam menghalangi efek karsinogenik. Karsinogenik adalah sebuah istilah yang menerangkan sifat dari zat-zat atau paparan bahan yang dapat memicu kanker (karsinogen). Jadi, manfaat bayam bisa mencegah kanker.

3. Bayam Mengurangi Peradangan 

Manfaat bayam pertama yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan begitu, khasiat daun bayam dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab peradangan. Pada penyakit seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan merupakan penyebab munculnya nyeri pada sendi
 

4. Bayam Baik Untuk Menjaga Tekanan Darah 

Untuk anda yang menderita hipertensi, maka mengonsumsi bayam dapat menjaga tekanan darah. Bayam mengandung potasium di dalamnya yang dapat membuat tekanan darah turun. Tidak hanya itu saja, risiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi juga akan berkurang, pasalnya kandungan folat akan membuat pembuluh darah tenang.

 

5. Bayam Menguatkan Otot 

Ternyata memang benar, bayam memiliki manfaat untuk menguatkan otot, terlebih lagi otot jantung. Ini disebabkan karena koenzim Q-10 pada bayam berperan sebagai antioksidan yang akan memompa darah ke tubuh, sebab otot jantung lebih kuat. Tidak hanya itu saja, kandungan ini juga akan mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi, mencegah penyakit gagal jantung, serta jantung koroner.

6. Bayam Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Sayuran berwarna hijau yang satu ini tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin A, magnesium dan folat. Dimana kandungannya tersebut akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dimana sistem kekebalan tubuh yang kuat bermanfaat untuk mencegah kita dari serangan penyakit.

 

Referensi : wkid/ www.health.com

Picture: Enatura